10 JURUSAN KULIAH BAGI LULUSAN SMK

10 JURUSAN KULIAH BAGI LULUSAN SMK

 7,403 total views,  78 views today

Walau sebenarnya SMK ditujukan untuk langsung bekerja setelah lulus, banyak lulusan SMK yang ingin meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, mereka sering kali bingung dalam memilih jurusan yang tepat. Berikut adalah sepuluh jurusan yang bisa menjadi referensi saat kamu bingung menentukan pilihan. Sebaiknya, pilih jurusan yang sejalan dengan keahlian yang sudah kamu miliki sebelumnya.

Jurusan Arsitektur

Jika kamu lulus dari Program Keahlian Teknik Bangunan di SMK dan ingin melanjutkan kuliah, Jurusan Arsitektur bisa menjadi pilihan yang cocok untukmu. Di Jurusan Arsitektur, kamu akan belajar tentang desain dan konstruksi bangunan, termasuk kekuatan bangunan, estetika, dan fungsi bangunan. Kemampuan teknis yang kamu pelajari di SMK, seperti teknik gambar manual dan digital dengan Autocad, bisa menjadi landasan yang baik untuk melanjutkan kuliah di jurusan ini. Untuk masuk ke jurusan ini, kamu perlu memiliki minat pada matematika, menggambar, seni, dan teknologi.

Saat kuliah di Jurusan Arsitektur, kamu akan mempelajari pengukuran bangunan, rancangan anggaran biaya dan bahan, detail dari bagian bangunan, dan pembuatan desain. Oleh karena itu, diperlukan kreativitas dan skill yang tinggi untuk merancang setiap bangunan dengan baik dan memuaskan klien. Jurusan Arsitektur tersedia di beberapa kampus ternama di Indonesia, seperti ITB, UI, UB, dan UNDIP. Setelah lulus, kamu dapat bekerja sebagai Arsitek, Konsultan Arsitektur, Peneliti di bidang Urban Development, Kontraktor, atau Quantity Surveyor.

Baca Juga : 5 Jurusan Kuliah Yang Hanya Ada Di Indonesia

Jurusan Teknik Mesin

Jika kamu merupakan lulusan SMK Program Keahlian Teknik Mesin dan ingin melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi, Jurusan Teknik Mesin dapat menjadi pilihan yang tepat. Karena kamu telah memiliki dasar pengetahuan tentang bidang permesinan, maka kamu akan lebih mudah memahami setiap mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini. Di samping itu, selain mempelajari tentang cara pemeliharaan, perancangan, dan teknik produksi mesin, kamu juga dapat memperdalam beberapa cabang ilmu dari teknik mesin seperti mekanika, kinematika, dan termodinamika.

Dalam dunia kerja, lulusan jurusan ini memiliki banyak peluang dan dapat bekerja sebagai Mechanical Engineer, Designer, Teknisi, maupun Operator di berbagai industri, seperti otomotif, dirgantara, manufaktur, dan bahkan industri minyak. Karena relevansinya dengan berbagai sektor, maka jurusan ini memiliki peminat yang cukup tinggi. Beberapa universitas di Indonesia yang menawarkan jurusan Teknik Mesin antara lain Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

Jurusan Teknik Informatika

Bidang Teknologi dan Informatika selalu menjadi favorit di kalangan siswa SMK dengan program keahlian seperti Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Komputer dan Jaringan, dan Teknik Telekomunikasi. Untuk memperdalam bidang ini di dunia perkuliahan, bisa memilih Jurusan Teknik Informatika. Ilmu tentang software dan computer science yang didapat di SMK bisa dikembangkan lebih dalam di jurusan ini, di mana mahasiswa akan mempelajari secara rinci mengenai pembuatan, cara kerja, dan pengembangan software. Di Indonesia, Jurusan Teknik Informatika tersedia di beberapa universitas negeri seperti ITB, UGM, UB, ITS, dan UNPAD.

Menurut Tirto, jumlah pelanggan e-commerce meningkat hingga 38,3 persen selama pandemi Covid-19 dibandingkan tahun lalu. Oleh karena itu, lulusan Jurusan Teknik Informatika memiliki potensi besar untuk bekerja di bidang e-commerce. Selain itu, lulusan ini juga bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dan perbankan. Prospek kerja di jurusan ini sangat menjanjikan.

Jurusan Farmasi

Jika kamu adalah seorang lulusan dari SMK dengan Program Keahlian Farmasi dan ingin melanjutkan kuliah, maka Jurusan Farmasi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk lebih memperdalam bidang ini. Di dalam jurusan ini, kamu akan mempelajari cara mencampur, meracik, dan membuat obat-obatan, serta belajar tentang manajemen dan pemasaran obat-obatan. Selama masa kuliah, kamu juga akan terlibat dalam berbagai praktikum yang menantang. Tidak hanya itu, setelah lulus, kamu tidak hanya bisa bekerja di apotek, tetapi juga di berbagai bidang Farmasi lainnya seperti di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), rumah sakit, industri obat-obatan, industri kosmetik, dan Instansi Kesehatan. Dengan begitu banyak peluang kerja yang tersedia, Jurusan Farmasi dapat memberikan prospek karir yang menarik bagi para lulusannya.

Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati oleh siswa SMK Program Keahlian Akuntansi yang ingin melanjutkan kuliah. Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai dasar-dasar akuntansi seperti debit-kredit dan pembukuan, serta pasar modal dan efeknya. Kamu juga dapat mengembangkan ilmu akuntansi yang telah kamu pelajari di SMK. Setelah lulus dari Jurusan Akuntansi, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi (S. E), yang membuka peluang karir sebagai Konsultan Pajak, Ahli Keuangan, Akuntan, atau Banker. Beberapa universitas di Indonesia yang memiliki Jurusan Akuntansi antara lain Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, dan Universitas Padjadjaran.

Baca Juga : Universitas Teknokrat Indonesia Beri Pelatihan TOEIC di SMKN 1 Braja Selebah Lampung Timur

Jurusan Administrasi Perkantoran

Jika kamu merupakan lulusan SMK Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Sekretaris), kamu berpotensi untuk melanjutkan studi S1 di bidang yang sama yaitu Jurusan Administrasi Perkantoran. Di jurusan ini, kamu akan diberikan pengetahuan dan keterampilan untuk melakukan perencanaan, korespondensi, pengarsipan, pendataan, dan menyediakan segala administrasi perkantoran. Setelah lulus, kamu memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai Sekretaris, Staf Administrasi, General Affairs, atau Staf Legal di perusahaan seperti manufaktur, IT, dan perbankan. Terdapat banyak peluang kerja menarik, bukan?

Jurusan Pariwisata

Jika Anda lulusan sekolah kejuruan di bidang yang sama dan tertarik untuk mengejar gelar di bidang Pariwisata, Anda pasti bisa melakukannya. Anda dapat memperdalam pengetahuan Anda dan mengejar tujuan karir Anda di bidang ini. Selama studi Anda, Anda akan belajar tentang berbagai aspek pariwisata, termasuk manajemen tujuan, manajemen tur dan perjalanan, dan perhotelan. Keterampilan komunikasi yang baik sangat penting karena Anda akan berurusan dengan turis dari berbagai negara. Bagaimana prospek karir setelah lulus? Jangan khawatir, karena prospek kerja lulusan Pariwisata sangat luas. Anda bisa menjadi Tour Guide, Travel Entrepreneur, Tourist Attraction Manager, atau Hotel Concierge.

Jurusan Tata Busana

Jika kamu lulus dari Program Keahlian Tata Busana di SMK, kamu tidak hanya akan memiliki keterampilan menjahit, tetapi juga keterampilan lain seperti mendesain pakaian, membuat pola, mengenali berbagai jenis bahan, dan membuat proyek tentang fashion. Dengan keterampilan tersebut, kamu bisa melanjutkan studi di jurusan yang berkaitan seperti Jurusan Tata Busana atau Fashion Design.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari cara marketing dan manajemen bisnis fashion yang baik, fotografi fashion, serta menggambar model di jurusan ini. Sebagai mahasiswa, kamu akan menyelesaikan tugas akhir semester dengan mengadakan fashion show dan memamerkan rancangan pakaian hasil karya sendiri.

Setelah lulus, kamu bisa mengembangkan karir di berbagai bidang fashion seperti Fashion Designer, Fashion Photographer, Fashion Stylist, Fashion Illustrator, Fashion Journalist, dan Fashion Blogger. Banyak perusahaan dan industri fashion ternama seperti Louis Vuitton, Christian Dior, Zara, Pull & Bear, dan Stradivarius yang membutuhkan lulusan dari jurusan ini.

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jika kamu lulus dari SMK dengan keahlian desain grafis dan ingin mengembangkan kreativitasmu, kamu bisa memilih untuk melanjutkan S1 di Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Di jurusan ini, kamu akan mempelajari teknik menyampaikan pesan melalui media visual. Kamu bisa memilih dari tiga peminatan yang berbeda: Komunikasi Grafis, Komunikasi Visual Periklanan, dan Komunikasi Multimedia. Beberapa universitas di Indonesia yang menawarkan Jurusan DKV antara lain ITB, UM, ITS, dan ISI. Setelah lulus, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Desain (S. Ds) yang bisa membantumu mencari pekerjaan sebagai Desainer Grafis, Ilustrator, Animator, atau Web Designer di berbagai bidang.

Jurusan Film dan Televisi

Setelah menyelesaikan SMK dengan Program Keahlian Multimedia, kamu dapat memilih Jurusan Film dan Televisi sebagai pilihan kuliah. Selain memperdalam teknis pembuatan film dan program televisi yang telah dipelajari di SMK, kamu juga akan dilengkapi dengan berbagai keterampilan lain seperti manajemen produksi televisi, penulisan skenario, pengarah acara, tata artistik, tata foto elektronik, dan editing elektronik. Saat ini, industri film dan televisi sedang berkembang pesat sehingga lulusan dari jurusan ini sangat diminati. Karir yang bisa kamu geluti setelah lulus antara lain menjadi Asisten Setting Film, Sutradara, Editor, Talent Director, dan Teknisi Kamera dan Fotografi di industri perfilman dan broadcast.

Demikianlah gambaran beberapa jurusan yang cocok bagi lulusan SMK yang masih bingung memilih jurusan. Untuk menghindari kesalahan dalam memilih, disarankan agar kamu memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan minat kamu. Oleh karena itu, mulailah mempersiapkan diri kamu sejak sekarang untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi.

366 thoughts on “10 JURUSAN KULIAH BAGI LULUSAN SMK

  1. canadian family pharmacy [url=http://canadaph.pro/#]CIPA certified canadian pharmacy[/url] best canadian online pharmacy reviews

  2. cheapest online pharmacy india [url=http://indiaph.ink/#]п»їlegitimate online pharmacies india[/url] india pharmacy mail order

  3. pharmacy canadian superstore [url=https://canadaph.pro/#]pharmacies in canada that ship to the us[/url] canadian world pharmacy

  4. medication from mexico pharmacy [url=http://mexicoph.icu/#]mexico pharmacies prescription drugs[/url] buying from online mexican pharmacy

  5. reputable mexican pharmacies online [url=http://mexicoph.icu/#]reputable mexican pharmacies online[/url] mexico drug stores pharmacies

  6. medication from mexico pharmacy [url=http://mexicoph.icu/#]buying from online mexican pharmacy[/url] purple pharmacy mexico price list

  7. mexican drugstore online [url=http://mexicoph.icu/#]reputable mexican pharmacies online[/url] purple pharmacy mexico price list

  8. mexican border pharmacies shipping to usa [url=http://mexicoph.icu/#]best online pharmacies in mexico[/url] mexico drug stores pharmacies

  9. buying from online mexican pharmacy [url=http://mexicoph.icu/#]purple pharmacy mexico price list[/url] mexican drugstore online

  10. canada pharmacy online [url=https://canadaph.pro/#]certified and licensed online pharmacy[/url] canadian pharmacies comparison

  11. cialis online pharmacy australian [url=http://cialis.science/#]Cialis without a doctor prescription[/url] levitra versus cialis

  12. how does cialis work in the body [url=https://cialis.science/#]Buy Tadalafil 20mg[/url] cialis generic versus brand name

  13. canadian pharmacy no prescription cialis [url=http://cialis.science/#]cialis international[/url] cialis and viagra mix

  14. canadian pharmacy no rx needed [url=http://certifiedcanadapills.pro/#]canada cloud pharmacy[/url] canadian mail order pharmacy

  15. buying from online mexican pharmacy [url=https://mexicanpharmacy.guru/#]mexican rx online[/url] mexican border pharmacies shipping to usa

  16. canadian pharmacy mall [url=https://certifiedcanadapills.pro/#]best canadian pharmacy to buy from[/url] canadian pharmacy meds

  17. canadian pharmacy ltd [url=http://certifiedcanadapills.pro/#]buying drugs from canada[/url] canadian pharmacy king reviews

  18. zithromax 500 mg lowest price pharmacy online [url=http://azithromycin.men/#]zithromax tablets[/url] zithromax 500 mg

  19. can i get generic mobic prices [url=https://mobic.store/#]where can i get cheap mobic without dr prescription[/url] can you buy mobic without dr prescription

  20. how can i get mobic without rx [url=https://mobic.store/#]can i order cheap mobic without rx[/url] how can i get mobic pill

  21. Independent chart analysis shows that the placebo group treated within 8 hours of injury had similar recovery patterns to the corresponding methylprednisolone group for the first 6 weeks cialis online cheap Hershel SgbjYVbiWfjot 5 21 2022

  22. Today, I went to the beachfront with my children. I found a sea shell and gave it to my 4 year old daughter and said “You can hear the ocean if you put this to your ear.” She put the shell to her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her ear. She never wants to go back! LoL I know this is totally off topic but I had to tell someone!

  23. Pingback:5 Jurusan Sistem Informasi Terbaik - Blog Teknokrat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *