Hallo Campuspedia Friends! Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) hari terakhir telah dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2021. Setelahnya, siswa hanya tinggal menunggu pengumuman hasil UTBK-SBMPTN pada tanggal 14 Juni 2021 mendatang. Tapi tau nggak sih? Apa aja penyebab peserta bisa gagal SBMPTN? Yuk simak selengkapnya!

 

Baca juga :  

 

Terlalu Berharap Jalur SNMPTN/Undangan

Ini adalah kesalahan fatal yang selalu berulang terjadi tiap tahunnya. Satu hal ini dapat menjadi penyebab terbukanya alasan-alasan lain seperti akhirnya tidak belajar, terlalu santai, dan lebih sering bermain.

Padahal sudah umum diketahui bahwa presentasi diterimanya siswa pada jalur SNMPTN tak pernah lebih dari 20% tiap tahun. Pada tahun 2020 saja, dari 489.601 pendaftar, hanya 96.496 siswa yang berhasil lolos. Bayangkan apa jadinya jika kalian menjadi salah satu dari 393.105 siswa yang gagal tanpa persiapan matang karena berharap pada jalur ini.

Terlalu Santai

Salah satu penyebab dari timbulnya rasa ini adalah berharap jalur undangan tadi. Bisa juga karena kemalasan yang terus timbul dalam diri kita. Ketika terlalu santai, kita tidak akan berusaha untuk bagaimana bisa tembus UTBK. Rasa santai ini juga menimbulkan keinginan menunda-nunda sesuatu. Menunda-nunda belajar, menunda ikut try out, menunda mencari informasi, hingga kalian mungkin akan tertinggal jauh dari pesaing kalian.

Jarang Ikut Try Out

Try out merupakan hal penting yang dapat kamu lakukan untuk persiapan UTBK SBMPTN. Mengikuti try out akan membuat kamu tau seberapa jauh kemampuanmu dalam menghadapi UTBK. Selain itu, try out juga dapat menjadi ajang simulasi ujian. Sehingga saat ujian, kalian tidak lagi ragu, karena sudah mengalami beberapa kali simulasi sebelumnya.

Tidak Paham Medan Persaingan

Walau tidak boleh dijadikan sebagai acuan utama, keketatan jurusan yang kalian pilih dapat dijadikan sebagai pemacu semangat dan melihat seberapa ketat kalian akan bersaing. Jika sudah tau bahwa jurusan yang kalian pilih adalah jurusan dengan keketatan yang tinggi, tentunya harus kalian perjuangkan dengan baik. Jika tidak diperjuangkan dengan baik, maka jangan heran kenapa kalian gagal kelak.

 

Baca juga :  

Tidak Update Informasi

Jangan pernah malas mencari informasi! Apalagi dalam kondisi pandemi seperti sekarang, hal teknis yang resmi dari LTMPT pun kerap kali berubah. Pada tahun 2020 saja, hari ujian berkali-kali diubah sehingga menuai banyak protes dari  peserta. Update informasi juga akan membuatmu mengetahui berbagai informasi penting seperti pengumuman khusus dari pusat UTBK kalian, isu terkini tentang UTBK yang sedang berkembang, dan mungkin juga hal teknis terbaru dari panitia UTBK.

 

Nah itu tadi 5 hal yang dapat membuat kalian sulit tembus UTBK. Pastikan kalian menghindari hal-hal tersebut agar berhasil lolos UTBK-SBMPTN ya! Semoga info dari minca bermanfaat.

Sekian dulu dari minca ya, Campuspedia Friends! Jangan lupa follow akun minca yang lain mulai dari , , , , , dan biar kamu gak ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *