1,400 total views, 2 views today
Tidak ada yang dapat meramalkan masa depan dengan pasti, termasuk orang-orang seperti cenayang atau dukun. Meskipun mereka dapat memberikan prediksi, tetapi hal tersebut tidak dapat dijamin kebenarannya. Sama halnya dengan masa depan yang akan dihadapi setelah menyelesaikan kuliah. Tidak semua lulusan dengan nilai terbaik akan langsung sukses di dunia kerja, dan juga tidak semua orang yang memiliki kesulitan dalam belajar akan gagal. Kepada para fresh graduate, apakah Anda akan sukses atau tidak tergantung sepenuhnya pada diri Anda sendiri.
Agar dapat bersaing di dunia kerja yang kompetitif, sebagai fresh graduate, Anda harus mempersiapkan diri dengan berbagai kemampuan yang diperlukan. Banyak pencari kerja yang terlalu fokus pada kemampuan teknis, padahal keahlian soft skill juga memiliki tingkat kepentingan yang sama. Sebagai contoh, lulusan MBA yang meraih nilai terbaik tidak selalu menjadi manajer yang paling sukses. Seiring berjalannya waktu, seorang fresh graduate juga harus memiliki kemampuan yang lebih bernilai dibandingkan dengan pelamar lainnya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui kemampuan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.
Daftar Isi
1.Digital Skill
Di zaman digital seperti sekarang, keahlian dalam hal digital sangatlah penting. Sudahkah Anda cukup mahir dalam hal teknologi? Namun, hal tersebut tidak berarti bahwa Anda harus memiliki semua perangkat teknologi terbaru. Selain mengikuti berita terbaru seputar teknologi, Anda juga harus memiliki inovasi kreatif yang sesuai dengan perkembangan masyarakat saat ini.
2.Communication Skil
Anda perlu memiliki kemampuan untuk beradaptasi dalam situasi yang berbeda, bisa menjadi pembicara maupun pendengar tergantung kebutuhan. Anda harus mampu mengkomunikasikan ide, sudut pandang, masukan, atau kritik dengan jelas tanpa menyerang pihak tertentu. Mendengar juga menjadi hal yang penting, karena dengan menjadi pendengar yang baik, Anda dapat memahami lingkungan sekitar. Keseimbangan antara kemampuan berbicara dan mendengar juga sangat diperlukan.
Baca Juga : 10 Kegiatan Selama Libur Semester
Kemampuan untuk berkolaborasi dengan orang lain, berkomunikasi dengan jelas, menerima arahan, dan lain sebagainya sangatlah penting. Selain untuk memperluas jaringan, kemampuan ini juga memungkinkan Anda untuk memahami harapan atasan tanpa harus dijelaskan secara rinci. Apakah Anda sudah siap untuk mengembangkan kemampuan tersebut?
3.Manajemen Konflik
Dalam perjalanan karir ke depan, kemungkinan besar Anda akan menghadapi berbagai tantangan, baik di tempat kerja maupun dalam diri Anda sendiri. Tidak jarang Anda mungkin merasa kurang cocok dengan rekan kerja atau atasan, atau merasa stres karena pekerjaan. Namun, jika Anda terlalu terbawa perasaan, hal ini dapat menjadi masalah yang berbahaya.
Kemampuan untuk menyelesaikan masalah sangatlah penting. Jika terjadi masalah, sebaiknya Anda segera mencari solusi terbaik untuk meningkatkan mood. Anda bisa mencoba beberapa hal seperti berjalan-jalan sejenak, mendengarkan lagu dari band favorit, minum kopi, atau mengobrol dengan teman dekat. Dengan menyelesaikan masalah yang ada, performa kerja Anda akan meningkat dan kontribusi yang diberikan juga akan lebih terasa.
4.Team Work
Kerja sama yang baik antar tim di dalam perusahaan sangat penting untuk kemajuan perusahaan tersebut. Mulai dari pekerja level rendah seperti office boy hingga direktur, semuanya saling melengkapi untuk membangun perusahaan. Kemampuan ini tidak boleh dianggap sepele, karena sangat berperan dalam lingkungan kerja. Banyak mahasiswa yang berpikir bahwa mereka dapat bekerja sendiri tanpa bantuan orang lain, namun ini adalah pemahaman yang salah. Tim kerja yang solid dapat memperkuat perusahaan. Bayangkan jika tidak ada kerja sama tim, bagaimana keadaan kantor bisa tercipta?
5.Pengambilan Keputusan
Kemampuan tersebut akan sangat penting saat menghadapi situasi yang mendesak di masa depan dalam perjalanan karier. Terkadang, dalam kondisi tertentu, aturan atau prosedur harus dikorbankan demi menyelesaikan masalah tersebut.
Kemampuan negosiasi dapat membantu dalam mengambil keputusan yang sukses, tetapi bukan berarti memaksakan kehendak. Sebaliknya, itu melibatkan mencari jalan keluar terbaik untuk kedua belah pihak.
6.Adaptif
Perubahan di dalam dunia kerja adalah hal yang biasa dan tidak dapat dihindari. Hal ini meliputi perubahan pada struktur organisasi, kebijakan, rekan kerja, tanggung jawab, dan sebagainya. Kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi yang berubah sangat penting agar kamu tetap dapat bekerja dengan optimal.
Zaman sekarang, ada empat generasi pekerja dalam dunia ketenagakerjaan: traditionalist, baby boomers, gen x, dan millennials. Kalau kamu paham bagaimana karakter keempat generasi tersebut, maka akan lebih mudah berkolaborasi dan saling mengerti dengan rekan kerja. Sekarang ini, sebuah modern workplace merupakan gabungan dari seluruhnya. Untuk jadi fresh graduate terpilih, kamu harus mampu berkolaborasi dengan seluruh pihak.
Baca Juga : Universitas Teknokrat Indonesia Gelar Kajian Rutin Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW
7.Cultur Fit
Setiap perusahaan memiliki kebudayaan sendiri yang ditentukan oleh berbagai faktor seperti jenis bisnis, visi perusahaan, penempatan produk, lokasi geografis, dan sebagainya. Kualifikasi akademik yang tinggi, prestasi yang mencolok, pengalaman berorganisasi yang luas, dan berbagai keahlian yang dimiliki tidak menjamin diterimanya seorang pelamar. Culture fit menjadi penentu utama dalam proses seleksi. Perusahaan akan mengevaluasi apakah pelamar memiliki nilai dan budaya yang sejalan dengan perusahaan.
Anda harus memiliki kualitas seperti jujur, mandiri, menghargai, inisiatif tinggi, dan kemampuan belajar cepat selain tujuh hal sebelumnya. Jika Anda bermimpi untuk bekerja di perusahaan internasional, berpikir global dapat menjadi keuntungan besar. Tunjukkan kepada perusahaan bahwa Anda memiliki gairah yang tinggi dan pantas dipilih daripada kandidat lainnya. Tingkatkan kualitas diri Anda dengan mengikuti seminar, bergabung dengan organisasi, dan mengambil kursus yang sesuai dengan minat Anda. Jadi, apakah Anda adalah kandidat yang dicari oleh perusahaan? Jika Anda memiliki semua soft skill di atas, perusahaan mana yang akan menolak Anda? Hehehe.
One thought on “7 Skill yang Harus Fresh Graduate Miliki”