Hallo Campuspedia Friends! Gak dimungkiri kalau salah satu alasan para pencari beasiswa luar negeri adalah mengincar tunjangan dana agar mereka dapat bisa berkuliah di luar negeri tanpa mengkhawatirkan masalah finansial. Beasiswa sendiri diadakan dengan tujuan untuk memberi bantuan berupa dana atau fasilitas agar para penerimanya dapat menuntut ilmu di luar negeri. Makanya Minca mau kasih informasi beasiswa luar negeri di tahun 2021 yang punya benefit tunjangan dana besar, bahkan ada yang sampai 420 juta. Yuk simak!

Baca juga : 

1. KAUST Fellowship

King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) adalah universitas riset swasta yang terletak di tepi Laut Merah, Arab Saudi. Universitas yang terletak 80 km dari utara kota Jeddah ini cuman dua jurusan, yaitu Sains dan Teknologi. Hal ini dikarenakan misi dari Raja Abdullah saat membangun KAUST adalah untuk menghasilkan lulusan mahasiswa-mahasiswa yang handal dan dapat memajukan ilmu pengetahuan Sains dan Teknologi di kawasan Timur Tengah.

Beasiswa KAUST Fellowship ini ditujukan untuk jenjang S2 dan S3. Kalau kamu tertarik, beasiswa ini punya deadline tanggal 1 Maret 2021. Info selengkapnya bisa lihat di laman resmi

Adapun benefit yang bisa didapatkan yaitu :

  1. Biaya kuliah selama masa studi di KAUST.
  2. Tunjangan USD 20.000 – USD 30.000 per tahunnya atau sekitar Rp 280-420 juta/tahun (tergantung pada tingkatan akademik).
  3. Tempat tinggal yang sudah tersedia berbagai macam fasilitas.
  4. Pemeliharaan kesehatan dan gigi (Asuransi kesehatan) yang akan dibayar penuh oleh KAUST setelah terdaftar sebagai anggota BUPA (Asuransi kesehatan Saudi).
  5. Tiket pesawat pulang-pergi ke Indonesia (atau negara lain) satu kali setiap tahun.
  6. Dukungan relokasi.

2. UST Scholarship

Beasiswa UST merupakan beasiswa diperuntukkan bagi yang mau kuliah di University of Science & Technology (UST Korea Selatan. Bisa dibilang UST adalah salah satu universitas terbaik di Korea Selatan yang berfokus padaidang penelitian tertentu di bidang Sains dan Teknik.

Dengan beasiswa ini kamu bisa mendaftar program master terkemuka untuk PhD dan program PhD. Mahasiswa internasional dan Korea yang tinggal di luar negeri juga bisa mengajukan beasiswa penuh UST.

Adapun benefit yang bisa didapatkan yaitu :

  1. Biaya hidup KRW 1,2 juta/bulan (Rp 15 juta/bulan) untuk S2 dan KRW 1,6 juta/bulan (Rp 20 juta/bulan) untuk S3.
  2. Biaya kuliah setara KRW 2,5 juta/semester.

Kalau kamu tertarik, beasiswa ini akan dibuka pada 3 Maret 2021. Kamu bisa lihat selengkapnya di laman resmi

Baca juga : 

3. MEXT (Monbukagakusho) jalur Embassy

MEXT atau Monbukagakusho merupakan beasiswa studi ke Jepang yang paling populer di kalangan para scholarship hunter. Beasiswa ini merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT). Jadi jangan heran kalau reputasi beasiswa ini cukup besar.

MEXT sendiri punya dua jalur, yaitu embassy recommendation dan university recommendation. Embassy Recommendation adalah jalur yang pendaftaran dan seluruh proses penyeleksiannya dilakukan oleh Kedutaan Besar Jepang. Sedangkan jalur University Recommendation adalah jalur yang proses penyeleksian serta prosedur pendaftarannya dilakukan oleh Universitas di Jepang tanpa melalui Kedutaan Besar Jepang.

Tapi Minca cuman akan bahas benefit dari jalur embassy aja. Apa aja sih kalau begitu?

1. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya (termasuk biaya sekolah persiapan).

2. Tunjangan hidup sebesar :

  • 117.00 Yen/bln (Rp 15 juta/bln) untuk D2, D3, dan S1.
  • 143.000 Yen/bln (Rp 18 juta/bln) untuk research student.
  • 144.000 Yen/bln (Rp 19 juta/bln) untuk S2.
  • 145.000 Yen/bln (Rp 19 juta/bln) untuk S3.

3. Tiket pesawat pp dan bebas biaya pengurusan visa pelajar

4. Tidak ada ikatan dinas.

5. Beberapa kampus menyediakan asrama apabila tidak ada, dapat dibantu dicarikan tempat tinggal (S2/S3).

Tertarik? lihat laman resmi di

4. Australia Award Scholarship

Beasiswa Australia Award selalu diadakan setiap tahun oleh Pemerintah Australiauntuk memberikan kesempatan bagi para pelajar internasional melanjutkan kuliah S2 dan S3 di universitas-universitas terkemuka di Australia. Adapun perguruan tinggi tersebut seperti Monash University, Deakin University, La Trobe University, Victoria University, dan sebagainya.

Beasiswa ini merekomendasikan buat kalangan wanita, penyandang disabilitas, dan orang-orang dari Geographic Focu Area (Aceh, NTT, NTB, Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara). Tapi bukan berarti selain dari itu gak punya kesempatan mendaftar lho.

Adapun benefit yang bisa didapatkan yaitu :

  1. Visa
  2. Tiket PP
  3. Tunjangan kedatangan A$ 5.000 atau Rp 53 juta.
  4. Biaya kuliah
  5. Biaya hidup A$ 30.000/thn atau Rp 320 juta/thn.
  6. Fieldwork allowance.
  7. Tunjangan kesehatan.
  8. Introductory academy program.
  9. Support akademis lainnya.

Kalau kamu tertarik bisa lihat laman resmi

Baca juga : 

Itulah 4 beasiswa luar negeri tahun 2021 yang punya tunjangan dana yang besar. Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *