Operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) atau Whoosh kembali normal pada Kamis setelah gempa mengguncang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (18/9).

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memastikan seluruh jalur telah diperiksa secara menyeluruh dan dinyatakan aman untuk dilalui.

baca juga: Panduan Penting: Langkah-Langkah Penanganan Pertama Saat Digigit Anjing

Eva Chairunisa, General Manager Corporate Secretary KCIC, menyatakan bahwa pemeriksaan intensif telah dilakukan, meliputi jembatan, terowongan, dan jalur di atas tanah menggunakan kereta inspeksi yang dilengkapi sensor untuk mendeteksi potensi kerusakan.

Masyarakat diminta tidak khawatir karena seluruh pemeriksaan menggunakan teknologi tinggi untuk menjamin keselamatan perjalanan Whoosh.

Operasional kereta cepat Whoosh akan kembali dengan 48 perjalanan per hari, dimulai pukul 05.50 WIB dari Stasiun Tegalluar, Bandung, dan 06.40 WIB dari Stasiun Halim, Jakarta.

baca juga: Tim Robot Terbang Teknokrat Wakili Lampung pada Kontes Robot Terbang Indonesia Kemendikbudristek RI 2024

Penumpang yang perjalanannya dibatalkan akibat gempa bisa mendapatkan pengembalian 100 persen hingga Jumat (20/9), dengan pengembalian dana paling cepat 1 x 24 jam bagi yang memesan tiket melalui aplikasi Whoosh atau website KCIC.

Pemeriksaan keamanan dilakukan dengan kereta perawatan selama 4 jam pada Rabu (18/9) untuk memastikan tidak ada gangguan eksternal seperti longsoran batu atau tanah yang dapat mengganggu jalur kereta Whoosh sepanjang 144 km.

Seluruh jalur, termasuk jembatan sepanjang 82 km, 13 terowongan sepanjang 17 km, dan jalur di atas tanah sepanjang 42 km, telah diperiksa secara menyeluruh. Pada Rabu malam, kereta inspeksi CIT dijalankan untuk memverifikasi keamanan jalur dengan sensor yang mendeteksi kondisi prasarana secara langsung.

penulis: Winda ani sailyna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *