Hallo Campuspedia Friends! Apa kabar nih buat yang udah selesai melaksanakan UTBK? Semoga kabar baik dan udah lega ya akhirnya sudah menjalankan ujian yang sudah dipersiapkan sejak lama. Buat yang belum UTBK, keep going! Dan tetap semangat berjuang.

Banyak dari kalian pasti bingung nih dengan daily routine yang tiba-tiba terasa aneh setelah ujian. Biasanya pagi-pagi setelah bangun, mandi, sarapan langsung tancap gas try out – review – les tambahan buat UTBK. Tapi pas udah ujian, kadang pagi-pagi bingung mau ngapain karena udah terbiasa ngambis selama berbulan-bulan.

Banyak orang sadar betapa penting waktu untuk mempersiapkan UTBK dan bagaimana untuk beradaptasi di awal perkuliahan. Tanpa menyadari ada waktu emas antara ujian masuk perguruan tinggi dan masa-masa awal perkuliahan. Hal ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin tentunya untuk hal-hal yang bermanfaat mengingat durasinya yang cukup lama yakni berkisar antara 2 hingga 3 bulan.

Lalu apa sih minca yang sebaiknya kita lakuin untuk mengisi waktu itu?

Nah, Yuk! Simak tips dari minca berikut ini

  1. Self Reward

    Boleh lah yaa .. Seenggaknya buat menghargai perjuangan panjang kamu untuk persiapan ujian yang sangat melelahkan. Lakukan hal yang kamu suka yang nggak bisa dilakukan setahun terakhir setelah UTBK ini.

    YANG PERLU DI INGAT ! Kadang ada aja nih, self reward nya kebablasan jatuhnya malah buang-buang waktu bahkan uang. Walau kamu niatnya membahagiakan diri, ya ada waktunya untuk berhenti kan? 

    Terkadang, sesuatu yang berlebihan tidak selalu baik.

  2. Movie Marathon

    Ini salah satu bentuk self reward bagi kalian yang hobi nonton tapi tertunda karena sibuk mempersiapkan UTBK. List film yang selama ini cuma nempel di notes bisa ditonton satu persatu. 

    Tapi sekali lagi ingat, marathon boleh, kesehatan juga penting! Jangan sampai keterusan setiap hari. Lupa makan, lupa tidur, lupa olahraga. Fatal akibatnya nanti, Campuspedia Friends!

    Baca juga :

  3. Membaca Lebih Banyak Buku

    Sip!  Tujuan yang harus selalu dibangun dalam hidup adalah belajar. Dari buku kita bisa belajar banyak hal, menemukan hal baru, bahkan membuat kita bisa menciptakan sesuatu yang baru.

    Berbulan-bulan kebelakang mungkin seringkali kamu memaksakan diri membaca satu topik buku yakni ‘UTBK’. Untuk senggang waktu ini, baca buku yang ingin sekali kamu baca. Bisa saja fiksi kesukaan kamu yang udah berdebu dalam rak, atau komik favorit yang sudah lama mangkrak.

    Baca juga :

  4. Menambah Skill

    Sejalan dengan tujuan belajar tadi, ada banyak skill yang bisa dipelajari bahkan secara otodidak, bahkan kamu bisa loh curi start kuliahmu! 

    Wah iya, masa sih minca?

    Yup! Buat kamu yang belum tau, kurikulum prodi dari suatu kampus biasanya disampaikan secara terbuka di laman website mereka. Kamu bisa liat nih, semisal kamu udah keterima nanti (Aamin ..), apa yang bakal kamu pelajari.

    Dari situ kamu bisa curi start kuliah sehingga saat masuk nanti tidak terlalu mengalami culture shock. 

    Misal nih, ternyata di kurikulum tertulis bahwa kamu akan menerima mata kuliah algoritma dan pemrograman, kamu bisa start dengan otodidak minimal basic pemrograman. Banyak loh sekarang kelas gratis bahkan yang bersertifikasi dan bisa dilaksanakan #dirumahaja

     

    Baca Juga :

  5. Persiapan Cadangan Kampus

    Optimis dalam hasil UTBK memang hal yang baik dan sangat diperlukan. Akan tetapi ingat satu hal bahwa ‘rencana tidak tidak ada yang sempurna, apalagi rencana manusia. Akan tetapi rencana tersebut dapat selalu disempurnakan.’

    Buat beberapa planning mulai ujian mandiri PTN, ujian masuk perguruan tinggi swasta, hingga pembukaan sekolah kedinasan.

Baca juga :

 

Nah itu tadi 5 tips buat ngisi waktu luang antara waktu setelah UTBK dan adaptasi persiapan masuk kampus! Semoga bermanfaat dan membuat kamu termotivasi yah!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *