Halo Sobat Campuspedia? Bagi para pejuang kampus pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah Saintek dan Soshum. Nah, disini minca mau ngasih pencerahan terkait dengan kedua bidang tersebut. Yuk simak beberapa perbedeaan saintek dan soshum berikut ini!

Sains Vs Sosial

Sebelum membahas kedua bidang ini lebih dalam. Perlu kita pahami bersama kedua istilah tersebut. Saintek adalah singkatan dari Sains dan Teknologi. Dimana Sains dan Teknologi didefinisikan sebagai sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari proses dan cara kerja alam untuk meningkatkan taraf kehidupan manusia. Sedangkan Soshum adalah singkatan dari Sosial dan Humaniora. Sosial dan Humaniora adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok dengan lingkungannya. Lebih gampangnya Saintek adalah rumpun IPA sedangkan Soshum adalah rumpun IPS seperti pada saat SMA. So, beda banget bukan saintek dan soshum secara istilah?

Baca Juga :

Ilmu eksak Vs Ilmu dinamis

Secara keilmuan saintek dan soshum juga sangat berbeda. Saintek ialah ilmu eksak yang bersifat pasti. Jadi buat kamu yang menyukai sesuaitu yang bersifat pasti seperti matematika, biologi, fisika, dan kimia. Maka saintek cocok banget buat kamu untuk memilih jurusan kuliah. Namun lain halnya dengan soshmu. Soshum mempelajari ilmu-ilmu dinamis yang dapat berganti dan menyesuaikan dengan fenomena social yang terjadi. So, buat kamu yang menyukai tantangan yang dinamis, soshum bisa menjadi pilihan.

Baca Juga :

Prodi Saintek Vs Soshum

Untuk prodi saintek dan soshmu tentu banyak banget teman-teman. Disini minca bakal ngasi tau kamu secara garis besar. Tentu jika prodi saintek akan berbau tentang ilmu alam, sedangkan soshmu akan berbau tentang ilmu social. Berikut ini adalah prodi-prodi jurusan saintek dan soshum

Prodi bidang Saintek, diantaranya:

  1. Kedokteran
  2. Keperawatan
  3. Aktuaria
  4. Teknik
  5. Statistika
  6. Farmasi
  7. Jurusan ilmu alam (Fisika, Matematika, Biologi, Kimia)

Prodi bidang Soshum, diantaranya:

  1. Akuntansi
  2. Manajemen
  3. Hukum
  4. Ilmu Komunikasi
  5. Psikologi
  6. Hubungan Internasional
  7. Jurusan ilmu social (Ekonomi, Geografi, Sejarah, Antropologi)

Baca Juga :

So, gimana teman-teman udah tercerahkan belum sama minca? Buat kamu yang masih bingung milih jurusan apa. Minca punya info nih, akan diadakan webinar gratis tentang jurusan-jurusan. Selain itu Campuspedia juga secara rutin akan mengadakan live ig bedah jurusan. So, kepoin terus ig untuk info lengkapnya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: 

Youtube: 

Twitter: 

OA Line: 

Facebook: 

LinkedIn: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *