Jakarta, CNN Indonesia – Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP, dilaporkan merasa khawatir tentang masa depan demokrasi setelah mendengar berita pengunduran diri Airlangga Hartarto dari kursi Ketua Umum Partai Golkar. Hasto Kristiyanto, Sekretaris Jenderal PDIP, mengungkapkan bahwa Megawati menyatakan keprihatinannya dan kekhawatirannya tentang dampak luas dari keputusan tersebut.

Hasto mengungkapkan, “Ibu Mega merasa prihatin dan sangat khawatir terhadap dampak yang mungkin terjadi pada demokrasi di masa depan,” saat konferensi pers Soekarno Run 2024 di Hotel Artotel Senayan, Jakarta, Minggu (11/8). Meski PDIP tidak akan campur tangan dalam urusan internal partai lain, Hasto mencatat bahwa mereka merasakan dampak dari pengalaman PDIP yang pernah diintervensi pada era Orde Baru.

Baca juga : Kuliner Provinsi Madura

Hasto juga memprediksi bahwa pengunduran diri Airlangga Hartarto dapat mengubah peta politik Pilkada Serentak 2024, terutama di tingkat provinsi.

Baca juga : Universitas Teknokrat Indonesia Jalin Kerjasama di Dunia Usaha dan Dunia Industri bersama PT Telkom Indonesia Lampung

Sebelumnya, Airlangga Hartarto mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi Ketua Umum Partai Golkar tanpa memberikan alasan rinci, hanya menyebut keputusannya untuk “menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan.”

Di sisi lain, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, menegaskan bahwa tidak ada intervensi eksternal terkait pengunduran diri Airlangga. “Pak Airlangga adalah sosok yang mandiri dan telah mempertimbangkan keputusan ini dengan matang demi kebaikan semua pihak,” ujar Doli di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (11/8).

Penulis : Riska Damaranti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *