JAKARTA (Sketsa.co) — Apa yang perlu dan harus dilakukan bagi pencari kerja asal Indonesia agar sukses diterima kerja di Korea Selatan atau Korea. Berikut adalah sejumlah langkah yang harus Anda lakukan:

Baca juga:

  1. Kuasai Bahasa Korea Sehari-hari: Menguasai bahasa Korea sangat penting bagi siapa pun yang ingin bekerja dan tinggal di Korea Selatan atau Korea. Mulailah belajar secara mandiri atau ikuti kursus untuk mengembangkan kemampuan bahasa Korea. Anda tidak perlu menjadi ahli sejak awal, namun paling tidak bisa berkomunikasi dalam percakapan sehari-hari.
  2. Pahami Budaya Korea: Sebelum memutuskan bekerja di Korea, penting untuk memahami budaya lokal. Ketahui bagaimana budaya kerja dan bersosialisasi di Korea. Pengetahuan tentang hal ini akan membantu Anda beradaptasi dengan lebih baik ketika bekerja di sana.
  3. Lakukan Riset yang Mendalam: Sebelum melamar, lakukan riset tentang bidang dan posisi yang Anda minati. Pelajari kualifikasi yang diperlukan, tugas-tugas pekerjaan, dan jenis perusahaan yang ingin Anda tujuan.
  4. Siapkan Dokumen Penting: Setiap industri di Korea memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Pastikan Anda memiliki dokumen-dokumen seperti visa kerja, sertifikat keahlian, ijazah, sertifikat bahasa, dan dokumen lainnya yang diperlukan.
  5. Latihan Wawancara Kerja: Jika Anda mendapatkan kesempatan wawancara, persiapkan diri dengan baik. Latih diri Anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dalam wawancara kerja dan pikirkan poin-poin penting yang ingin Anda sampaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *