Hallo sobat campuspedia!!!

Gimana nih kabar keuangan kalian di pertengahan bulan kayak gini? Semoga masih aman-aman aja ya. Nah buat kamu yang di pertengahan bulan kayak gini tapi uang udah tinggal recehan, wajib banget tau gimana caranya mengatur uang dengan menabung. Pastinya uang tersebut bisa bertahan sampai akhir bulan. Here we go!

Baca juga:

Menghitung pengeluaran dan pemasukan setiap bulan

Agar uang nggak tiba-tiba habis, kamu harus mulai mencatat pemasukan dan pengeluaran uang setiap bulan dengan rinci. Tuliskan pemasukan uang dalam sebulan yang kamu dapat, misalnya dari orang tua, beasiswa, uang gaji part time, dan lain sebagainya. 

Tuliskan juga secara rinci pengeluaran kamu dalam satu bulan, misalnya biaya untuk makan, fotocopy, paket data atau wifi, dan pengeluaran lainnya yang rutin kamu keluarkan. Sisihkan untuk keperluan tak terduga sehingga kamu masih ada cadangan uang ketika kondisi sedang gawat. 

Jika pengeluaran dan pemasukan sudah tercatat semua dan masih ada sisa uang, kamu bisa menabungnya untuk keperluan-keperluan lainnya baik untuk wishlist yang udah kamu buat maupun keperluan yang gak terduga lainnya.

Gunakan uang untuk hal prioritas 

Kamu harus bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Maka gunakanlah uang yang kamu punya untuk kebutuhan prioritasmu seperti makanan pokok. Jika sekiranya uang yang kamu punya hanya cukup untuk makanan pokok saja, kamu harus bisa menahan keinginan untuk sekedar ngopi di cafe. 

Sebaiknya, kamu juga harus menahan keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak perlu. Membeli baju misalnya. Selagi masih banyak baju di lemari yang masih layak pakai, kamu bisa menggunakannya dan tidak perlu membeli  baju baru hanya karena ingin tampil trendy dan kekinian.

Baca juga:

Menghindari ngutang 

Buat kamu yang hobi ngutang demi hidup mewah, kebiasaan ini harus segera dihentikan ya. Kebiasaan untuk meminjam uang ini tanpa sadar menjadi jebakan, loh. Bayangkan saja ketika kamu meminjam uang untuk keperluan yang tidak perlu, pada waktu tertentu kamu harus menggantinya dengan uang yang seharusnya untuk kebutuhan pokok. Akhirnya untuk kebutuhan pokok, kamu harus kembali meminjam karena persediaan uangnya udah kamu pakai untuk membayar hutang.

Memburu diskon

Penawaran diskon bagi pelajar dan mahasiswa udah bukan hal asing karena pada setiap bulannya ada saja satu brand makanan yang memberikan diskon untuk pelajar dan mahasiswa. Kamu bisa banget nih memanfaatkan penawaran diskon ini untuk menghemat kebutuhan pokok. 

Biasanya untuk membuktikan kalau kamu pelajar atau mahasiswa adalah dengan menunjukan kartu pelajar atau kartu mahasiswa. Jadi pastikan jangan lupa untuk membawa kartu sakti tersebut ya!

Nah keempat tips tersebut jika kamu melakukannya dengan sungguh-sungguh, uang yang awalnya sering menghilang tiba-tiba akan lebih jelas dipakai untuk apa saja dan akan tersisa. uang yang tersisa tersebut pastikan kamu tabung untuk keperluan lainnya. So, yuk kita mulai menabung dan hindari berlaku boros!

Baca juga:

Jangan lupa untuk follow akun,,,,, dan Campuspedia biar kamu gak ketinggalan informasi menarik lainnya seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan masih banyak lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *