Halo sahabat Campuspedia! Gimana kabar hari ini? Apakah kalian sudah produktif dan bersemangat hari ini? Jangan sampai kecapekan, sakit, atau bahkan stress ya! Minca tahu banget nih di situasi yang serba online begini, rasa capek dan jenuh pasti sudah menjadi makanan sehari-hari dari mahasiswa. Motivasi mungkin adalah salah satu hal yang paling kalian butuhkan saat ini. Yuk, simak beberapa motivasi yang mungkin bisa bantu kamu untuk melawan dan menghindari stress saat kuliah!

Baca juga:

Awali Hari Dengan Produktif

motivasi kuliah

Kegiatan yang bisa jadi motivasi kuliah yang pertama adalah mengawali hari dengan keproduktifan, cobalah untuk selalu mengawali hari dengan produktif. Produktif yang seperti apa tuh ya kira-kira? Kamu bisa mulai dengan bangun di pagi hari, karena biasanya kalau kita bangun di siang hari, rasa malas akan lebih mendominasi ketimbang rasa semangat. Oleh sebab itu, mulailah untuk membiasakan diri bangun di pagi hari.

Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan memulai kegiatan-kegiatan ringan, seperti olahraga ringan, menyapu, bersih-bersih rumah, dan lain-lain. Pokoknya, sebisa mungkin manfaatkan waktu kalian di pagi hari untuk kegiatan-kegiatan yang produktif. Karena biasanya apabila kamu mengawali hari dengan kegiatan produktif, maka kamu bisa lebih produktif dalam satu hari tersebut. Kamu akan merasa sayang apabila menghabiskan waktu untuk hal-hal yang kurang bermanfaat.

Ingat Tujuan Kamu Berkuliah

motivasi kuliah

Kegiatan yang bisa jadi motivasi kuliah yang kedua adalah selalu ingat sebenarnya apa sih tujuan kamu selama ini ketika berkuliah? Tentu saja untuk mencari ilmu bukan? Nah, jadikan hal tersebut sebagai pedoman hidup kamu ketika sedang merasa lelah dan malas. Intinya, jangan sampai kamu menyia-nyiakan penjelasan yang sudah diberikan oleh dosenmu hanya karena rasa ngantuk dan malas menyerang.

Mulailah dengan tetap serius saat kuliah online sedang berlangsung, duduk yang tegak dan perbanyak minum air putih agar tetap fokus selama kuliah berlangsung. Cobalah untuk membuat catatan dan mendengarkan penjelasan dosen dengan seksama agar lebih bersemangat dalam mengikuti perkuliahan!

Berikan Reward Pada Diri Sendiri

Kegiatan yang bisa dijadikan motivasi selanjutnya adalah dengan memberikan reward pada diri sendiri. Memberikan hadiah atau penghargaan merupakan salah satu bentuk kasih sayang pada diri sendiri. Dan menurut Minca, hal ini penting banget!

Reward setiap orang cenderung berbeda-beda, ada yang memberikan reward dengan berupa jalan-jalan, makan besar, istirahat, tidur, nonton drama, dan lain-lain. Yang jelas sesuaikan saja dengan kebutuhan dan keinginan kamu.

Baca juga:

Selalu Syukuri Apa Yang Kamu Miliki

Kegiatan yang bisa menjadi motivasi untuk kuliah adalah cobalah untuk selalu mensyukuri segala hal yang sudah kamu miliki saat ini. Memang membanding-bandingkan diri sendiri merupakan hal yang tidak seharusnya dilakukan. Tetapi untuk urusan bersyukur, kita memang harus selalu melihat orang yang mungkin belum seberuntung kita.

Bisa duduk di bangku kuliah adalah salah satu hal yang wajib kita syukuri, karena di luar sana masih banyak orang yang belum bisa menerima pendidikan dengan layak. Oleh sebab itu, kita harus banyak-banyak bersyukur dan bekerja keras. Sehingga kita bisa membangun dunia yang lebih baik untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

Lihat Perkembangan Diri Sendiri

Kegiatan positif yang bisa jadi motivasi untuk kuliah adalah selalu lihat perkembangan diri sendiri. Boleh kita jadikan pencapaian orang lain sebagai pacuan dan motivasi diri, tapi jangan terlalu berlebihan. Karena sejatinya kemampuan tiap orang berbeda-beda, termasuk Minca dan kamu. Sehingga kita juga tidak bisa membandingkan pencapaian kita dengan orang pencapaian orang lain.

Coba bandingkan saja pencapaian kita saat ini dengan pencapaian kita 6 bulan lalu. Sudah jauh berkembang bukan? Dengan selalu melakukan refleksi dan berkaca pada pencapaian kita sebelum-sebelumnya, hal itu juga akan membantu kita untuk terus berkembang dan semangat. Say NO to insecurities!

Jangan Tunda Pekerjaan

Kegiatan yang terakhir adalah jangan menunda-nunda pekerjaan. Kalau pengalaman dari Minca sendiri sih, ketika kita mulai menunda pekerjaan, justru hal tersebut akan menambah beban pada mental kita loh. Karena tidak segera dikerjakan, pekerjaan yang masih kosong itu berlalu lalang di pikiran kita.

Selain itu, ketika sudah mendekati deadline, akan banyak tugas yang menumpuk dan jelas saja hal tersebut akan menambah beban pikiran kita. Oleh sebab itu, usahakan jangan menunda-nunda pekerjaan kamu ya! Sebisa mungkin sedikit demi sedikit mencicil tugas-tugas tersebut!

Nah, itu dia 6 kegiatan positif yang bisa jadi motivasi untuk kuliah kamu. Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan!

Baca juga: 

Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow , , , , , dan  supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *