Halo sahabat Campuspedia! Gimana nih kabarnya? Khususnya kalian mahasiswa yang lagi sibuk dan bingung-bingungnya mencari magang. Atau bahkan saat ini tengah menjalani program magang. Kalian tahu sendiri bukan bahwa dengan mengikuti magang, selain menambah pengalaman, kalian juga sambil belajar. Jadi, kalian perlu tahu nih kira-kira apa saja sih hal-hal yang perlu kalian hindari ketika magang?

Baca juga:

Lalu, kenapa kamu harus menghindari hal-hal tersebut? Yang pasti karena apabila kamu melakukan hal-hal yang akan Minca sebutkan nanti, ilmu yang kamu dapatkan tidak akan maksimal. Oleh sebab itu, pastikan kamu menjalani program magang kamu dengan totalitas agar kamu bisa dapat ilmu yang bermanfaat juga ya!

Kalau begitu, kita simak informasinya di sini!

Tidak menerima dan meminta masukan

hindari ketika magang

Hal pertama yang harus dihindari ketika magang adalah kamu tidak meminta dan tidak ingin menerima masukan baik dari atasan mau pun teman magang kamu. Padahal magang adalah salah satu proses belajar yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan banyak perspektif baru dari orang lain. Apabila kamu ingin mendapat masukan di tempat magang, kamu bisa terlebih dahulu bertanya mengenai performa kinerjamu selama ini, atau apa saja hal yang perlu kamu perbaiki. Tidak perlu merasa tersinggung karena masukan tersebut yang akan membangun kamu menjadi lebih baik.

Tidak Ingin Mencoba Sebelum Bertanya

hindari ketika magang

Hal kedua yang harus dihindari ketika magang adalah jangan sampai terlalu banyak bertanya. Padahal kamu belum mencoba untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kamu terlalu takut mengambil langkah padahal sebenarnya masalah tersebut bisa kamu selesaikan sendiri sebelum bertanya kepada atasan.

Selama hal-hal tersebut tidak menimbulkan kesalahan fatal, maka ada baiknya kamu melakukan eksplorasi terlebih dahulu. Apabila kamu benar-benar tidak menemukan jawaban, kamu bisa bertanya sambil menjelaskan kondisi yang kamu alami saat itu. Eksplorasi juga salah satu proses belajar yang penting!

Baca juga:

Tidak Fokus dan Kurang Totalitas

hindari ketika magang

Hal yang ketiga adalah tidak fokus dan kurang totalitas dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Padahal, fokus adalah salah satu kunci untuk mendapatkan hasil terbaik loh! Dan juga, berusaha untuk totalitas di setiap pengerjaannya bisa membuat kamu terbiasa untuk selalu terampil bekerja. Jadi manfaatkan waktu magang kamu untuk selalu fokus dan totalitas ya! Siapa tahu, setelah magang selesai kamu bisa ditarik jadi karyawan karena keterampilan yang kamu miliki!

Kurang Komunikasi Dengan Orang Lain

hindari ketika magang

Hal keempat yang harus dihindari ketika magang adalah kurangnya komunikasi dengan karyawan lain. Padahal membangun relasi dan pertemanan di tempat magang sangat penting loh! Siapa tahu, teman magang kamu jadi salah satu orang yang bisa membantu kamu di dunia kerja kelak. Sehingga, pastikan untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan atasan maupun teman magang kamu ya!

Takut Menerima Tugas Baru

Hal terakhir yang dihindari ketika magang adalah takut menerima pekerjaan atau tugas baru. Di dunia kerja, segala hal berjalan secara fleksibel. Terkadang apa yang kita ingin kerjakan tidak bisa kita dapatkan, akibatnya kita harus mengerjakan hal lain. Oleh sebab itu, jangan pilih-pilih jenis kerja ketika magang. Beranilah dalam mencoba hal-hal baru, hitung-hitung menambah skill juga nih!

Baca juga:

Nah itu dia lima hal yang sebaiknya dan seharusnya kamu hindari ketika magang. Cobalah untuk memperbanyak inisiatif dan inovasi agar kamu juga bisa mengasah skill yang ada pada diri sendiri!

Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow , , , , , dan  supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *