Halo sahabat Campuspedia! Apa kabarnya hari ini? Minca tahu banget banyak di antara kalian yang saat ini sudah menginjak usia 20 tahunan. Lalu, apa saja sih yang sudah kalian lakukan untuk meningkatkan kualitas diri untuk menjadi versi terbaik dari diri kalian sendiri? Kira-kira apakah kalian sudah memberikan yang terbaik untuk diri kalian sendiri? Kalau masih bingung, yuk kita baca-baca sebentar di sini. Karena Minca akan rangkum 5 hal yang perlu dilakukan pada usia 20-an, supaya kamu bisa mengembangkan diri dan lebih produktif. Yuk, simak informasinya di sini!

Baca juga:

1. Tentukan Prioritas

hal dilakukan usia 20

Hal pertama yang harus dilakukan saat menginjak usia 20-an adalah tentukan terlebih dahulu prioritasmu. Baik prioritas besar maupun kecil yang bisa dimulai dari kegiatan sehari-hari. Prioritas besar misalnya, kamu bisa mulai menentukan kira-kira ingin ke arah mana kamu menjalani hidupmu. Karir dan masa depan seperti apa yang ingin kamu jalani. Dari hal itu kamu bisa mulai menyusun perencanaan untuk bisa mencapai tujuan kamu.

Perencanaan yang sudah kamu buat juga bisa diaplikasikan melalui penentuan prioritas kecil. Seperti lebih dulu mana kegiatan yang harus kamu lakukan, main game atau mengerjakan tugas kuliah? Bertemu teman atau mengejar tugas magang? Semuanya terlihat simple dan sepele, tapi apabila kamu sudah memiliki perhitungan yang matang maka hal-hal tersebut akan membuahkan hasil.

2. Perdalam Bakat dan Kemampuan

hal dilakukan usia 20

Hal kedua yang harus dilakukan ketika menginjak usia 20 tahunan adalah mendalami dan meningkatkan skill yang ada pada diri kamu sendiri. Kini karena kamu sudah berada di usia matang dan dewasa, kamu sudah harus bisa menentukan kira-kira apa sih yang ingin kamu jual dari diri sendiri. Skill apa yang bisa kamu tonjolkan agar nantinya skill tersebut yang bisa membantu kamu dalam kehidupan selanjutnya.

Lalu bagaimana cara terbaik untuk meningkatkan skill yang kamu miliki? Kamu bisa mulai dengan belajar bersama dengan teman atau orang lain yang sama-sama memiliki ketertarikan dengan kamu. Atau bisa juga dengan mengikuti online course. Apapun hal yang kamu lakukan selama hal tersebut dan positif dan bermanfaat untuk diri sendiri, maka nggak ada salahnya untuk terus maju!

3. Kurangi Kegiatan Yang Kurang Bermanfaat

Yang ketiga, sudah saatnya kalian mengurangi kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat untuk diri kalian sendiri. Bukan menghilangkan waktu bermain atau refreshing, tetapi setidaknya kalian sudah harus bisa membagi waktu kalian menjadi lebih baik dan meminimalisir hal-hal yang tidak perlu.

Tentu saja bermain dan refreshing sangat penting karena hal tersebut dapat membantu kita agar tidak terlalu merasa stress. Tapi ada baiknya untuk memindahkan kegiatan-kegiatan tersebut ke waktu-waktu tertentu dimana waktu kalian yang lain bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat atau istirahat. Umur 20 bukan lagi waktunya untuk bermain-main, di titik inilah kalian sudah harus mulai tegas dan disiplin!

Baca juga:

4. Bangun Networking

Hal keempat yang harus dilakukan ketika berusia 20 tahunan adalah mulai bangun networking. Khususnya kamu yang belum pernah mengikuti organisasi atau jenis kepanitiaan apapun, kamu bisa nih mulai mencoba perluas relasi dengan mengikuti kegiatan-kegiatan di luar kampus. Misalnya dengan mengikuti volunteer, magang, freelance, atau ikut dengan tim kerja yang biasa aktif di akhir pekan. Misalnya menjadi salah satu anggota tim Wedding Organizer.

Meskipun magang, volunteer, atau pengalaman kerja yang kamu miliki itu tidak terlalu nyambung dengan prospek kerja yang kamu inginkan, kamu tetap bisa ambil ilmu lain. Yaitu ilmu pengalamand dan bagaimana cara bekerja di dalam tim. Jadi, manfaatkan peluang yang ada sebaik mungkin!

5. Bangun Personal Branding

Hal kelima yang bisa dilakukan pada saat usia 20 tahunan adalah membangun personal branding kamu sendiri. Apa sih personal branding itu? Personal branding adalah hal yang bisa kamu tonjolkan dari diri kamu yang bisa juga jadi nilai jual. Personal branding yang unik dan bagus akan membuat kamu diincar perusahaan, dan hal tersebut juga yang bisa membuat kamu lebih dikenali banyak orang.

Yang perlu kamu tahu, personal branding sangat penting untuk kamu-kamu yang sudah mau memulai persiapan karir. Jadi mulailah untuk membangun personal branding kamu sendiri, tentunya yang unik dan menarik ya!

Baca juga:

Nah, itu dia lima hal yang bisa kamu lakukan di usia 20 tahunan agar kamu bisa lebih produktif sekaligus meningkatkan kualitas diri sendiri. Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow , , , , , dan  supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *