Hallo sobat Campuspedia! Kondisi pandemi menyebabkan aktivitas yang biasanya dilakukan secara normal menjadi online, tak terkecuali di dunia pendidikan. Selain aktivitas belajar mengajar yang diubah menjadi online, beberapa kegiatan penunjang belajar pun diganti menjadi online, seperti kebutuhan akan bahan pustaka yang dapat diakses di beberapa perpustakaan online. Dengan kondisi yang serba online ini, justru beberapa fasilitas tersebut dapat menjadi lebih mudah diakses. Berikut adalah informasi lengkapnya:

iPusnas

Perpusnas membuat terobosan baru dengan menyediakan aplikasi perpustakaan online dengan nama iPusnas. Seperti aplikasi pada umumnya, untuk dapat menggunakan iPusnas ini, pengguna dapat langsung mengunduhnya di Appstore atau Playstore. Namun sebelum itu, kamu harus terdaftar sebagai anggota Perpustakaan Nasional. Dengan iPusnas ini, kamu akan dapat dengan mudah mencari bahan pustaka atau koleksi serta dapat meminjam koleksi tersebut seperti sistem peminjaman pada perpustakaan umumnya. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menggunakan bahan pustaka yang digunakan hanya dalam genggaman tangan saja

Baca juga:

Open Library

Merupakan perpustakaan yang juga bisa diakses secara online dan menyediakan banyak bahan pustaka atau koleksi. Open Library dapat diakses melalui laman . Buku-buku yang tersedia pada Open Library ini berbentuk PDF, ePub, MOBI, dan Plain Text sehingga memudahkan pengguna dalam membaca. 

Baca juga:

iJakarta

Mirip dengan iPusnas, iJakarta juga merupakan perpustakaan online yang berbentuk aplikasi. iJakarta dikeluarkan oleh Badan dan Arsip Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. iJakarta menyediakan koleksi buku online yang bisa kamu akses di aplikasi tersebut dengan mengunduhnya terlebih dahulu. Tidak perlu menjadi anggota perpustakaan, kamu cukup mendaftarkan diri dengan akun facebook atau email pribadi saja. 

Moco

Berbeda dengan perpustakaan online lainnya, Moco merupakan aplikasi perpustakaan online yang menggabungkan perpustakaan pribadi dengan media sosial. Dengan fitur yang disediakan tersebut, kamu bisa saling berinteraksi dengan pengguna perpustakaan lainnya, saling memberikan ulasan terhadap buku, serta membagikan koleksi buku yang kamu miliki. 

Baca juga:

Nah itu dia rekomendasi 4 perpustakaan online yang bisa kamu akses untuk menunjang kegiatan belajar. Kamu bisa langsung mencobanya dengan mengunduh aplikasi-aplikasi di atas atau langsung mengunjungi laman website resminya. 

Yuk follow sosmed Campuspedia di , , , , , dan agar kamu selalu update informasi terkini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *