10 Bahasa Asing yang Harus Kamu Kuasai Selain Bahasa Inggris – Blog Teknokrat
10 Bahasa Asing yang Harus Kamu Kuasai Selain Bahasa Inggris

10 Bahasa Asing yang Harus Kamu Kuasai Selain Bahasa Inggris

 4,533 total views,  3 views today

Sebagai alat untuk berinteraksi dengan orang lain, bahasa digunakan oleh manusia. Ada lebih dari ribuan bahasa asing yang ada di dunia, namun di antara semuanya, Bahasa Inggris dikenal sebagai bahasa global atau bahasa yang digunakan dalam komunikasi internasional. Karena itu, banyak orang yang berminat mengambil kursus Bahasa Inggris, menganggapnya sebagai keterampilan yang penting untuk mendukung pendidikan dan karir yang lebih baik.

Di masa globalisasi saat ini, memiliki kemampuan berbahasa Inggris saja tidak cukup untuk bersaing dalam banyak hal. Ada banyak perusahaan yang membutuhkan karyawan yang bisa berbicara lebih dari satu bahasa, alias multilingual. Begitu pula ketika berencana melanjutkan studi ke luar negeri, dimana sebagian besar masyarakat setempat menggunakan bahasa ibu mereka yang bukan bahasa Inggris.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mempelajari beberapa bahasa asing yang berbeda. Namun, pertanyaannya adalah bahasa asing apa yang sebaiknya dipelajari? Mari kita mencari tahu bersama-sama melalui artikel ini.

1.Bahasa Mandarin

Jika diperhatikan, sekarang banyak lembaga yang menawarkan kursus Bahasa Mandarin. Hal ini tidak mengherankan karena Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak, yaitu lebih dari satu miliar orang.

Dalam bidang ekonomi, China menjadi negara yang superior dan memiliki pengaruh besar, termasuk di Indonesia. Banyak perusahaan yang menjalin hubungan bisnis dengan China. Oleh karena itu, orang yang mampu berbicara Bahasa Mandarin sangat dibutuhkan.

Selain itu, mengingat Indonesia sebagai negara multikultural dengan jumlah penduduk keturunan Tionghoa yang cukup besar, mempelajari Bahasa Mandarin tidaklah salah. Keterampilan berbahasa Mandarin dapat memberikan keuntungan bagi kita, tidak hanya dalam dunia kerja, tetapi juga dalam pergaulan sosial.

2.Bahasa Spanyol

Selain dikenal dengan makanan andalannya, nachos, Spanyol juga terkenal dengan bahasanya yang khas dan terkesan romantis. Bahasa Spanyol tidak hanya digunakan di negara asalnya dan Meksiko, tetapi juga di seluruh dunia. Lebih dari 400 juta orang menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa utama, dan sekitar 20 negara telah menetapkan bahasa ini sebagai bahasa resmi.

Tidak hanya itu, Bahasa Spanyol juga termasuk dalam 6 bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Karena itu, banyak orang yang memilih Bahasa Spanyol sebagai bahasa kedua yang dipelajari. Bahasa Spanyol memiliki kemiripan dengan Bahasa Italia dan Portugis. Jika sudah terbiasa dengan bahasa-bahasa tersebut, mempelajari bahasa lain seperti Italia atau Portugis akan lebih mudah.

3.Bahasa Prancis

Jangan salah, mempelajari bahasa Prancis yang terkenal njelimet itu sebenarnya tidak akan sia-sia. Bahasa Prancis telah menjadi bahasa yang populer secara internasional dan tidak akan pernah kehilangan penggunaannya. Bahasa ini digunakan di lima benua dan telah ditetapkan sebagai bahasa resmi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca Juga : 10 Manfaat Memelihara Kucing Bagi Kesehatan Mental

Terlebih lagi, jumlah pengguna bahasa Prancis di benua Afrika jauh lebih banyak dibandingkan di negara Prancis itu sendiri. Kita sering menemukan istilah-istilah dalam bahasa Prancis di sekitar kita. Oleh karena itu, di masa mendatang, kita bisa menguasai istilah-istilah tersebut dan mengucapkannya dengan lancar, seperti “au revoir” atau “eclair”, tanpa merasa kesulitan.

4.Bahasa Arab

Bahasa Arab bukan hanya merupakan salah satu bahasa tertua di dunia, tetapi juga masih digunakan dan relevan hingga saat ini. Sejak tahun 1974, bahasa Arab diresmikan sebagai bahasa resmi PBB. Selain itu, bahasa ini juga merupakan bahasa utama dalam kitab suci Al-Quran. Jika kamu mengambil mata pelajaran yang menggunakan bahasa Arab di sekolah atau kampus, mempelajarinya dengan sungguh-sungguh akan sangat membantu.

5.Bahasa Inggris

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang paling banyak digunakan sebagai bahasa resmi di berbagai negara di dunia. Oleh karena itu, bahasa Inggris menjadi mata pelajaran yang sangat penting dan diajarkan di banyak sekolah sejak dini.

Menguasai bahasa Inggris dapat membuka kesempatan bagi Anda untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri atau mengikuti program pertukaran pelajar. Selain itu, Anda bisa memperdalam bahasa Inggris di luar lingkungan sekolah untuk membuat belajar di kelas menjadi lebih mudah.

6.Bahasa Jepang

Bahasa dan budaya Jepang memiliki daya tarik yang besar di dunia. Bahkan bahasa Jepang termasuk dalam 15 bahasa terpopuler di dunia. Banyak orang yang tertarik untuk mempelajari bahasa dan budaya Jepang. Bahasa Jepang juga diajarkan di sebagian besar sekolah di Asia, bersaing dengan bahasa-bahasa Eropa lainnya.

Karena popularitasnya, banyak orang yang tertarik untuk mengikuti kursus bahasa Jepang. Dengan mempelajari bahasa tersebut, kamu juga akan mempelajari budaya Jepang. Selain itu, mempelajari bahasa Jepang dapat meningkatkan peluangmu dalam mendapatkan beasiswa, meningkatkan karir, serta membuka jaringan dan pengetahuan baru.

7.Bahasa Korea

Korea semakin populer tidak hanya karena budayanya, tetapi juga karena musik, film, tari, makanan, dan bahasanya. Karena itulah banyak orang tertarik untuk mempelajari budaya Korea, bahkan ada yang sampai berkunjung ke Korea Selatan.

Jika kamu tertarik dengan budaya Korea, mempelajari bahasa Korea bisa menjadi awal yang baik karena dengan belajar bahasa, kita juga bisa memahami budayanya. Belajar bahasa Korea juga dapat membantu memudahkan pembelajaran bahasa asing lain yang memiliki kesamaan, seperti bahasa Jepang atau Mandarin, karena ketiganya memiliki beberapa persamaan.

8.Bahasa Jerman

Bahasa Jerman memiliki peran penting di bidang ilmu pengetahuan, menjadi bahasa kedua terpenting di dunia setelah bahasa Inggris. Negara Jerman sendiri menempati peringkat ketiga dalam kontribusi riset dan pengembangan global, dan memberikan banyak beasiswa riset untuk ilmuwan dari luar negeri. Selain itu, bahasa Jerman juga menjadi bahasa yang paling banyak digunakan di wilayah Eropa.

Sudahkah kamu mengetahui bahwa sistem pendidikan Jerman yang maju menawarkan banyak program sekolah atau kuliah gratis bagi pelajar asing? Oleh karena itu, penting bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Jerman untuk mempelajari dan menguasai bahasa Jerman.

9.Bahasa Rusia

Beberapa dari kamu mungkin sudah mengenal Fiki Naki, seorang YouTuber asal Indonesia yang terkenal karena keahlian multilingualnya, termasuk dalam bahasa Rusia. Meskipun bahasa Rusia merupakan bahasa resmi PBB, namun sayangnya belum banyak diajarkan di negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Walaupun banyak manfaat dari menguasai bahasa Rusia, termasuk karena Rusia adalah negara ke-9 yang paling banyak dikunjungi berkat pemandangan alamnya yang indah dan beragam tempat wisata seperti Istana Kremlin Moscow, Museum Hermitage st. Pitersburg, dan Galeri Tretyakov, namun hal ini hanya menjadi alasan tambahan untuk belajar bahasa Rusia. Karena dengan menguasai bahasa ini, kamu bisa dengan mudah bepergian ke tempat-tempat wisata yang menarik dan juga mempelajari budaya di sana.

Tidak hanya itu, perguruan tinggi di Rusia memiliki kualitas yang setara dengan perguruan tinggi di Eropa. Institusi pendidikan tinggi Rusia sangat terkenal dengan program-program seni, sains, dan bahkan matematika. Oleh karena itu, jika Anda tertarik, tidak ada salahnya untuk mempelajari bahasa Rusia.

Baca Juga : BANGGA! MAHASISWA UNIVERSITAS TEKNOKRAT INDONESIA CIPTAKAN GAME PINTAR BERTEMA AKSARA LAMPUNG

10.Bahasa Belanda

Terakhir namun tidak kalah penting, bahasa Belanda adalah bahasa asing yang wajib dikuasai. Mengapa demikian?
Di bidang pendidikan, Belanda menempati peringkat yang sangat tinggi. Menurut World Economic Forum, Belanda menempati peringkat ketiga sebagai negara yang memiliki tingkat pendidikan terbaik di dunia. Selain itu, institusi perguruan tinggi di Belanda juga memiliki kualitas yang sangat baik, seperti Technische Universiteit Delft, University van Amsterdam, Universiteit Utrecht, dan banyak lagi. Dengan menguasai bahasa Belanda, tidak hanya akan memudahkan kamu untuk melanjutkan studi di sana, tetapi juga memperluas lingkaran pertemanan dan berkomunikasi dengan warga sekitar.

Demikianlah penjelasan singkat tentang berbagai bahasa asing yang perlu dikuasai. Jadi, jangan hanya mempelajari bahasa Inggris! Kemampuan multibahasa dapat meningkatkan kinerja otak, kreativitas, dan membawa banyak manfaat positif lainnya. Jadi, bahasa apa yang ingin kamu pelajari? Tidak pernah terlambat untuk mulai belajar, siapa tahu kamu akan merasakan manfaatnya di masa depan!

23 thoughts on “10 Bahasa Asing yang Harus Kamu Kuasai Selain Bahasa Inggris

  1. Thanks a lot for sharing this with all folks you actually recognise what you are talking approximately! Bookmarked. Kindly additionally talk over with my site =). We can have a link alternate contract between us

  2. Автор приводит разные аргументы и факты, позволяя читателям сделать собственные выводы.

  3. Статья предлагает читателям объективную информацию, подкрепленную проверенными источниками.

  4. Информационная статья предлагает всесторонний обзор ситуации, с учетом разных аспектов и аргументов.

  5. Автор предлагает читателю разные взгляды на проблему, что способствует формированию собственного мнения.

  6. Система дератизации ОЗДС – необходимый элемент в обеспечении безопасности объектов здравоохранения и общественных мест. Она позволяет поддерживать чистоту и порядок, сохраняя здоровье и благополучие людей.

  7. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point.

    You definitely know what youre talking about, why throw away your
    intelligence on just posting videos to your blog when you could be giving us
    something enlightening to read?

  8. We can all be rich man. Sharing good information is a great way to connect with others.
    I believe that by giving back, I am able to make a difference in someone
    else’s life. Let me give back what I was given.

  9. OMG I really appreciate it. Sharing is caring, and good information is worth sharing!
    Giving back what I received is a way to express gratitude. This is
    what I learned in life.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin