Pandemi Covid-19 membuat ruang gerakmu terbatas, sering diserang perasaan khawatir, cemas, hingga tertekan. Alhasil tubuhmu merespons hal tersebut hingga mengakibatkan stres. Nah berikut ini cara mengatasi stres di masa pandemi. Yuk disimak! 

1. Tetap Terhubung 

Meskipun ruang gerak kita terbatas, hal ini tidak menjadikanmu mengambil batasan dalam bersosialisasi. Sebab, pada hakikatnya kita adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Oleh karena itu, usahakan tetap terhubung dengan keluarga dan orang terdekatmu. 

Kamu bisa tetap terhubung dengan memanfaatkan aplikasi dan media online. Kamu tetap bisa bertukar pikiran dan yang tentu saja menghilangkan pikiran negatif dalam dirimu. Semoga cara mengatasi stres di masa pandemi ini bisa membantumu ya guys! 

2. Lakukan Hal yang Kamu Suka 

Kalau melakukan hobi, kamu tentu lebih senang bukan? Nah di masa pandemi ini kamu harus tetap menjaga hal-hal yang kamu suka. Meskipun di tengah kesibukan, sebisa mungkin jalani hal ini ya. Tujuannya tak lain agar kamu bisa meminimalisasi stres. 

Luangkanlah waktu untuk dirimu sendiri. Lakukan hal yang kamu suka sehingga kamu merasa nyaman di dalamnya. 

3. Selektif terhadap Informasi Menjadi Satu Cara Mengatasi Stres di Masa Pandemi 

Kita tidak bisa menghindari arus informasi dari pemberitaan di berbagai media. Yang bisa kita lakukan adalah berusaha selektif terhadap informasi yang ada. Begitu banyak informasi bisa memicu stres kamu. 

Oleh karenanya kamu harus selektif menangkap informasi yang berguna dan tidak. Jangan sampai sebuah info membuatmu overthnking hingga stress berat. Sebab menurut WHO, membaca terlalu banyak informasi bisa meningkatkan perasaan khawatir hingga berujung stres. 

Baca juga:

4. Olahraga Menjadi Cara Mengatasi Stres 

Mengurung diri di rumah saja pasti membuatmu bosan. Oleh karenanya, berolahraga di luar ruangan bisa menjadi pilihan ide baru yang sebaiknya kamu coba. Entah sekadar mencari suasana baru atau menikmati udara segar, coba lakukan olahraga kecil. 

Dengan berolahraga suasana hati atau mood kamu menjadi lebih baik. Selain itu, olahraga bisa menambah energi, membuatmu berpikir positif, dan lebih produktif. 

Baca juga:

5. Berhenti Membanding-bandingkan 

Banyak orang yang merasa sedih dan overthinking karena terlalu memikirkan apa yang hilang, apa yang mereka tidak punya. Sayangnya memikirkan hal tersebut membuat kita tidak melihat ada hal baik dalam hidup 

“Beberapa rasa sedih yang kita rasakan mungkin ada karena kita membandingkan masa depan dengan masa lalu. Jika kamu hanya melihat apa yang terjadi hari ini, kamu mungkin menyadari bahwa hidupmu tidak seburuk apa yang dipikirkan,” – Dr. Albers. 

6. Cara Mengatasi Stres dengan Memberi Jeda di Setiap Aktivitas 

Masa pandemi membuat kita memiliki rutinitas baru, seperti mencuci tangan dan menggunakan masker. Membiasakan kebiasaan baru ternyata membuat diri kita lelah. Namun kamu harus terus menerapkan hal tersebut demi kebaikan dirimu dan orang sekitarmu. 

Yang perlu kamu perhatikan adalah berilah jeda dalam setiap aktivitasmu. Jangan terus memaksakan diri hingga kamu stres. Tentu hal ini tidak baik untuk kesehatanmu bukan? 

7. Tetap Melangkah ke Depan 

Berhentilah berkutat pada pikiran-pikiran burukmu yang malah membuatmu terus berada pada pola yang sama. Kamu harus pandai-pandai dalam memanfaatkan waktu luang agar tidak terus terjebak dalam berpikir berlebihan. 

Aturlah perasaanmu dengan baik sehingga kamu bisa meminimalisasi stres. Selanjutnya tataplah ke depan dan terus percaya diri. Kalau bukan kamu yang percaya bahwa kamu mampu, lantas bagaimana mau meyakinkan orang lain? Seimbangkan antara belajar dan berkembang dengan waktu untuk istirahat ya! 

Nah itulah cara mengatasi stres di masa pandemi. Kalau kamu punya cara lain, bisa sharing di kolom komentar ya. Jaga kesehatan fisik dan mentalmu! 

Kunjungi campuspedia melalui , dan . Jangan sampai ketinggalan info menarik lainnya! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *