Halo Campuspedia Friends! Siapa disini yang lagi menunggu kelulusan sarjana? Memang sih, waktu yang kamu miliki untuk menunggu kelulusan tuh cukup lama. Tapi, bukan berarti kamu bisa seenaknya leha-leha dan membuang-buang waktu ya.

Baca Juga:

Nah, sembari menunggu kelulusan sarjana, lebih baik kamu lakukan 5 hal penting berikut supaya kegiatanmu lebih berfaedah ya!

buat target universitas dan beasiswa Buat Target Universitas dan Beasiswa

Mungkin kamu sudah memiliki keinginan untuk melanjutkan studi S2 dan mencari beasiswa. Nah, selama menunggu waktu kelulusan, kamu bisa mulai kepoin beberapa universitas impianmu dan beasiswa yang pengen kamu coba.

Catat info-info pentingnya, seperti tanggal pembukaan, penutupan, dan dokumen apa saja yang diperlukan. Jadi, ketika nanti waktunya tiba untuk mendaftar, kamu tidak perlu repot mencari-cari lagi.

susun timeline studi atau kehidupanSusun Rencana Hidupmu

Sebenarnya, menyusun rencana kehidupan atau rencana studi itu bisa kamu lakukan bahkan sejak masih sekolah ya. Tujuannya supaya kamu memiliki goal yang lebih jelas sehingga kamu mampu untuk menyusun strategi yang tepat.

Nah, kamu bisa mulai membuat timeline setelah kamu kepoin universitas dan beasiswa impianmu. Kamu bisa menyusunnya sesuai tanggal pendaftarannya. Setelah itu, barulah kamu bisa menyusun strategi yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuanmu tersebut.

merapikan cv sembari menunggu kelulusan sarjanaRapikan CV, Yuk!

Kegiatan yang satu ini jangan dianggap sepele ya, Campuspedia Friends! Walaupun terdengar mudah dan sepele, namun efek yang diakibatkannya tidak main-main.

Baca Juga:

Selama kamu menunggu waktu kelulusan, ada baiknya kamu merapikan CV yang kamu miliki. Masukkan informasi yang penting saja dan relevan ke dalam CV mu. Kalau CV mu sudah lengkap dan disusun dengan baik kan, nantinya bisa memudahkan kamu dalam mengisi form aplikasi online.

cek kelengkapan data pribadiCek Kelengkapan Dokumen Identitas Diri

Ini juga sering dianggap sepele sehingga terkadang kita cenderung malas untuk melakukannya. Namun, penting lho untuk mulai merapikan kelengkapan dokumen identitas diri yang kamu miliki.

Dokumen-dokumen penting ini termasuk diantaranya: paspor, KTP, KK, dan akta kelahiran. Tujuannya simple, agar ketika nanti kamu kehilangan atau terdapat kesalahan data, kamu punya banyak waktu untuk memperbaikinya.

menunggu kelulusan dengan les bahasaLes Bahasa

Last but not least, yang tak kalah faedahnya adalah dengan belajar bahasa. Persiapan bahasa itu penting, apalagi kalau kamu berniat melanjutkan studi ke luar negeri. Tentunya juga, belajar bahasa itu bukan sesuatu yang bisa kamu lakukan secara instan.

Baca Juga:

Kamu harus mempersiapkannya dari jauh hari. Gimana lagi kalau bukan sembari menunggu waktu kelulusan sarjana, bukan?

Nah, kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk melakukan persiapan bahasa dengan ikut les bahasa. Kamu bisa mulai latihan untuk mengejar nilai IELTS, atau mungkin bahasa lain yang kamu minati.

Itu dia 5 hal penting yang bisa kamu lakukan sembari menunggu kelulusan sarjana. Jadi, gak ada lagi deh alasan buat gabut sambil menunggu kelulusan. Lebih baik diisi dengan kegiatan yang berfaedah kan?

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *