Hallo Campuspedia Friends! Tahukah kamu kalau kita saat ini menghadapi era baru yaitu era Society 5.0 setelah revolusi industri 4.0. Saat ini banyak perusahaan atau pekerjaan yang lebih membutuhkan bidang industri kreatif. Makanya banyak nih orang-orang yang mulai mencari jurusan kuliah di bidang industri kreatif.

Kenapa sih harus memilih jurusan di bidang industri kreatif? Kamu tahu kan kalau era revolusi industri 4.0 itu memfokuskan kepada AI atau kecerdasan buatan. Dimana bisa membuat para robot yang punya kecerdasan bisa mengambil alih manusia di masa depan.

Satu-satunya hal yang gak akan bisa tergantikan oleh robot adalah bidang kreatif karena sebuah kreatifitas manusia itu gak ada habisnya. Untuk itu, Minca ada rekomendasi jurusan yang relate di bidang industri kreatif nih.

Baca juga : 

1. Desain Komunikasi Visual

jurusan dkv

Jurusan DKV merupakan jurusan yang menjadi favorit banyak orang. Jurusan DKV nantinya akan mempelajari tentang bagaimana cara menyampaikan suatu pesan dengan menggunakan media visual. Kamu bakal dipenuhi sama kegiatan praktik untuk menciptakan karya desain di berbagai media, seperti poster, logo, ilustrasi, desain web, foto, video, animasi, dan sebagainya.

Lulusan DKV punya peluang kerja yang luas lho di industri kreatif. Bisa di agensi periklanan, pengembang web, start-up, humas di perusahaan, konsultan branding, dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa bekerja sebagai desainer lepas (freelance) dengan skill yang kamu punya.

2. Desain Grafis

desain grafis

Tahukah kamu kalau desain grafis adalah posisi yang paling dicari saat ini. Nah kalau mau mendalaminya mending masuk jurusannya langsung. Disini kamu akan mempelajari bagaimana menggunakan software desain seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator dan sejenisnya dengan elemen foto, font, warna, bentuk, ilustrasi, tekstur dan sebagainya.

3. Desain Interior

desain interior

Mungkin masih banyak yang belum tahu sama jurusan ini dan memang ketersediaan jurusan ini masih terbilang sedikit. Tapi sebenernya jurusan ini punya prospek bagus lho.

Jadi jurusan desain interior mempelajari tentang perancangan tata letak dalam ruangan, baik itu rumah, kantor, mall, hotel, layout display gerai, hingga tata panggung pertunjukan. Nantinya kamu bakal dibekali pengetahuan di bidang seni, psikologi, hingga ekonomi, sosial, dan politik. Kamu juga bisa bekerja sebagai konsultan hingga desainer interior sebuah acara lho. Lumayan tuh kalau kamu ketemu artis favoritmu secara gratis.

4. Penyiaran (Broadcasting)

broadcasting

Ketika mendengar jurusan ini pasti terlintas orang yang mengatur acara TV. Iyap, tugas dari lulusan ini memang akan mengurus acara program TV. Tapi kamu gak harus kerja di stasiun TV kok, soalnya kamu akan mempelajari bagaimana menciptakan suatu ide menjadi program untuk diproduksi dan disiarkan pada masyarakat melalui media massa. Jadi kamu bisa membuat program acara di media selain TV.

Kamu juga belajar mengenai cara tampil di depan layar kaca dan bagaimana proses di balik layar kaca. Cocok banget nih buat kamu yang komunikatif, kreatif, dan camera face.

Baca juga : 

5. Ilmu Komunikasi

ilmu komunikasi

Jurusan komunikasi bukan hanya soal cara berkomunikasi ada lho. Jurusan ini masih ada bidang lagi yang bahkan orang introvert pun bisa masuk. Contoh bidangnya seperti Jurnalistik, Public Relation, Periklanan (Advertising), dan lainnya. Gak cuman itu, kamu akan mempelajari cara menulis berita, public speaking, fotografi, membuat iklan, film, dan masih banyak lagi.

6. Televisi dan Film

televisi dan film

Ini juga mirip-mirip dengan broadcasting. Disini kamu akan mempelajari teknik-teknik dalam pembuatan film dan program siaran televisi. Selain itu, kamu akan belajar menulis skrip, tata kamera, produksi film dan program televisi, editing, membuat story board, penyuteradaraan, dan juga fotografi lho.

Jurusan ini cocok banget buat kamu yang ingin berkarier di sektor media, film dan pertelevisian, atau industri kreatif lainnya.

7. Seni Rupa Murni

seni rupa murni

Kalau kamu berjiwa seni harus masuk jurusan ini nih! kamu bakal mempelajari lebih luas lagi soal seni. Mulai dari cara berekspresi melalui melukis, seni grafis, seni pahat, kerajinan, dan sebagainya. Kuliah di jurusan ini juga akan mempelajari sejarah seni, komposisi, dan tematik dalam karya seni lho.

8. Desain Produk

desain produk

Kamu akan mempelajari bagaimana cara merencanakan dan merancang produk yang dapat memenuhi kebutuhan manusia. Jurusan ini juga dikenal dengan istilah Industrial Design. Kamu juga bakal dibekali pengetahuan mengenai proses pembelajaran penting, yaitu seni rupa baik dua atau tiga dimensi, rekayasa produk, ergonomi dan gaya hidup konsumen, dan proses desain.

Gak cuman estetika aja, kamu dituntut untuk terus berinovasi dan kreatif pada nilai kegunaan sebuah produk sehingga dapat menyelesaikan permasalahan manusia. Nantinya kamu akan membuat rancangan yang bisa pasarkan lho.

Baca juga : 

Itulah jurusan kuliang buat kamu yang mau terjun di bidang industri kreatif. Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *