AMD Menampilkan Prosesor Baru untuk Laptop dengan Klaim Kinerja Lebih Unggul daripada Apple M2 – Blog Teknokrat
AMD Menampilkan Prosesor Baru untuk Laptop dengan Klaim Kinerja Lebih Unggul daripada Apple M2

AMD Menampilkan Prosesor Baru untuk Laptop dengan Klaim Kinerja Lebih Unggul daripada Apple M2

 251 total views,  1 views today

Jakarta – Pada ajang CES 2023 yang berlangsung pada bulan Januari lalu, AMD secara resmi mengungkapkan seri prosesor terbaru mereka untuk laptop. Saat ini, perusahaan tersebut telah mengungkapkan informasi lebih rinci mengenai prosesor inovatif ini.

baca juga:Terobosan Hebat Apple: iPhone SE 2022 Siap Membuat Gebrakan di Dunia Teknologi Gadget!

Prosesor laptop baru yang disebut Ryzen 7040U adalah bagian dari seri terbaru ini. Prosesor ini dibuat dengan menggunakan teknologi silikon Phoenix yang diproduksi oleh TSMC dengan ukuran fabrikasi 4nm. Namun, elemen paling menonjol dari prosesor ini terletak pada inti kinerjanya, yang merupakan hasil kombinasi antara unit pemrosesan sentral (CPU) berbasis arsitektur Zen 4 dan unit pemrosesan grafis (GPU) berbasis arsitektur RDNA 3.

Harap dicatat bahwa chip Ryzen Z1 dan Z1 Extreme, yang ditujukan untuk konsol genggam, juga mengadopsi kombinasi arsitektur serupa.

Ryzen 7040U ditargetkan untuk laptop ultraportable, sehingga daya termal yang dikonsumsi (thermal design power/TDP) berkisar antara 15 hingga 30 watt. Prosesor ini memiliki varian inti CPU mulai dari empat inti dengan delapan thread (Ryzen 3 7440U) hingga delapan inti dengan enam belas thread (Ryzen 7 7840U), seperti yang dikutip dari Techspot melalui detikINET pada Senin (8/5/2023).

Rentang kecepatan clock prosesor ini berada antara 4,7 GHz hingga 5,1 GHz, yang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan kecepatan maksimal Ryzen Mobile 6000U yang mencapai 4,7 GHz. Untuk GPU, terdapat tiga pilihan yaitu Radeon 740M (dengan empat inti RDNA 3), Radeon 760M (dengan delapan inti RDNA 3), dan Radeon 780M (dengan dua belas inti RDNA 3).
Pilihan GPU paling kuat, yaitu Radeon 780M, memiliki potensi untuk memberikan kinerja gaming yang sangat baik, termasuk kemampuan untuk menjalankan game AAA modern pada resolusi 1080p dengan frame rate yang memadai.

Salah satu hal menarik adalah klaim AMD bahwa Ryzen 7840U memiliki kinerja yang lebih unggul dibandingkan dengan prosesor Apple M2, dengan selisih performa yang mencapai 75% pada berbagai pengujian yang tidak dijelaskan secara rinci.

Namun demikian, disayangkan AMD tidak memberikan perbandingan kinerja berdasarkan konsumsi daya, yang notabene merupakan salah satu keunggulan utama dari teknologi Apple Silicon, baik itu M1 maupun M2, dalam berbagai varian. Keunggulan tersebut adalah kemampuan untuk memberikan kinerja yang tinggi namun dengan konsumsi daya yang sangat rendah.

Konsumsi daya yang rendah menjadi faktor penting bagi chip yang digunakan dalam perangkat portabel seperti laptop, yang bergantung pada daya baterai sebagai sumber utama. Selain itu, konsumsi daya yang rendah juga berarti produksi panas yang dihasilkan lebih sedikit, sehingga sistem pendingin yang digunakan dapat lebih kompak.
Tak hanya itu, AMD juga percaya bahwa jajaran prosesor Ryzen 7040U ini memiliki performa yang lebih superior dibandingkan dengan jajaran prosesor Intel Raptor Lake-P. Secara spesifik, Ryzen 7840U diklaim memiliki performa yang 128% lebih tinggi daripada Core i7-1360P dalam berbagai pengujian aplikasi, termasuk Passmark 10, Mozilla Kraken, Blender, Cinebench R23, Handbrake, dan UL Procyon Office Productivity Benchmark.

sumber: klik disini

penulis:Nadia Septiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin