Apa itu Metropolitan Area Network (MAN)

Apa itu Metropolitan Area Network (MAN)

 73,261 total views,  2 views today

Halo Sobat Teknokrat – Aapa itu Metropolitan Area Network (MAN), MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Maka pada kesempatan kali ini mimin akan bahas terkait Jaringan MAN dan kegunaannya

Jaringan Metropolitan Area Network (MAN)

Sebuah Metropolitan Area Network atau MAN adalah jaringan komputer yang lebih besar dari satu bangunan jaringan area lokal ( LAN ) tetapi terletak di satu wilayah geografis yang lebih kecil dari jaringan area luas ( WAN ). Umumnya, ini adalah beberapa LAN yang saling terhubung oleh koneksi backbone khusus. Ini juga dapat merujuk pada infrastruktur jaringan penggunaan publik di kota atau wilayah.

Baca Juga : Cara Menghubungkan PS4 dengan Kabel LAN

Jaringan Metropolitan Area Network (MAN) untuk organisasi

Jaringan area metropolitan secara tradisional mengacu pada jaringan data pribadi yang digunakan oleh satu organisasi di beberapa gedung atau oleh beberapa organisasi yang saling berhubungan di sekitar geografis yang sama. Ini lebih besar dari LAN di satu gedung tetapi tidak cukup besar untuk dianggap sebagai WAN. Ukurannya biasanya berkisar antara 5 kilometer hingga 50 km. Jika semua bangunan berada di satu bagian dari properti yang berdekatan, itu juga dapat dianggap sebagai jaringan kampus .

Umumnya, MAN cukup kecil sehingga koneksi data point-to-point, atau backbone, dibuat antara gedung atau ke pusat data colocation (colo) yang di hosting. Koneksi backbone ini dapat menggunakan berbagai teknologi tautan, termasuk Ethernet run, leased Dark fiber atau private fiber, Wi-Fi point-to-point, LAN nirkabel ( WLAN ), radio millimeter gelombang (MM wave) dan tautan radio gelombang mikro atau pribadi. jaringan 5G . Tautan yang dirutekan internet publik, seperti melalui jaringan pribadi virtual (VPN) atau cloud publik, tidak akan dianggap sebagai bagian dari MAN tetapi dapat dimasukkan dalam diagram MAN untuk kesederhanaan. Sistem yang dirancang dengan baik akan memiliki hubungan yang berlebihan antar lokasi.

MAN dapat menggunakan local exchange carrier (LEC) untuk menyediakan koneksi antara LAN dan dapat terhubung ke titik pertukaran internet untuk komunikasi berkecepatan tinggi antara MAN dan internet publik. Itu juga dapat terhubung ke vendor lain di pertukaran rekan atau ke vendor cloud, seperti dengan Amazon Web Services (AWS) Direct Connect .

Kelebihan dan Kekurangan Jaringan Metropolitan Area Network (MAN)

Keuntungan utama MAN dibandingkan WAN adalah bandwidth tinggi yang dimungkinkan oleh tautan khusus dari jaringan area metropolitan. Aplikasi MAN ini memberikan kecepatan yang lebih tinggi, dari 1 gigabit per detik hingga 100 Gbps, dan latensi yang lebih rendah daripada yang dimungkinkan melalui WAN. Karena organisasi mempertahankan kontrol koneksi, itu dapat menerapkan pembentukan lalu lintas dan peningkatan keamanan.

Kerugian dari MAN melalui WAN termasuk biaya yang berpotensi lebih tinggi, kompleksitas yang lebih besar dan logistik tambahan yang diperlukan untuk memelihara hubungan. MAN yang dirancang dengan baik juga akan memiliki koneksi yang berlebihan, membutuhkan setidaknya dua koneksi per gedung.

Penggunaan Jaringan Metropolitan Area Network (MAN)

Karena jaringan area metropolitan hanya mengacu pada ukuran relatif, itu juga dapat digunakan untuk menggambarkan jaringan publik atau pribadi yang mencoba menyediakan konektivitas yang mencakup seluruh area metropolitan. Dalam pengertian ini, MAN dapat dikaitkan erat dengan konsep kota pintar dalam beberapa cara berbeda:

  • MAN dapat berupa sejumlah besar interkoneksi swasta atau penyedia telekomunikasi antar organisasi.
  • MAN dapat berupa sistem Wi-Fi publik atau gratis yang disediakan untuk penduduk kota.
  • MAN dapat berupa jaringan yang digunakan oleh kota atau perusahaan untuk menghubungkan sistem pekerjaan umum dan perangkat internet of things (IoT) .

Seiring kemajuan teknologi dan semakin banyak perangkat yang saling terhubung, penggunaan jaringan area metropolitan akan terus meningkat. Beberapa juga menggunakan MAN untuk merujuk pada konektivitas internet berkecepatan tinggi di seluruh kota yang disediakan oleh teknologi seluler 5G, sementara potensi penggunaan MAN di masa depan adalah jaringan kendaraan otonom yang berbagi lokasi, lalu lintas, dan data tujuan di seluruh kota.

Contoh Jaringan Metropolitan Area Network (MAN)

Cisco Systems memiliki beberapa gedung yang terletak di tiga area berbeda di San Jose, California. Perusahaan menghubungkan situs-situs ini dengan menggali seratnya sendiri dan menyewa serat gelap dari perusahaan lain untuk membentuk jaringan area metropolitan tunggal.

CERN, Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir, memiliki beberapa bangunan di sebidang tanah di Jenewa dan menghubungkannya bersama-sama dengan serat optik ke dalam jaringan area kampus atau MAN.

New York City menyediakan akses Wi-Fi gratis untuk semua penghuni sebagai MAN tunggal yang besar. Ini juga menghubungkan lampu lalu lintas dan meteran parkir secara nirkabel sebagai jaringan area metropolitan.

Sebuah penyedia telekomunikasi di London menyewakan sambungan fiber. Banyak perusahaan menggunakan ini untuk interkoneksi, membentuk MAN besar.

Misi Kota Cerdas Nasional adalah program pemerintah India yang berupaya menyederhanakan komunikasi antara pemerintah, warga, dan sumber daya publik. Misi, yang awalnya mencakup 100 kota dan direncanakan selesai pada 2023, membutuhkan penggunaan MAN.

4 thoughts on “Apa itu Metropolitan Area Network (MAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux