JAKARTA (Sketsa.co) — Tom Corley, penulis buku ‘Rich Habits: The Daily Success Habits of Wealthy Individuals’, melakukan studi selama 5 tahun dengan mewawancarai 233 individu kaya. Selama penelitian ini, Corley secara sistematis mencatat dan meneliti rutinitas harian, kebiasaan, serta tingkah laku para miliuner yang memiliki pendapatan tahunan minimal US$160.000 dan aset bersih setidaknya senilai US$3,2 juta.

Hasil penelitian Tom Corley tersebut mengungkapkan bahwa terdapat 4 jalur atau strategi yang umum ditempuh oleh para miliuner untuk mencapai kekayaan yang melimpah.

 

  1. Investasi Sebagai Sarana Menyimpan Uang Sebanyak kurang dari 22% peserta penelitian memilih jalur ini. Mereka merupakan bagian dari kelompok yang berhasil menghasilkan US$1 juta di usia 30-an dan memiliki kekayaan rata-rata US$3,3 juta di usia 50-an. Karakteristik dari mereka yang memilih jalur ini antara lain:
    • Biasanya berasal dari kelompok berpenghasilan menengah, baik dengan pendapatan enam digit pada awal karier atau hidup secara hemat.
    • Cenderung menjalani gaya hidup hemat.
    • Menyisihkan 20% atau lebih dari pendapatan mereka untuk ditabung dan diinvestasikan.
    • Konsisten dalam berinvestasi sejak usia muda.
    • Menyimpan dan berinvestasi merupakan bagian penting dari rutinitas mereka, dan mereka selalu mencari peluang untuk meningkatkan kekayaan mereka.

 

  1. Penguasaan Keahlian Khusus Sekitar 19% dari responden yang diwawancarai oleh Corley mencapai kekayaan karena keahlian atau spesialisasi dalam bidang tertentu. Kelompok ini memperdalam suatu keahlian hingga menjadi pakar di bidang tersebut dan dibayar dengan tarif premium sebagai imbalan. Menurut studi Corley, kelompok ini memerlukan waktu sekitar 20 tahun untuk mencapai kekayaan rata-rata sebesar US$4 juta. Mereka berasal dari berbagai bidang seperti kesehatan, hukum, atau memiliki bisnis kecil yang menguntungkan. Kelompok ini umumnya memiliki bakat intelektual yang tinggi dan menghabiskan banyak waktu untuk belajar. Oleh karena itu, tidak semua orang mampu mengikuti jalur ini tanpa komitmen untuk belajar dan berlatih secara terus-menerus.

 

Baca juga:

 

  1. Meningkatkan Karir Menurut Corley, jalur ini merupakan yang kedua tersulit untuk mencapai kekayaan. Hal ini membutuhkan usaha besar dan tekad yang kuat. Dalam penelitiannya, Corley menemukan bahwa sebagian besar orang yang menjadi kaya melalui jalur ini mengejar posisi senior eksekutif sebagai langkah menuju kekayaan. Sebanyak 31% dari responden yang diwawancarai memilih jalur ini dan rata-rata mereka memerlukan waktu sekitar 22 tahun untuk mencapai kekayaan bersih sebesar US$3,4 juta atau lebih. Kekayaan mereka biasanya berasal dari kompensasi saham atau bagi hasil dari mitra. Seperti kelompok spesialis, mereka yang mengejar jalur karir ini siap menginvestasikan waktu ekstra di kantor, bahkan mengorbankan waktu istirahat dan liburan.

 

  1. Ketekunan dalam Mengejar Impian Corley menunjukkan bahwa jalur ini mungkin terlihat sulit karena membutuhkan tekad dan konsistensi yang kuat. Ada berbagai cara untuk membangun kekayaan melalui ketekunan dalam mengejar impian, seperti memulai bisnis atau bekerja lembur. Sekitar 28% peserta penelitian adalah individu yang memiliki mimpi dan berhasil mengumpulkan kekayaan bersih hingga US$7,4 juta dalam waktu 12 tahun. Mereka merupakan tipe individu yang mengejar impian mereka dengan tekun dan berhasil mewujudkannya. Namun, hal ini tidak datang tanpa pengorbanan, mereka siap bekerja lebih dari 61 jam seminggu dan menahan tekanan finansial. Liburan dan waktu luang hampir tidak ada dalam gaya hidup mereka. Jika seseorang cenderung menghindari risiko, maka jalur ini mungkin tidak cocok untuknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *