Kampus Terbaik di Lampung, Universitas Teknokrat Indonesia Siap Sukseskan Kampus Mengajar

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah menerima 39 mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia sebagai peserta Program Kampus Mengajar Batch 1 Tahun 2021. Pencapaian Mahasiswa yang diterima oleh program Kemdikbud ini menjadi PT Swasta terbanyak mengirimkan mahasiswa pada program Kampus Mengajar ini. Mahasiswa tersebut akan diutus dalam rangka membantu para guru Sekolah Dasar di wilayah 3T untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Sebelum dinyatakan lolos seleksi, beberapa tes harus dilalui para mahasiswa dengan persyaratan memiliki IPK di atas 3.00, memiliki sertifikat pengalaman mengajar, dan juga sertifikat pengalaman berorganisasi. Tes yang pertama yaitu seleksi berkas lalu dilanjutkan dengan tes wawasan kebhinekaan.

Mahasiswa yang diterima akan diberikan pembekalan guna mempersiapkan kompetensi, maupun wawasan yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan. Pembekalan yang berlangsung dari tanggal 15-21 Maret 2021 tersebut akan melatih mahasiswa UTI untuk menguasai Pedagogi Sekolah Dasar, Pembelajaran Literasi dan Numerasi, Etika dan Komunikasi, Profil Pelajar Pancasila, Prinsip Perlindungan Anak, Konsep Pembelajaran Jarak Jauh, Aplikasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, dan Aplikasi Asesmen Dalam Pembelajaran. Selain itu melalui program ini mahasiswa UTI diharapkan dapat menjadi Duta Perubahan Perilaku di masa pandemik.

Mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia kerap sekali menerima penghargaan baik Nasional maupun Internasional. Tidak heran jika banyak mahasiswa dari Kampusnya Sang Juara ini diterima dalam Program Nasional Kampus Mengajar yang diselenggarakan Kemdikbud RI ini. Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. H. Mahathir Muhammad, SE., MM sangat mengapresiasi program ini selain dapat memecahkan persoalan terkait kurangnya tenaga pendidik di tingkat Sekolah dasar, tetapi juga memberikan manfaat bagi mahasiswa untuk belajar mengabdikan diri di tengah-tengah masyarkat. “Alhamdulillah, program ini juga memberikan bantuan berupa insentif bulanan kepada mahasiswa dan juga potongan uang kuliah sehingga mereka bisa lebih bersemangat untuk menjalankan tugas yang mulia ini” ujar Mahathir.

Mahasiswa yang dinyatakan lolos berasal dari 5 program studi, yakni Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa Inggris, Informatika, Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Adapun nama-nama mahasiswa yang lolos dari masing-masing program studi yakni, (1) Sastra Inggris: Indra Maulana, Riefky Fafri Nassoba, Lisna Dewi, dan Nasrul Waton; (2) Pendidikan Bahasa Inggris: Triadila Safitri, Fikri Hilaikal, Deski Yolan Septa Tenti Ningsih, Melani Dwi Ariastuti, Fitri Wulandari Paklang, Melin Jofitasari, Septivana Gultom, Candra Wahyudi, Sindi Anggarista, Siti To’ifah, Eyin Tria Agustina, Anggun Fauzia, Multi Yusan Dana, Nadila Nuraziza dan Chika Amelia Putri; (3) Informatika: Anggia Rumiris, Safira Alya, Annisa Almawi, Wiwid Nur Handayani, Muhammad Indigo, Egi Pranata, Ari Yanti Rahmadhani, Deo Mardianto, Robi Faj’al; (4) Sistem Informasi: Nur cahyana, Rahma Rinda, Shafa salsabila, Kania latifa, Ida laily, Ade Rahman, Annisa Bela, Zelika, Ni Wayan sapta, Tania Virginia.

Dalam program ini mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Terbaik di Lampung, sangatlah antusias untuk mendukung perkembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia, khususnya di daerah tempat tinggal mereka masing-masing karena Pemerintah menempatkan mahasiswa tersebut bertugas di Sekolah yang berada di domisili para peserta tinggal. Universitas Teknokrat juga menugaskan sebanyak 29 dosen untuk mendampingi para mahasiswa tersebut. Program Kampus Mengajar Kemdikbud ini diharapkan dapat menjadi solusi pemerataan pendidikan, dan juga membangun karakter mahasiswa agar tak hanya pintar dan cerdas namun juga mempunyai empati dan jiwa sosial yang baik.


DOWNLOAD SURAT TUGAS MAHASISWA KM BATCH I 2021
DOWNLOAD SURAT TUGAS DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN 2021

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *