Hallo Campuspedia Friends! Walaupun kamu punya keinginan kuat dalam menggapai cita-cita. Setidaknya kamu pasti akan melewati tahap ujian. Ujian biasanya menjadi hal yang menakutkan bagi pesertanya. Tapi jangan takut, kalau kamu terus berusaha pasti kamu akan lancar menghadapinya. Minca ada tips metode belajar dari drama Korea God Of Study yang bisa kamu ikutin tipsnya.

Pada tahun 2010, drama Korea sempat menghadirkan drama berjudul God of Study. Drama ini merupakan adaptasi series Jepang yang berjudul Dragon Zakura. Drama ini menceritakan perjuangan sekelompok murid yang ingin lolos masuk perguruan tinggi Cheonha. Bisa dibilang itu perguruan tinggi paling favorit di Korea.

Nah, kelompok yang terdiri dari 5 orang ini pun sebenarnya berasal dari orang yang biasa-biasa saja. Dari yang selalu kerja part time, keluarganya gak kondusif, cuman mikirin makan dan menari, bahkan ada yang cuman ikut-ikutan jejak orang yang disukainya.

Karena belajar dari nol, kisah perjuangan mereka bisa kamu terapkan lho. Termasuk tips-tips belajarnya nih. Yuk simak tips metode belajar ala drama God Of Study!

Baca juga : 

1. Belajar seperti main tenis meja

drama god of study

Metode ini bisa kamu lakukan bareng teman nih. Istilah mudahnya yaitu metode saling tanya jawab. Jadi kamu memberi pertanyaan kepada temanmu, lalu temanmu harus menjawab dengan cepat. Ketika temanmu sudah menjawab benar, giliran temanmu yang memberi pertanyaan pada kamu. Siapa yang gak bisa jawab itulah yang kalah.

Kamu bisa lho menerapkan pada semua pelajaran, bahkan pelajaran hitungan sekalipun seperti di drama God of Study.

“Matematika adalah olahraga. Dasar dari sebuah rumus itu harus keluar secara refleks. Pecahkan soal matematika secara otomatis, spontan, dan sesuai ketentuan matematika.” – God of Study

2. Metode soal + jawabannya

tips belajar ujian

Ini cocok banget buat belajar materi hitungan. Kamu harus mempersiapkan lembar soal beserta lembar jawabannya secara terpisah. Tutup lembar jawabannya lalu coba kerjakan soalnya terlebih dahulu.
Kalau kamu gak bisa mengerjakan dalam 5 menit, kamu boleh lihat dan pahami jawabannya. Setelah kamu paham, coba kamu kerjain lagi tanpa melihat lembar jawaban.

3. Mind Mapping

metode belajar ujian

Mungkin beberapa kamu ada yang udah tahu atau bahkan sudah menerapkannya. Untuk merangkum materi yang banyak, kamu perlu sebuah trik nih. Nah, kamu bisa melakukan mind mapping.

Mind Mapping berupa poin-poin yang bisa kamu tulis dalam satu kertas dengan menggunakan kreativitas kamu. Misalnya kamu bisa menulis judul di tengah, dari judul yang ada di tengah itu kamu bisa membuat cabang-cabang yang nantinya kamu isi dengan poin materi tersebut.

Baca juga : 

4. Teknik Menghafal

teknik menghafal

Ketika kamu pusing karena hapalan gak ada yang masuk, ada beberapa tipsnya lho. Pertama, kamu bisa menggerakan badanmu saat menghapal. Kedua, saat menghapal lebih baik kamu mengucapkan keras-keras sambil mendengar suaramu sendiri, jadi usahakan gak ada orang ya disekelilingmu biar gak menggangu. Ketiga, kamu bisa nih mengubah kalimat materi menjadi lagu. Dijaminkamu bakal lebih cepat menghapal.

5. Belajar bukan untuk ujian, tapi untuk kehidupan

Belajar bukan untuk ujian, tapi untuk kehidupan

Terkadang ada kalanya kamu menunda-nunda belajar yang mengakibatkan kamu melakukan sks (sistem kebut semalam). Pasti kamu pernah berpikir “masih lama ujiannya” kan? asal kamu tahu, justru pikiran inilah yang bisa menghambat proses belajar kamu. Karena merasa waktu masih lama jadi menunda-nunda, tak terasa waktu pun berlalu.

Untuk itu kamu harus mengubah mindset kamu. Belajar itu bukan hanya untuk ujian, tapi juga untuk kehidupan sehari-hari. Kehidupan manusia itu penuh dengan suatu permasalahan, makanya bisa ada materi pelajaran. Misalkan matematika. Matematika bisa ada itu untuk menyelesaikan masalah kehidupan manusia, seperti dalam membangun gedung diperlukan hitungan akurat agar gedung itu tidak roboh.

Baca juga : 

Itulah 5 tips metode belajar dari drama God of Study. Sebenarnya ada banyak metode belajar yang bisa kamu pelajari. Tapi walaupun begitu, kalau kamu gak ada usaha atau gak ngelakuin sama sekali itu sama aja bohong. Jadi tetap semangat ya belajarnya!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *