Cara meningkatkan daya ingat – Hallo Campuspedia Friends! Pernah gak sih kamu merasa otak udah eror saking mumetnya? Mau belajar malah gak ada yang masuk semua padahal besok ada ujian. Bisa jadi cara belajar yang kamu lakukan ada yang salah lho. Minca mau kasih tahu nih gimana cara memperkuat otak kamu biar ingatanmu semakin tajam. Jadi belajarmu semakin mudah deh!

Baca juga : 

1. Kurang-kurangin googling

Best Google Search Pictures [HD] | Download Free Images on Unsplash

Untuk mencari info yang gak kita tahu, emang paling gampang langsung tanya ke Google. Tapi kamu tahu gak sih kalau kamu terlalu sering mengandalkan Google, bisa-bisa gak ada informasi yang kamu serap lho. Soalnya semakin mudah kamu mendapat informasi, kamu bisa semakin cepat lupa sama informasi tersebut.

Kalau lewat Googling itu kan biasanya kita cuman baca sekilas aja ya. Hal yang kaya gitu yang bikin kita gampang lupa sama informasi tersebut. Makanya lebih disarankan kalau kamu sering membaca buku atau diskusi bareng teman. Dijamin otak lebih nangkep.

2. Stop multitasking

Premium Vector | Multitasking concept illustration

Banyak orang yang menganggap keren jika sudah melakukan multitasking. Tapi guys, stop buat multitasking! Memang multitasking itu berguna banget biar kerja lebih efisien, tapi ini juga ada dampak buruknya lho.

Ketika kamu melakukan multitasking, itu berarti kamu melakukan 2 atau lebih pekerjaan sekaligus. Yang artinya juga kamu harus membagi fokus kamu antara satu pekerjaan dengan pekerjaan lainnya. Hal kaya gini malah menurunkan performa kamu lho karena gak bisa maksimal di satu pekerjaan. Jadi lebih baik, selesaikan satu pekerjaan dulu baru lanjut pekerjaan selanjutnya.

3. Sesekali jalan kaki keluar

100+ Walking Pictures | Download Free Images on Unsplash

Kalau kamu males olahraga, coba deh keluar dengan jalan kaki. Faktanya, menurut penelitian jalan kaki secara rutin itu bisa menurunkan risiko penyakit demensia sampai 60% lho. Dengan jalan kaki sambil keliling kota pun bisa kamu hitung sebagai refreshing biar gak mumet. Atau malah lebih bagus kalau jalan-jalan di tempat-tempat penuh hijau tumbuhan. Makin adem pikiran gak tuh!

Baca juga : 

4. Belajar bahasa baru

350+ Study Pictures & Images [HQ] | Download Free Images & Stock Photos on Unsplash

Sebelum belajar bahasa baru, Minca mau ubah mindset kamu dulu. Jangan hanya karena umurmu sudah kelewat tua, kamu ngerasa sush buat belajar bahasa baru. Ini justru sebaliknya lho. Malah kamu bakal terlatih berlatih berpikir kritis meskipun gak muda lagi.

Menurut studi dari Swedia, kalau kamu mempelajari bahasa baru saat dewasa, itu akan membantu mengembangkan bagian-bagian otak yang terkait dengan ingatan dan pemikiran kognitif seperti cerebral cortex.

5. Sesekali melakukan yoga

cara meningkatkan daya ingat

Yoga memang terkenal banget sebagai olaharaga yang dapat menenangkan pikiran. Makanya kalau kamu merasa otakmu gak bisa ingat materi saking stresnya, sesekali deh lakuin yoga. Olahraga ini bisa membantu kamu meningkatkan fokus dan daya ingat lho.

Sekarang banyak kok video yoga yang beredar di Youtube, jadi kamu bisa ikutin deh gerakannya.

6. Tidur nyenyak dan jangan keseringan begadang

cara meningkatkan daya ingat

Tidur yang cukup tentunya sangat dibutuhkan buat kesehatan tubuh kamu, terutama bagian otak. Saat kamu tidur, otak akan membersihkan racun-racun yang berpotensi menggangu sambil membentuk jaringan-jaringan baru antar neuron yang ada di otak.

Nah, kalau kamu sering begadang atau waktu tidurmu gak cukup. Ya jangan harap deh otak bisa melakukan proses tersebut. Kamu juga sering jadi gak fokus kan kalau lagi keadaan ngantuk?

Baca juga : 

Itulah tips atau cara meningkatkan daya ingat agar otakmu semakin cerdas. Jangan lupa untuk follow akun , , , , ,   dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *