Bhineka Tunggal Ika

Kisi-kisi dan Contoh Soal Tes Kebhinekaan

Halo mahasiswa Universitas Teknokrat Indonesia, salah satu “Universitas terbaik di Lampung” pada Blog Teknokrat kali ini penulis akan memberitahukan informasi seputar mengenai Tes Kebhinekaan. Yuk pelajari selengkapnya penjelasan berikut.

Tes Kebhinekaan atau biasa lebih dikenal Tes Pemahaman Bhineka Tunggal Ika merupakan salah satu tes yang menjadi persyaratan untuk bekerja sebagai aparatur sipil negara atau melamar program-program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Tes ini juga dikenal dengan tes keberagaman. Peserta Tes Kebhinekaan biasanya diberikan pertanyaan pilihan ganda seputar wawasan kebangsaan seperti sejarah, lagu, bahasa, tarian adat, geografis, dan sebagainya.

Pelaksanaan tes kebhinekaan biasanya diselenggarakan daring, dengan menggunakan platform tertentu berbasis Computerized-Assisted Test (CAT). Saat ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) telah melaunching Program Kampus Mengajar, yang merupakan implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Salah satu persyaratan untuk lolos seleksi tahap II adalah dengan mendapatkan skor baik pada tes Kebhinekaan. Yuk simak contoh soal tes Kebhinekaan berikut ini.

1. Adanya perbedaan ketentuan mengenai penetapan kewarganegaraan dapat menyebabkan seseorang tidak memiliki kewarganegaraan atau disebut ….
A. Apartheid
B. ApatrIde
C. BipatrIde
D. Stelsel
E. Ius Sanguinus

Pembahasan 1. JAWABAN: B
Apatride atau keadaan seseorang tanpa kewarganegaraan yang timbul apabila menurut peraturan kewarganegaraan, seseorang tidak diakui sebagai warga negara dari negara manapun.

2. Sumpah Pemuda sebagai hasil Kongres Pemuda yang diselenggarakan oleh organisasi-organisasi kedaerahan yang sudah memiliki semangat nasionalisme untuk mencapai Indonesia merdeka. Isi sumpah Pemuda butir kedua adalah ….
A. Kami Putra Putri Indonesia, mengaku berbasa satu bahasa Indonesia.
B. Kami Putra Putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia.
C. Kami Putra Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu tanah air Indonesia.
D. Kami Putra Putri Indonesia, mengaku berbahasa satu bangsa Indonesia.
E. Kami Putra Putri Indonesia, menjunjung tinggi tanah air Indonesia.

Pembahasan2. JAWABAN: C
Sumpah Pemuda sebagai hasil Kongres Pemuda yang diseleggarakan oleh organisasi-organisasi kedaerahan yang sudah memiliki semangat nasionalme untuk mencapai Indonesia merdeka. Isi Sumpah Pemuda yang merupakan hasil keputusan Kongres ke-2 pada tanggal 28 Oktober 1928, berisi:
a. Kami Putra Putri Indonesia, mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia.
b. Kami Putra Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia.
c. Kami Putra Putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

3. Salah satu manfaat keikutsertaan masyarakat dalam kebijakan publik adalah terbentuknya masyarakat madani. Berikut ini yang merupakan salah satu ciri masyarakat madani adalah ….
A. Terbentuknya merupakan paksaan dari suatu kelompok tertentu.
B. Masyarakat bergantung kepada negara, lembaga, atau organisasi tertentu.
C. Tidak terikat nilai hukum yang telah ditetapkan
D. Adanya ketergantungan satu sama lain.
E. Terbentuk secara sukarela.

Pembahasan3. JAWABAN: E
Salah satu manfaat keikutsertaan masyarakat dalam kebijakan publik adalah terbentuknya masyarakat madani. Berikut ini yang merupakan ciri masyarakat madani adalah:
a. Keswasembadaan.
b. Keterikatan pada hukum/aturan yang telah disepakati bersama.
c. Terbentuk secara sukarela.
d. Memiliki kemandirian tinggi terhadap negara.

4. Indonesia sebagai negara kepulauan yang sudah diatur batas-batasnya dalam undang-undang. Batas Indonesia paling barat adalah ….
A. Pulau We
B. Pulau Nikobar
C. Pulau Halmahera
D. Pulau Ronde
E. Pulau Rote

Pembahasan4. JAWABAN: D
Indonesia sebagai negara kepulauan yang sudah diatur batas-batasnya dalam undang-undang. Batas Indonesia paling barat adalah Pulau Ronde di Aceh.

5. Berikut ini yang bukan merupakan latar belakang adanya wawasan nusantara dilihat dari falsafah Pancasila adalah ….
A. Kemerdekaan sebagai hasil perjuangan seluruh rakyat Indonesia.
B. Mengutamakan kepentingan umum daripada individu atau golongan.
C. Penerapan hak asasi manusia.
D. Pengambilan keputusan dengan musyawarah.
E. Memberi kesempatan setiap pemeluk agama untuk beribadah.

Pembahasan5. JAWABAN: A
Latar belakang wawasan nusantara jika dilihat dari Pancasila:
a. Penerapan Hak Asasi Manusia.
b. Toleransi beragama.
c. Mengutamakan kepentingan umum.
d. Pengambilan keputusan dengan musyawarah.

6. Semboyan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi semboyan nasional bangsa Indonesia, diambil dari Kitab ….
A. Kitab Negarakertagama
B. Kitab Smaradahana
C. Kitab Sutasoma
D. Kitab Arjuna Wiwaha
E. Jangka Jayabaya

Pembahasan6. JAWABAN: C
Semboyan Bhineka Tunggal Ika yang menjadi semboyan nasional bangsa Indonesia, diambil dari Kitab Sutasoma karya Mpu Tantular pada masa Kejayaan Kerajaan Majapahit.

7. Yang berkedudukan sebagai landasan idiil dalam wawasan nusantara dalam paradigma sosial adalah ….
A. GBHN sebagai politik dan strategi nasional.
B. UUD 1945.
C. Pancasila.
D. Pembukaan UUD 1945 alinea ke-4.
E. Ketahanan nasional sebagai konsepsi nasional

Pembahasan7. JAWABAN: C
Pancasila sebagai falsafah dan dasar negara berfungsi sebagai landasan idiil dari wawasan nusantara, karena pada hakikatnya wawasan nusantara adalah perwujudan dari Pancasila.

8. Dua aspek kekuasaan yang memengaruhi praktik tumbuh dan kembangnya nasionalisme adalah ….
A. Aspek fisik dan moal
B. Aspek ekonomi dan batin
C. Aspek ekonomi dan politik
D. Aspek politik dan hukum
E. Aspek fisik dan btin

Pembahasan8. JAWABAN: E
Dua aspek kekuasaan yang mempe180ngaruhi praktik tumbuh dan kembangnya nasionalisme adalah aspek kekuasaan fisik dan btin.

9. Sikap menghormati dan keberagaman bangsa adalah sebagai berikut, kecuali ….
A. Adanya kesadaran untuk menjaga keharmonisan keluarga.
B. Penyelesaian permasalahan yang ada dengan musyawarah.
C. Adanya kesadaran untuk mengutamakan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi.
D. Terciptanya kerukunan seperti halnya dalam keluarga.
E. Adanya semangat tolong menolong, kerjasama untuk menyelesaikan suatu masalah, dan kerja sama dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Pembahasan9. JAWABAN: A
Adanya kesadaran untuk menjaga keharmonisan keluarga bukan merupakan contoh sikap menghormari dan keberagaman bangsa.

10. Pulau Dana merupakan pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan negara ….
A. Australia
B. Malaysia
C. Filipina
D. Thailand
E. Singapura

Pembahasan10. JAWABAN: A
Pulau Dana merupakan pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan negara Australia.

Pelajari soal-soal latihan Tes Kebhinekaan dalam tautan ini

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *