Yoga adalah praktik fisik yang telah diakui secara global berkat beragam manfaat yang ditawarkannya. Aktivitas ini tidak hanya berkontribusi pada peningkatan kesehatan mental dan pengurangan stres, tetapi juga mendukung fungsi jantung yang lebih baik, serta meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot serta sendi.

Baca Juga : Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) meraih akreditasi A

Meskipun banyak manfaat yang ditawarkan, terdapat pula risiko yang harus diperhatikan, terutama jika praktik yoga dilakukan secara sembarangan. Salah satu risiko tersebut adalah cedera otot. Berdasarkan data, sekitar 27 dari 76 laporan kasus cedera akibat yoga terkait dengan cedera otot. Cedera ini sering kali disebabkan oleh pemanasan yang tidak memadai, sehingga otot tidak cukup lentur sebelum melakukan gerakan yoga yang lebih intens. Untuk menghindari cedera, penting untuk memahami batasan tubuh dan tidak memaksakan diri pada posisi yang ekstrem.

Berikut adalah beberapa manfaat yoga:

  1. Meningkatkan Pernafasan Latihan yoga yang berfokus pada pengendalian nafas melalui teknik pernapasan dapat membantu meningkatkan kualitas pernapasan. Sebagian besar jenis yoga mengintegrasikan latihan pernapasan ini sebagai bagian dari praktik.
  2. Memperbaiki Postur Postur tubuh yang baik sangat berpengaruh terhadap berbagai sistem dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan, otot, peredaran darah, dan saraf. Dengan berlatih yoga, seseorang dapat memperbaiki postur, sehingga tubuh berfungsi secara optimal.
  3. Menurunkan Berat Badan Yoga dapat menjadi metode efektif untuk menurunkan berat badan jika dilakukan dengan konsisten. Latihan yoga secara teratur dapat membantu tubuh membakar kalori, membentuk otot, dan mengurangi lemak.
  4. Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui praktik yoga, individu dapat mengeksplorasi sisi lain dari diri mereka, yang membantu meningkatkan rasa percaya diri. Yoga juga memfasilitasi kenyamanan diri dan mendorong pendekatan positif terhadap kehidupan.
  5. Menurunkan Stres Yoga diakui sebagai teknik yang efektif dalam meredakan stres dan meningkatkan relaksasi, memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan mental.

Baca Juga : Rektor Universitas Teknokrat Ikuti Kegiatan Mentan dan Wakasal di Mako Lanal Lampung

Dengan memahami manfaat dan risiko yoga, individu dapat mempraktikannya dengan lebih bijak dan mendapatkan hasil yang optimal.

Penulis : Yohanes Willi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *