12 Jurus Jitu Efektif Berbicara Bahasa Inggris dengan Mudah

12 Jurus Jitu Efektif Berbicara Bahasa Inggris dengan Mudah

 3,137 total views,  6 views today

Anda dapat mengembangkan kemampuan anak dalam berpikir kritis dan belajar Calistung, Matematika, Bahasa Inggris, dan Sains. Ada juga metode pembelajaran interaktif Live Teaching yang disediakan untuk program nasional dan internasional yang difokuskan pada anak usia 4-8 tahun. Semoga artikel ini memberikan manfaat yang bermanfaat bagi Anda.

1. Belajar dari film

Anda dapat mencoba mengubah teks subtitle saat menonton film, misalnya menambahkan subtitle bahasa Inggris saat menonton film Indonesia atau menambahkan subtitle bahasa Indonesia saat menonton film barat. Hal ini berguna untuk membantu meningkatkan kemampuan bahasa dengan membaca dan mendengarkan sekaligus. Anda juga bisa mencoba untuk mendengarkan podcast dalam bahasa Inggris untuk membantu meningkatkan kemampuan mendengar kosa kata dalam bahasa Inggris.

2. Dengarkan lagu berbahasa Inggris

Berminat dengan musik? Dalam era teknologi yang semakin maju, kamu dapat mendengarkan lagu kapan saja dan di mana saja dengan menggunakan aplikasi musik. Sambil mendengarkan, kamu bisa mencari lirik lagu di browser kamu dan memahami liriknya secara bersamaan. Cara ini akan membantu memperkaya kosakata bahasa kamu.

3. Gunakan hobi sebagai sarana bercakap

Gunakanlah hobi Anda sebagai sarana untuk berinteraksi dengan orang-orang yang ahli dalam berbahasa Inggris. Jika Anda menyukai permainan, seperti Among Us atau Fortnite, cobalah untuk bergabung dengan forum yang dihuni oleh orang-orang dari luar negeri yang berbicara dalam bahasa Inggris. Selain itu, Anda dapat mencoba berbicara dalam bahasa Inggris dengan keluarga atau teman-teman dekat Anda. Meskipun belum lancar, jangan khawatir! Semakin sering Anda berlatih, maka Anda akan semakin terbiasa dan mampu berbicara dalam bahasa Inggris dengan lancar.

4. Gunakan ponselmu

Anda dapat mengubah pengaturan bahasa pada ponsel atau perangkat elektronik Anda menjadi bahasa Inggris agar pemberitahuan yang muncul dapat diterima dalam bahasa Inggris. Hal yang sama juga bisa dilakukan pada browser dan media sosial. Jika Anda menggunakan Google Chrome, Anda dapat menambahkan bahasa Inggris sebagai bahasa penerjemah.

Baca Juga : 6 Alasan Mengapa Harus Belajar Codding Dari Sekarang

Dengan cara ini, Anda dapat memahami halaman yang dicari dalam bahasa Inggris dan kemudian menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia. Sebagian besar dari kita menghabiskan banyak waktu dengan menggunakan ponsel atau perangkat elektronik lainnya, sehingga menggunakan bahasa Inggris pada perangkat tersebut bisa membantu memperkaya pemahaman bahasa Inggris.

5. Latihan di depan cermin

Berbicara dalam bahasa Inggris seringkali membuat kita tidak percaya diri. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa berlatih berbicara di depan cermin. Walaupun kamu belum lancar, jangan khawatir! Semakin kamu berlatih, maka kemampuan berbicara kamu akan semakin terasah dan kamu akan semakin percaya diri ketika berbicara dalam bahasa Inggris.

6. Carilah teman berbicara

Anda bisa meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris dengan berlatih bersama teman yang memiliki level yang sama atau lebih tinggi darimu. Kamu dapat memulai dengan perkenalan, kemudian menanyakan atau menjawab pertanyaan secara bergantian. Untuk memulainya, lakukanlah dengan sesuatu yang sederhana dan jangan langsung berharap untuk bisa melakukan percakapan yang panjang. Selain itu, kamu juga bisa mencoba berbicara dengan orang-orang atau kerabat yang tidak fasih bahasa Inggris. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan pengalaman berbicara tanpa tekanan ketika membuat kesalahan dalam berbicara.

7. Mulai Dengan Kata-Kata Sederhana

Untuk mencapai keberhasilan dalam trik pertama ini, diperlukan konsistensi dalam melakukannya. Setiap hari, saat bangun tidur di pagi hari, cobalah memperhatikan barang-barang di sekitarmu dan menyebutkannya dalam bahasa Inggris seperti lamp, bed, wardrobe, dan lain-lain. Kamu juga dapat melakukan hal yang sama saat sedang dalam perjalanan menuju sekolah atau kampus dengan memikirkan hal-hal yang kamu temukan di jalan dalam bahasa Inggris.

8. Buat Kalimat Sederhana

Setelah berhasil melakukan trik sebelumnya, kamu dapat mencoba trik yang lebih lanjut. Cobalah untuk membuat kalimat sederhana dari hal-hal yang kamu lihat sehari-hari dengan menggunakan bahasa Inggris. Misalnya, kamu dapat menggunakan bahasa Inggris untuk mengomentari atau menjelaskan situasi yang sedang kamu alami. Sebagai contoh, kamu dapat membuat kalimat seperti “I’m having a sandwich for lunch.” Lakukanlah ini sebanyak mungkin dan jika kamu merasa tidak cukup percaya diri untuk berbicara dengan keras, kamu dapat melakukannya dalam hati saja. Yang terpenting adalah jangan menerjemahkan kalimat tersebut dari bahasa Indonesia.

9. Buat Agenda Harian

“Coba saat bangun pagi, kamu mulai merencanakan kegiatan harianmu menggunakan Bahasa Inggris. Sebagai contoh, kamu bisa membuat rencana seperti ini:

Today I will go to school by bus. After lunch, I have to return a book to the library. Iā€™m going to ask my best friend to accompany me. At night, I will watch some episodes from my favorite television series before I go to sleep.

(‘Hari ini saya akan pergi ke sekolah naik bis. Setelah makan siang, saya harus mengembalikan buku ke perpustakaan. Saya akan meminta teman terbaik saya menemani saya. Di malam hari, saya akan menonton beberapa episode dari serial televisi favorit saya sebelum tidur.”)

10. Buat Percakapan Dalam Pikiranmu

Berikut ini adalah sebuah tantangan baru untuk kamu mengambil langkah lebih tinggi. Saat ini, kamu diminta untuk berpikir dalam bahasa Inggris ketika melakukan percakapan. Percakapan ini tidak harus dilakukan dengan orang lain, tapi dengan diri sendiri. Kamu bisa melakukan percakapan dengan suara keras atau dalam hati saja. Dengan melatih diri untuk berpikir dalam bahasa Inggris melalui percakapan ini akan sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan bahasamu. Kamu akan membuat pertanyaan dan memikirkan jawaban atas pertanyaan tersebut. Meskipun terdengar agak aneh, cara ini akan membantumu terbiasa berpikir dalam Bahasa Inggris. Contoh percakapan yang bisa kamu gunakan adalah sebagai berikut:

It’s so hot today.

I should have brought an umbrella.

Now I become so thirsty, I will buy a bottle of drink first before I enter the classroom.

(“Cuaca hari ini sangat panas.
Seharusnya saya membawa payung.

Baca Juga :Universitas Teknokrat Indonesia Beri Pelatihan Public Speaking dan Infographic Jurnalisme kepada Siswa dan Guru SMAN 5 Metro

Sekarang saya merasa sangat haus, jadi saya akan membeli botol minuman terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam kelas.”)

11. Talk to Real People

Setelah merasa mahir dalam cara-cara sebelumnya, kamu bisa mencoba untuk berbicara dengan orang lain dalam bahasa Inggris. Untuk berhasil dalam aktivitas ini, kamu harus mempersiapkan apa yang ingin kamu sampaikan terlebih dahulu dalam Bahasa Inggris. Ini bisa menjadi tantangan, karena kamu tidak tahu apa yang akan diajukan atau dikatakan oleh lawan bicaramu. Jika memungkinkan, cobalah untuk berbicara dengan orang asing, karena ini bisa memberikan pengalaman yang lebih menantang dan memungkinkan kamu untuk belajar dari kesalahanmu. Siapa tahu, lawan bicaramu mungkin akan memperbaiki kalimatmu jika salah.

Nah, itu dia jurus jitu yang bisa kamu praktikan sendiri, ya! Jangan lupa untuk selalu banyak membaca dan mendengarkan dalam bahasa Inggris.

2 thoughts on “12 Jurus Jitu Efektif Berbicara Bahasa Inggris dengan Mudah

  1. I have to thank you for the efforts you’ve put in writing this blog.
    I’m hoping to see the same high-grade blog posts from you later on as well.
    In truth, your creative writing abilities has encouraged me to get my own blog now šŸ˜‰

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux