Online Career Class 11 April 2021 akan membahas mengenai Affiliate Marketing nih. Salah satu profesi yang sangat menguntungkan bagi kamu kaum rebahan. Yuk simak apa aja yang dibahas dalam sesi Affiliate Marketing: The Most Skill of Digital Marketing in The New Era with Adelia Wulandari.

Apa itu Affiliate Marketing?

Affiliate Marketing adalah pemasaran/model iklan secara online dimana brands memberikan komisi ke pada pemasar/publisher baik secara individu atau perusahaan apabila seseorang melakukan pembelian melalui link publisher. Affiliate marketing merupakan bagian dari marketing yang fokusnya lebih ke promosi.

Baca Juga :

Struktur Affiliate Company

Dalam affiliate marketing ada dua pihak utama yang akan bekerja sama, yaitu

  1. Publisher

Pihak yang mempromosikan brand dengan link afiliasi untuk mendapatkan komisi dari transaksi yang terjadi. Dalam publisher terdiri dari Affiliate Manager yang tugasnya mengurusi strategi dan marketing untuk publisher, rata-rata semua tugas publiser di affiliate manager. Tujuan utama divisi ini adalah bagaimana  meningkatkan sales dari brand yang bersangkutan. Kemudian ada juga Partner Acquisition bertugas untuk mencari pemasar/publisher yang baru

  1. Advertiser

Pihak yang menggunakan affiliate marketing untuk memasarkan brand nya. Advertiser terdiri dari Bussiness Development yaitu tim yang khusus untuk mencari klien/brands. Account Executive bertugas mencari ide dan melakukan eksplorasi dari brand yang masuk di affiliate company

Baca Juga : 

Alur Kerja Affiliate Marketing

Untuk menjadi affiliate marketing berikut ini adalah tahapan yang harus dilakukan yaitu:

  1. Company/perseorangan melakukan pendaftaran affiliasi dan akan mendapatkan link affiliasi, untuk dipasang di web. Atau jika kamu memilih melalui media social maka akan mendapatkan banner.
  2. Kemudian publisher akan memasang link affiliasi di web, blog atau di media social
  3. Lalu menunggu pembeli yang akan melakukan pembelian melalui link yang di publish di website
  4. Jika pengunjung malakukan pembelian maka pihak brand akan melakukan validasi terhadap transaksi
  5. Jika transaksi valid maka publisher akan mendapatkan komisi.

Cara Mendapatkan Affiliate Mates

Dalam kelas ini kak Adelia juga membagikan cara bagaimana mendapatkan partner kemudian platform apa saja yang digunakan agar mendapat affiliates mates

  1. Linkedin

Awal-awal perkembangan affiliate marketing strategi mencari partner biasanya dilakukan di linkedin. Selain itu perusahaan-perusahaan yang menggunakan jasa afiliasi juga kebanyakan adalah perusahaan luar. Dengan linkedin jangkauan yang dilakukan akan semakin luas.

  1. Networking

Ketika masuk di dunia digital marketing perbanyaklah networking. Karena biasanya promosi bisa dilakukan dari mulut ke mulut. Koneksi menjadi hal penting karena bisa membantu marketing tanpa harus mengeluarkan dana besar.

  1. Online Talent Platform

Biasanya ada platform yang digunakan affiliate marketer seperti contoh glints. Kamu bisa coba-coba daftar dan lihat bagaimana harusnya affiliate mates itu.

  1. Event

Jika ada event tentang digital marketing dan free, boleh banget kamu join. Biasanya pas event perusahaan-perusahaan juga biasanya nyari talent.

Baca Juga : 

Pada sesi terakhir kak Adelia menutupnya dengan QnA dari peserta. Seru banget kan kelasnya? Banyak insight baru yang bisa kamu peroleh. So, buat kamu yang kepo dan ingin join bareng kami di kales-kelas online lainnya. Langsung aja klik link

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: 

Youtube: 

Twitter: 

OA Line: 

Facebook: 

LinkedIn: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *