Halo Campuspedia Friends! Pasti udah gak asing lagi sama yang namanya lomba debat ya, entah mau yang bahasa Indonesia maupun yang bahasa Inggris. Tapi pernah gak sih kamu bingung gimana ya tips biar bisa menang lomba debat?

Baca Juga:

Nah tenang aja, Campuspedia Friends! Soalnya kali ini bakal dikupas beberapa tips menang lomba debat anti gagal. Semoga bisa bermanfaat ya!

persiapan lomba debatKnowledge is Power

Pastinya kalau mau mengikuti lomba debat, tips biar bisa menang lomba debat anti gagal ya kamu harus memiliki wawasan yang luas.

Karena wawasan yang luas adalah kunci utamanya. Dengan memiliki wawasan yang luas, otakmu akan mampu untuk berpikir secara kritis sehingga mampu untuk memberi sanggahan kepada pihak lawan. Maka dari itu, yuk perluas dulu wawasanmu biar makin pede saat ikut lomba debat!

Tentukan Jenis Debatmu

Tips yang kedua adalah tentukan dulu nih jenis debatmu. Karena beda jenis, beda pula strukturnya dan dalam struktur tersebut kamu harus bisa membuat kerangka debat yang sesuai. Nah, umumnya ada 2 jenis debat nih yang sering digunakan:

  1. Debat Antar Tim

Ini menjadi bentuk yang paling umum digunakan. Pada sesi pertama, tiap tim memiliki 2 segmen untuk menyampaikan argumen terhadap topik yang diberikan. Kemudian pada sesi kedua, tiap tim diberikan 2 segmen untuk membantah argumen lawannya pada sesi pertama tadi.

  1. Perdebatan Lincoln-Douglas

Jenis yang satu ini memungkinkan satu pihak untuk berargumen , dan tim lain akan crosscheck argumen tersebut. Setelah itu tim kedua yang akan bergargumen dan gantian tim pertama yang crosscheck. Hingga akhirnya tiap tim diberi kesempatan untuk saling memberikan sanggahan terakhir.

Dengan memahami jenis debatmu, percaya deh debatmu nanti anti gagal!

Baca Juga:

Pahami Kerangka Kasusmu

Nah kalau tadi kamu kudu memahami jenis debatmu, sekarang kamu juga harus memahami kerangka pemaparan kasusmu.

Kasusmu adalah argument utamamu. Maka dari itu kamu harus paham betul poin-poin penting yang akan kamu angkat melalui bukti-bukti yang kamu miliki. Sebaiknya, kamu memiliki minimal 3 bukti yang dapat mendukung argumenmu.

Tips menang lomba debat yang bisa kamu coba nih, mulailah menyusun bukti yang paling kuat untuk kamu utarakan diawal. Kemudian bukti umum bisa kamu taruh ditengah-tengah. Hingga akhirnya bukti yang cukup kuat kamu keluarkan diakhir sebagai senjata pamungkasmu.

Namun selain itu, kamu juga bisa kok mengelompokkan bukti-bukti yang kamu miliki. Misalnya kamu bagi secara lingkup moral, hukum, sosial, dan sebagainya.

Kuasai Prinsip Dasar Membuat Kerangka Penulisan

Tips selanjutnya agar kamu menang lomba debat adalah dengan memahami kerangka penulisan yang tepat. Untuk itu, cobalah untuk mengikuti pedoman dasar berikut ini ya:

  1. Membagi informasi

Disini kamu bisa menaruh argumen sebagai poin utama. Kemudian bukti-bukti pendukung yang kamu miliki bisa ditaruh sebagai sub-poin.

  1. Gunakan simbol yang sesuai

Biasanya, poin utama akan ditulis dalam angka romawi (I, II, III), lalu sub-poin menggunakan huruf besar (A, B, C), dan turunannya dengan angka Arab (1, 2, 3).

  1. Jangan lupa indent

Indent adalah format penulisan yang menjorok ke dalam lima spasi, layaknya kamu menulis paragraph yang agak menjorok ke kanan. Nah, penggunaan indent ini akan membuat poin utamamu lebih terorganisir.

Baca Juga:

Siapin Beberapa Sanggahan Ya!

Tips menang lomba debat yang terakhir adalah tentunya menyiapkan beberapa sanggahan ya. Layaknya pepatah sedia payung sebelum hujan, dalam lomba debat kamu harus bersikap antisipatif juga.

Kamu harus mengantisipasi setiap argumen yang akan dilontarkan oleh pihak lawan. Kemudian siapkan beberapa cara berbeda ketika pihak lawanmu benar-benar mengutarakan argumen tersebut. Kemudian perhatikan dan cari sanggahan yang tepat untuk masing-masing argumen mereka. Ini tentunya akan memperkuat posisimu saat berdebat nanti.

Tentunya, last but not least, siapkan mentalmu ya. Ini tak kalah penting karena percuma saja kamu sudah menyiapkan segalanya dengan baik namun pada saat hari-H mentalmu ciut. Jadi persiapkan dulu mentalmu ya sebelum mengikuti lomba debat.

Jadi itu dia, Campuspedia Friends, 5 tips menang lomba debat anti gagal yang bisa kamu coba. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa juga untuk share ke teman-temanmu apalagi yang akan mengikuti lomba debat. Good luck!

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *