Hallo Campuspedia Friends! Sejak PSBB atau kini disebut PPKM diberlakukan, kita sebagai mahasiswa atau semua kalangan harus bisa menyesuaikan diri dengan kegiatan serba online karena harus mendekam di rumah. Mulai dari kelas online, meeting online, sampai belanja online. Tapi karena itu jadi gak bagus nih buat tubuh kita karena kita jadi jarang gerak. Oleh karena itu Minca mau memberi tips olahraga ringan yang bisa dilakukan saat #DiRumahAja. Bagi yang malas olahraga juga bisa coba kok.

Baca juga : 

1. Berdiri setiap jamnya

berdiri

Gara-gara kelas online, kamu jadinya kebanyakan duduk. Bahkan mau ke dapur aja pasti males banget bukan? Tapi kalau lama-lama duduk gak bagus lho soalnya otot kaki jadi gak bisa berkontraksi dan gak bisa memompa darah secara efektif

Menurut American Journal of Epidemiology tahun 2010, duduk lebih dari 6 jam per hari bisa meningkatkan 48% risiko kematian pada pria dan 96% pada perempuan. Serem kan?

Jadi coba deh sesekali berdiri di setiap jamnya. Gak usah lama-lama, 10-15 menit juga cukup kok. Selain bagus itu aliran darah tubuhmu. Seenggaknya kamu gak pegel kan karena kelamaan duduk.

2. Jalan kaki 15 menit

jalan kaki

Walaupun harus stay di rumah, bukan berarti harus benar-benar di rumah. Maksud Minca disini, coba deh kamu jalan-jalan keliling kompleks atau sekitar rumahmu selama 15 menit. Selain menggerakkan badanmu, tubuhmu juga bisa menikmati manfaatnya sinar matahari. Asal kamu tahu, sinar matahari pagi sekitar pukul 9-10 pagi itu punya kandungan vitamin D yang bagus buat tulangmu. Tapi ingat ya, saat keluar jangan lupa pakai masker!

3. Naik turun tangga

tangga

Kalau kamu punya tangga di rumah, coba manfaatkan buat menggerakkan tubuhmu. Tentunya dengan naik turun tangga bisa memperlancar aliran darah pada kakimu. Kalau gak ada tangga, coba cari pijakan bertingkat dan anggaplah itu sebuah tangga.

4. Push up dan sit up

push up

Olahraga ringan paling standar yang sering dilakukan oleh semua orang. Olahraga ini memang punya banyak banget manfaatnya, seperti menguatkan otot perut dan tangan. Kamu bisa lakukan olahraga ini 10-15 menit aja. Kalau gak kuat apalagi kamu jarang olahraga, ya sekuat kamu aja.

5. Lari dengan satu lagu

 jogging

Kamu gak suka olahraga tapi suka dengerin musik? Mari kita gabungkan aja! Kata orang cara paling gampang bisa menyelesaikan hal yang paling gak kita suka adalah sembari melakukan hal yang kita sukai. Nah, lagu itu kan biasanya punya durasi waktu 3-4 menit, kalau kamu paling gak suka lari bisa nih dicoba lari sepanjang satu lagu itu terputar.

Baca juga : 

6. Beres-beres rumah

beres beres rumah

Hayo siapa yang jadi sering beres-beres rumah sejak pandemi? Beres-beres rumah jadi bisa jadi olahraga ringan #DiRumahAja yang bisa dilakukan saat masa pandemi lho. Mulai dari nyapu, ngepel, nyuci, atau bersih-bersih lainnya itu sudah membakar kalorimu. Atau kalau kamu punya pekarangan halaman, bisa sekalian juga tuh ngurus tanaman sekalian tubuhmu berjemur di bawah sinar matahari.

7. Ganti kursi jadi fitness ball

fitness ball

Daripada beli kursi kerja baru, coba beli fitness ball. Fitness ball itu bola udara yang bisa dipake di tempat fitnes gitu lho. Coba seimbangkan tubuhmu di atas fitness ball untuk merasakan otot perut, panggul, paha dan kaki mengencang. Kalau udah terbiasa, Bisa nih cari video di Youtube untuk melatih otot perut dengan lebih intensif dengan fitness ball.

8. Stretching saat lagi nonton film

watching

Sejak masa pandemi, orang-orang mulai beralih nonton film nih buat mengisi kegabutan mereka. Nah, kalau kamu salah satunya bisa lakukan stretching biar tubuhmu gak diam terus dan biar gak pegel karena kelamaan duduk.

9. Wall sits

 wall sits sport

Jadi cara melakukan wall sits yaitu bersandar ke dinding, majukan kaki ke depan lalu perlahan-lahan turunkan badan. Tetaplah bersandar dan buatlah posisi seolah-olah kamu lagi duduk di kursi. Tahan posisi ini selama 20-30 detik. Jika sudah merasa kuat, coba tingkatkan durasi hingga satu menit atau lebih. Lakukan ini selama 20 menit setiap harinya ya. Kalau kamu bosan, bisa kok taruh laptopmu buat nonton film atau sambil scroll hp buat cek sosmed.

Baca juga : 

Walaupun kita cuman #DiRumahAja, kamu harus tetap olahraga ringan ya! Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *