Paniknya Warga Jogja Digoyang Gempa M 5,8 Malam Ini: Langsung Lari

Gempa berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Gunungkidul, Yogyakarta, dan sekitarnya pada Senin, 26 Agustus 2024, pukul 19.59 WIB. Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, gempa ini bersumber dari Samudra Hindia, tepatnya di selatan Gunungkidul.

Episenter gempa ini terletak pada koordinat 8,85° LS dan 110,17° BT, sekitar 107 kilometer barat daya Gunungkidul dengan kedalaman 42 kilometer. Setelah dilakukan analisis lebih lanjut, BMKG memperbarui magnitudo gempa menjadi 5,5.

Baca Juga : (UPDATE) Breaking News: Gempa Bumi M 5,8 Guncang Yogyakarta

Gempa ini dikategorikan sebagai gempa dangkal yang diakibatkan oleh deformasi batuan di zona megathrust, sesuai dengan analisis mekanisme sumber yang menunjukkan pergerakan naik (thrust). BMKG juga mencatat adanya dua gempa susulan hingga pukul 20.20 WIB.

Baca Juga : Universitas Teknokrat Indonesia Luncurkan Metaschool SMA Al Kautsar, Sekolah Metaverse Pertama di Indonesia

Gempa ini dirasakan di wilayah Sleman, Yogyakarta, Kulon Progo, dan Bantul dengan skala intensitas III-IV MMI, yang pada siang hari dirasakan jelas oleh orang-orang di dalam rumah. Getaran juga terasa di wilayah Karangkates, Malang, Pacitan, Nganjuk, Trenggalek, Madiun, dan sekitarnya dengan skala intensitas II-III MMI, yang dirasakan seperti getaran truk melintas.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, menghindari bangunan yang retak atau rusak, serta memastikan rumah cukup tahan gempa sebelum kembali ke dalamnya. Informasi resmi terkait gempa hanya dapat diakses melalui kanal komunikasi BMKG yang terverifikasi seperti situs web, media sosial, dan aplikasi mobile.

Penulis : Tamara Putri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *