5 MANFAAT KKN UNTUK MAHASISWA

5 MANFAAT KKN UNTUK MAHASISWA

KKN ialah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. KKN yang dimaksud di sini bukanlah Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme, tetapi Kuliah Kerja Nyata. Sebenarnya, KKN merupakan salah satu bentuk dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Selain pengajaran dan penelitian, pengabdian kepada masyarakat juga menjadi tanggung jawab perguruan tinggi. Oleh karena itu, KKN menjadi wajib bagi mahasiswa sebagai bentuk kontribusi dan pengalaman untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

Baca Juga : 5 CARA CEPAT BERADAPTASI DI KAMPUS BARU

Melatih Kepedulian Sosial

KKN akan membawa mahasiswa langsung ke masyarakat dan membuat mereka berinteraksi dengan warga setempat, yang artinya mahasiswa harus bersosialisasi dengan mereka. Jika sebelumnya kamu merasa kesulitan dalam bergaul dengan orang baru, KKN akan memaksa kamu untuk membuka diri dan berkenalan dengan banyak orang, bahkan mungkin dengan seluruh kampung.

Menumbuhkan Sikap Profesional

Dalam KKN, ada yang disebut sebagai Proker atau program kerja. Setiap kelompok KKN harus memiliki program kerja yang akan dilakukan di tempat tujuan mereka. Program kerja tersebut memiliki hubungan yang erat dengan perkembangan desa atau lokasi yang akan dituju. Ketika berhasil menjalankan program kerja yang telah disusun, hal ini menunjukkan bahwa profesionalisme mahasiswa telah mulai terasah.

Melatih Kemandirian

KKN dapat membantu kamu yang masih bergantung pada orang tua untuk menjadi lebih mandiri. Saat berada di lokasi KKN, kamu harus mempersiapkan segala kebutuhan sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Kamu tidak bisa meminta bantuan seperti, “Pak…Buuu…aku mau mandi. Tolong siapkan air hangat” kepada warga sekitar secara tiba-tiba.

Melatih Kerjasama


KNN tidak bisa dilakukan sendirian karena dilakukan dalam kelompok. Biasanya, kelompok KKN terdiri dari banyak anggota dan kemudian dibagi lagi menjadi kelompok kecil. Setiap kelompok kecil memiliki program kerja masing-masing. Contohnya, kelompok A membantu warga membuat saluran air, kelompok B membantu warga membangun akses jalan, dan kelompok C memberikan penyuluhan tentang pentingnya pendidikan.

Baca Juga : Universitas Teknokrat Indonesia Kunjungan ke Daerah Pesisir Barat, Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan

Melatih Kemampuan Problem Solving


Terkait program kerja, dengan bergabung dalam kelompok KKN, kamu dapat mengasah kemampuan dalam memecahkan masalah. Sebelum berangkat ke lokasi KKN, kamu seharusnya dapat melihat atau bertanya kepada warga tentang permasalahan apa yang sedang dialami oleh mereka. Tidak mungkin jika warga sekitar sedang mengalami masalah di bidang tertentu dan tidak diperhatikan oleh kelompok KKN.

Setelah mengetahui manfaat KKN, apakah KKN masih diperlukan di zaman sekarang? Jika diminta untuk melakukan KKN di suatu tempat, pastikan untuk melakukannya dengan baik dan tetap menjaga sopan santun. Jangan meremehkan adat istiadat di tempat tersebut hanya karena kamu berasal dari kota. Seperti pepatah mengatakan “Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”. Selamat menjadi mahasiswa dan tetap semangat dalam menjalankan KKN.

2 thoughts on “5 MANFAAT KKN UNTUK MAHASISWA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *