5 CARA CEPAT BERADAPTASI DI KAMPUS BARU

5 CARA CEPAT BERADAPTASI DI KAMPUS BARU

Apakah kamu sudah siap menyambut kehidupan baru sebagai mahasiswa? Tentu saja menjadi mahasiswa baru adalah sesuatu yang telah kamu nantikan, bukan? Kuliah akan membuka dunia baru dan memberikan banyak pengalaman yang berharga. Di dunia perkuliahan, kamu akan dihadapkan pada tuntutan untuk dapat belajar mandiri dan beradaptasi dengan baik. Lalu, bagaimana cara agar dapat beradaptasi dengan cepat di kampus baru? Jika tertarik, yuk simak tips berikut ini.

Membuka diri dengan orang baru

Salah satu hal penting yang perlu diingat adalah kemampuan untuk terbuka dengan orang-orang baru. Coba ajak kenalan teman-teman baru yang kamu temui. Momen ospek mahasiswa baru bisa menjadi awal yang tepat untuk melakukannya. Bersikaplah ramah terhadap semua orang tanpa terkecuali, sehingga kamu bisa menjadi pribadi yang menyenangkan dan orang-orang akan senang memiliki teman seperti kamu. Dekatlah dengan orang-orang yang memberikan dampak positif, baik dalam hal akademik maupun sosial.

Aktif mencari tahu sistem belajar di kuliah

Kamu akan menemukan banyak hal baru saat memasuki dunia perkuliahan, seperti sistem SKS, IP, IPK, KRS, Semester Pendek, mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, dan sebagainya. Sistem belajar di kampus juga berbeda dengan di SMA karena lebih menekankan pada inisiatif dari mahasiswa. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari dosen atau senior yang kamu kenal jika kamu mengalami kesulitan atau bingung terhadap hal-hal baru tersebut.

Baca Juga : CARA MENGATASI TES LITERASI BAHASA INDONESIA UTBK-SNBT

Buat kesan yang baik pada dosen

Tipe dosen sangat beragam, Squad, ada yang sangat tegas dan ada yang sangat baik. Agar memberikan kesan pertama yang baik pada dosen, hindari terlambat masuk kelas atau mengumpulkan tugas terlambat. Tunjukkan sikap yang aktif dan penuh inisiatif selama kelas berlangsung agar kamu dapat dikenal lebih baik. Selesaikan semua tugas dengan baik dan jangan pernah mencoba untuk mencontek saat ujian. Kamu juga bisa mencoba untuk berbincang-bincang dengan dosen tentang mata kuliah atau hal-hal umum terkait pengalaman beliau.

Cari teman belajar atau buat kelompok belajar

Jangan sungkan untuk bekerja dalam kelompok bersama teman-teman yang sepadan denganmu. Dengan belajar bersama-sama, kamu akan mendapatkan wawasan tambahan dari teman-temanmu. Kamu dan anggota kelompok belajar bisa bertukar pendapat dan berbagi ilmu. Ketika ada tugas, kamu bisa menentukan pembagian tugas dengan jelas dan melakukan pengecekan bersama sebelum tugas dikumpulkan.

Baca Juga : Universitas Teknokrat Indonesia Beri Pelatihan TOEIC di SMKN 1 Braja Selebah Lampung Timur

Menjadi anggota organisasi kampus

Tak hanya dapat memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru, bergabung dengan organisasi di kampus akan meningkatkan jaringan pertemananmu. Terutama jika UKM atau organisasi yang kamu ikuti sesuai dengan hobi atau jurusanmu. Hal ini tentunya akan memudahkanmu dalam beradaptasi dan menjadikan kehidupan kampusmu semakin menyenangkan. ……..

Bagaimana kabar Squad? Sudah siap untuk menghadapi tantangan baru sebagai mahasiswa? Selama menjalani masa kuliah, kamu akan mempelajari banyak hal tentang keterampilan lunak (softskill) dan keterampilan keras (hardskill).

13 thoughts on “5 CARA CEPAT BERADAPTASI DI KAMPUS BARU

  1. You’re so awesome! I don’t believe I have read a single thing like that before. So great to find someone with some original thoughts on this topic. Really.. thank you for starting this up. This website is something that is needed on the internet, someone with a little originality!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *