Halo Sahabat Campuspedia! Kamu tahu nggak sih, kalau selain STAN ada banyak sekolah kedinasan lain yang ada di Indonesia. Sama seperti STAN, setelah lulus dari sekolah kedinasan tersebut kamu akan berkesempatan untuk bekerja mengabdi kepada negara Indonesia.

Baca juga:

Sekolah-sekolah tersebut memberikan kesempatan bagi siswanya untuk mendapatkan pendidikan secara gratis. Selain itu, siswanya juga dijamin akan bekerja dalam ikatan dinas sehingga tidak perlu repot dan pusing mencari pekerjaan. Kamu berminat, yuk simak sekolah-sekolah kedinasan yang ada di Indonesia disini!

1. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)

Kalau bicara tentang sekolah kedinasan yang ada di Indonesia, sudah jelas pasti nama STAN adalah yang melintas di kepala kebanyakan orang. Sesuai dengan namanya, STAN berfokus pada bidang akuntansi dan sejenisnya. Ada juga program studi mengenai ekonomi, perpajakan, hingga bea cukai.

Masing-masing program studi tersebut memiliki fokusan masing-masing yang nanti akan disesuaikan dengan jenis keprofresian yang ada. STAN sendiri terdiri dari program D1 dan D3.

2. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)

Pilihan sekolah kedinasan yang kedua adalah STIN alias Sekolah Tinggi Intelijen Negara. STIN sendiri berdiri di bawah naungan dari Badan Intelijen Negara (BIN). Sama seperti namanya yaitu intelijen, fokusan dari sekolah ini adalah untuk membentuk siswa-siswi yang nantinya siap terjun ke dunia intelijen.

Ada dua jurusan yang bisa dipilih di dalam sekolah kedinasan ini, yaitu jurusan Agen dan jurusan Intelijen Negara. Total lamanya studi adalah selama 4 tahun, dan saat lulus kamu akan mendapatkan gelar S.In.

3. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistika)

Sekolah kedinasan di Indonesia selanjutkan adalah Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS). Ada 2 jurusan yang dapat kamu pilih di STIS ini, yaitu Statistika dan jurusan Komputasi Statistik. Untuk jurusan Statistika terdiri dari D3 dan D4, sementara itu untuk Komputasi Statistik hanya ada D4.

Sama seperti sekolah kedinasan lainnya, ketika kamu lulus dari STIS maka alumninya biasanya akan diangkat menjadi CPNS. Sehingga kamu tidak perlu terlalu pusing memikirkan ingin kerja dimana. Tapi jangan salah, belajar statistika itu cukup sulit loh.

Baca juga:

4. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

Sekolah kedinasan di Indonesia yang keempat adalah STSN alias Sekolah Tinggi Sandi Negara. Mengingat namanya yang ada sandi-sandinya, disini kamu jelas akan mempelajari mengenai persandian seperti kemananan data dan internet. STSN ini berada di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Ada 2 program studi yang disediakan oleh sekolah kedinasan ini, yaitu Manajemen Persandian dan Teknik Persandian. Dengan masing-masing lama pendidikan sebanyak 4 tahun.

5. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

Selanjutnya adalah STMKG alias Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, nama yang cukup panjang dan rumit ya. STMKG ini berada di bawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang pastinya sudah sangat familiar bukan di telinga kalian.

Ada 4 jenis program studi yang disediakan yaitu Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi. Ketika lulus, kamu berkesempatan untuk menjadi PNS dan langsung bekerja di BMKG yang ada di seluruh Indonesia.

6. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Yang keenam adalah IPDN alias Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Sudah bisa dilihat dari namanya, IPDN ini memang berfokus dalam membentuk generasi yang siap dalam dunia pemerintahan. Dengan harapan dapat membentuk kader yang berkompetensi dan berkarakter yang siap melanjutkan pemerintahan negara.

Beberapa jurusan yang ada di dalam IPDN ini adalah Politik Pemerintahan, Manajemen Pemerintahan, dan Hukum Tata Pemerintahan. Sama seperti sekolah kedinasan lainnya, ketika lulus kamu berkesempatan menjadi CPNS dan bekerja di instansi pemerintahan.

Baca juga:

Nah, itu dia 6 sekolah kedinasan yang ada di Indonesia yang bisa kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan bidang studi. Tetap semangat dan jaga kesehatan dengan selalu mematuhi protokol kesehatan! Jangan lupa untuk follow , , , , , dan  supaya nggak ketinggalan berita dan informasi menarik yang selalu di-update setiap harinya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *