Halo Sobat Campuspedia! Mengutip dari The Asean Post, analytical thinking masuk ke dalam TOP 10 SKILLS OF 2025 dan menduduki urutan pertama loh! Sudah dapat dipastikan bahwa kemampuan berpikir analitis akan sangat penting dalam setiap aspek kehidupan, khususnya untuk menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat. 

Dengan memiliki kemampuan berpikir analitis, kamu akan mudah memahami suatu masalah, memiliki pola pikir yang lebih terstruktur, cekatan dalam menyelesaikan permasalahan, dan mampu meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan.

Kenapa Skill Ini Sangat Penting?

kemampuan berpikir analisis (analytical thinking)

WEF memperkirakan bahwa pada tahun 2025, sebanyak 85 juta pekerjaan dapat digantikan oleh pergeseran pembagian kerja antara manusia dan mesin, serta kemungkinan akan muncul 97 juta peran baru yang lebih disesuaikan dengan pembagian kerja antara manusia, mesin dan mesin. Algoritma.

Oleh karena itu, diperlukan penguasaan skill-skill penting untuk membantu beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang mungkin terjadi di beberapa tahun mendatang. Salah satu skill yang wajib kamu kuasai adalah analytical thinking. 

Baca Juga:

Apa Itu Berpikir Analitis?

kemampuan berpikir analisis (analytical thinking)

Kemampuan berpikir analitis adalah suatu cara untuk memecah sebuah informasi yang cukup kompleks atau data yang bersifat komprehensif menjadi informasi yang lebih sederhana dan prinsip dasar. 

Mudahnya, berpikir analitis adalah salah satu aspek kognitif yang bekerja secara sistematis, dimana seseorang dapat menguraikan atau memisahkan suatu hal berdasarkan bagian-bagiannya sehingga mampu menemukan keterkaitan dari bagian-bagian tersebut. Seseorang yang memiliki pola pikir analitis biasanya mampu melihat suatu permasalahan secara menyeluruh sehingga ia bisa menemukan dimana letak kesalahannya dan segera menemukan jalan keluarnya. 

Menurut Benjamin Bloom, seorang ahli psikologi pendidikan, pola pikir analitis menekankan pada pemecahan materi ke dalam bagian yang lebih khusus dan mendeteksi hubungan antara bagian-bagian tersebut serta menyatukannya menjadi suatu solusi atau pemecahan dari permasalahan tersebut.

Menurut Ralfh Ross, berpikir analitis meliputi beberapa hal seperti menjadikan suatu pemecahan masalah yang masuk akal, meneliti dan mengevaluasi beberapa kesimpulan umum, membuat gambaran umum dari kesimpulan berdasarkan informasi yang ada, mempertimbangkan argumen yang valid, membuat sebuah jawaban dari suatu permasalahan berdasarkan pengolahan informasi yang ada.

Tips Memiliki Kemampuan Berpikir Analitis

Terdapat beberapa tips yang bisa membantu kamu mengembangkan atau meningkatkan kemampuan berpikir analitis. 

  1. Banyak membaca dan menyerap informasi
  2. Kembangkan rasa ingin tahu
  3. Tidak takut salah
  4. Terbuka pada hal baru
  5. Fokus
  6. Diskusi dengan teman, mentor, atau rekan kerja
  7. Tidak menyerap informasi mentah-mentah, melainkan selalu mengidentifikasi masalah/informasi terlebih dahulu

Yuk, Hadapi Persaingan Kerja yang Semakin Ketat dengan Memiliki Skill Analytical Thinking!

Semakin berkembanganya zaman tentu persaingan kerja semakin ketat, bukan? Untuk bisa menghadapi persaingan kerja dan mendapatkan pekerjaan impian tentu kamu harus bisa menjadi individu yang unggul dibandingkan yang lainnya. Salah satu cara untuk menjadi individu yang unggul adalah dengan memiliki skill analytical thinking.

Analytical thinking akan sangat berguna untuk pekerjaan di bidang apapun dan tentu akan menjadi nilai plus bila kamu memiliki skill tersebut. Kamu tertarik untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitismu? Kamu bisa nih ikutan online career class “Elaborate Your Mind in Team by Mastering Analytical Thinking” pada 19 Februari 2021 pukul 19.15 WIB bersama Irdham Kusumawardhana, Territory Sales Manager at Lonza

Di kelas ini, kamu akan diajak untuk memahami apa itu analytical thinking, pentingnya analytical thinking, serta tips-tips yang bisa membantu kamu memaksimalkan diri menjadi individu yang unggul. Tertarik ikut kelas? Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar

What will you learn:

  • Introduction: Pengertian Analytical Thinking
  • Pentingnya Analytical Thinking
  • Analytical Thinking dalam dunia pekerjaan
  • Ciri khas Analytical Thinking
  • How to deliver our thought based on Analytical Thinking
  • Cara menumbuhkan Analytical Thinking
  • Cara menajamkan skill Analytical Thinking

Fasilitas yang akan didapat peserta:

  • Link webinar
  • Modul dari mentor
  • Exam
  • E-Sertifikat
  • Donasi
  • Grup yang dapat digunakan sebagai ruang diskusi

Plus BONUS FREE VIDEO PLAYBACK yang dapat diakses secara bebas kapanpun dimanapun selama 10 hari.

Tertarik ikut kelas? Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk daftar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *