Ciri-Ciri Anak Lolos SBMPTN – Setiap pejuang tentu ingin lolos seleksi kampus impian. Kerja keras dan doa terus diupayakan demi mencapai impian tersebut. Namun, seberapa paham kamu dengan jalan yang mendukung kesuksesan masing-masing? 

Banyak kesalahan yang mesti kamu pahami sebelum terjun dalam medan SBMPTN. Mau lolos PTN bukan? Ciri-ciri berikut sudah kamu punya? 

1. Setia kepada Mimpinya 

Adalah mereka yang telah menentukan prioritas utama, yaitu belajar SBMPTN dan meninggalkan urusan lainnya, seperti organisasi, komunitas, dan sebagainya. Prinsio mereka: FOKUS, FOKUS, FOKUS. 

Sudah semestinya hal tersebut dilakukan karena kalau benar-benar ingin lolos SBMPTN, pasti akan mengalokasikan waktu lebih banyak dalam persiapannya. Selain itu, mereka sudah membulatkan niat untuk mengambil jurusan pilihannya. 

2. Berani Keluar dari Zona Nyaman 

Masih banyak para pejuang yang enggan keluar dari zona nyaman. Misalnya masih enggan belajar dan lebih senang bermain atau mengabaikan belajar. Padahal persaingan SBMPTN yang sangat ketat tidak hanya membutuhkan perjuangan yang hebat, tetapi juga mental yang kuat. 

Mereka yang memilih untuk melawan arus ini adalah mereka yang akan LOLOS. Sekarang pilihan ada di tangan kamu, mau lolos SBMPTN bukan? 

3. Bukan Menghafal Rumus, tetapi Belajar Konsepnya 

SBMPTN bukan ujian hafalan, tetapi pemahaman. Mereka yang lulus memiliki pola belajar memahami konsep materi bukan menghafal rumus. Karena hal inilah yang sering diabaikan oleh para pejuang PTN, akhirnya mereka gagal mendapatkan kampus impian. 

Nah mulai sekarang menjelang UTBK, perkuat kembali konsep materi dan tingkatkan terus pemahamanmu. Jangan sampai hanya menghafal ya gais. 

4. Selain Belajar dengan Tekun, Mereka Tidak Cepat Puas dengan Nilai Tryout 

Hayo siapa yang masih suka insecure dengan nilai tryout? Apa kamu termasuk pejuang yang sangat mementingkan nilai tryout? Jika iya, segeralah beralih mindset untuk mengukur kemampuan dengan cara mengukur posisi kita di antara pejuang lain. 

Tryout hanya latihan. Jika nilainya rendah, jangan langsung terpuruk, tetapi segera evaluasi. Sebaliknya, jika hasilnya tinggi, jangan langsung puas. SBMPTN berpihak kepada mereka yang tekun dan tidak cepat puas. 

5. Mengatur Waktu dengan Optimal 

Mereka yang mampu memanajemen waktu dengan baik akan selalu mencapai target belajar mereka. Lebih banyak belajar, lebih banyak pemahaman, dan lebih berpeluang lolos SBMPTN. 

Dari sejumlah ciri-ciri anak lolos SBMPTN, kamukah orangnya? Yuk semangat berjuang demi kampus impian apa sih yang enggak? 🙂

Jangan lupa untuk follow akun , , , , ,  dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *