Hallo Campuspedia Friends! UTBK sudah semakin dekat nih, kamu sudah menentukan jurusan dan kampus pilihanmu? Sebagai referensi Minca mau kasih informasi data mengenai universitas dengan pendaftar terbanyak dan prodi paling diminati di SBMPTN 2020. Check it out!

Baca juga : 

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada menjadi salah satu kampus paling favoritnya para calon mahasiswa. Terbukti dengan jumlah pendaftar sebanyak 62.507 orang. Selain itu, UGM mendapat predikat peringkat 1 Universitas terbaik versi Webometrics 2021 lho!

Prodi dengan jumlah peminat terbanyak untuk Saintek adalah Kedokteran, Farmasi, Teknologi Informasi, Teknik Sipil, dan Kedokteran Gigi. Sedangkan untuk Soshum meliputi Prodi Psikologi, Hukum, Manajemen, Ilmu Komunikasi, dan Akuntansi.

2. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya menduduki peringkat kedua nih sebagai universitas dengan jumlah pendaftar terbanyak di SBMPTN 2020, yaitu sebanyak 61.743 orang. Nah jurusan soshum yang banyak diincar adalah manajemen, akuntansi, administrasi bisnis. Ilmu komunikasi, dan ilmu hukum. 

Sementara itu, jurusan saintek yang paling banyak diincar antara lain jurusan agroekoteknologi, kedokteran, peternakan. 

3. Universitas Padjajaran

Universitas Padjajaran atau Unpad memiliki jumlah pendaftar SBMPTN 2020 sebanyak 56.446 orang. Nah, prodi yang paling diminati disini di antaranya teknik informatika, farmasi, psikologi, manajemen, dan ilmu komunikasi. 

4. Universitas Indonesia

Kampus yng jadi kumpulan orang-orang pinter ini ternyata menduduki peringkat 4 sebagai pendaftar terbanyak di SBMPTN 2020. Jumlah pendaftarnya ada sebanyak 54.897 orang. Nah, jurusan paling diminati di prodi saintek yaitu Pendidikan Dokter, Ilmu Komputer, Sistem informasi, dan Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Sedangkan untuk prodi soshum, jurusan paling diminati adalah Hukum, Psikologi, Manajemen, ilmu komunikasi, dan Akuntansi.

5. Universitas Sebelas Maret

Universitas dengan pendaftar terbanyak di SBMPTN 2020 selanjutnya ada Universitas Sebelas Maret. UNS memiliki jumlah pendaftar 22.011 orang. Sementara itu jurusan yang paling diminati adalah statistika, farmasi, psikologi, teknik industri, teknologi pangan, arsitektur, agribisnis, dan pendidikan matematika. 

Nah untuk prodi soshum dengan peminat terbanyak yaitu jurusan administrasi negara, akuntansi, ilmu komunikasi, bimbingan dan konseling, PGSD, hubungan internasional, DKV, sosiologi, dan sastra inggris.

Baca juga : 

6. Universitas Diponegoro

Kampus yang berada di Semarang ini ternyata memiliki jumlah pendaftar 51.418 orang di SBMPTN 2020. Adapun jurusan yang paling banyak diminati di antaranya adalah pendidikan dokter, kesehatan masyarakat, akuakultur, teknik sipil, psikologi, dan ilmu hukum. 

7. Universitas Pendidikan Indonesia

Kampus yang berorientasi pada jurusan pendidikan ini ternyata memiliki pendaftar SBMPTN 2020 sebanyak 45.767 orang. Adapun jurusan peminatnya meliputi Manajemen, Akuntansi, Perpustakaan & Informasi, dan Ilmu Komunikasi.

8. Universitas Negeri Yogyakarta

UNY atau Universitas Negeri Yogyakarta sebagai universitas dengan pendaftar terbanyak di SBMPTN 2020 memiliki pendaftar sebanyak 42.592 orang. Jurusan favorit antara lain manajemen, akuntansi, psikologi, PGSD, dan administrasi negara. 

9. Universitas Sumatera Utara

Meskipun peringkat universitas pendaftar terbanyak di dominasi oleh universitas pulau Jawa. USU atau Universitas Sumatera Utara pun gak mau kalah. Usu berhasil menduduki peringkat 9 dengan jumlah pendaftar sebanyak 41.907 orang.

Adapun jurusan favoritnya adalah kedokteran, agribisnis, teknologi informasi, hukum, akuntansi, manajemen, farmasi, kesehatan masyarakat, ilmu komputer, dan psikologi. 

10. Universitas Negeri Jakarta

Universitas pendidikan lainnya nih. Jumlah pendaftar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) di SBMPTN 2020 ada sebanyak 18.096 orang. Adapun jurusan favorit pada SNMPTN 2020 adalah manajemen, akuntansi, ilmu komunikasi, sastra Inggris, dan teknologi informasi. 

Baca juga :

Nah itulah universitas dengan pendaftar terbanyak di SNMPTN 2020. Kampus pilihanmu termasuk gak nih? Semoga kamu bisa diterima di kampus pilihanmu ya. Tetap optimis dan berdoa semoga hasilnya yang terbaik. 

Jangan lupa untuk follow akun , , , , ,  dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *