JAKARTA (Sketsa.co) — Mantan calon presiden Anies Baswedan menanggapi wacana bergabung dalam pemerintahan Prabowo-Gibran sebagai menteri dengan menyatakan bahwa dirinya tidak ingin berspekulasi tentang hal tersebut.

“Saya udah bilang kemarin, saya tidak berandai-andai, kalau saya jawab ‘tidak’,  nanti akan dibilang memangnya ditawarin? Saya bilang ‘ya’, memangnya ditawarin? Kan enggak,” ujar Anies ditemui usai acara Halalbihalal PKS di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, pada Sabtu, (27/4).

Meskipun begitu, Anies menyatakan bahwa ia tetap terbuka terhadap berbagai peluang setelah pilpres. Ia menegaskan bahwa ia akan terus memperjuangkan gagasan perubahan, tidak peduli posisi apa pun yang ia jalani ke depannya.

Pertanyaannya, seberapa besar peluang Anies Baswedan menjadi menteri di pemerintahan Presiden Prabowo-Wapres Gibran mendatang.

Baca juga:

  1. Anies itu bukan kader atau petugas partai manapun. Dia politisi soliter yg membangun karier politik lewat jalur kapasitas individual. Faktanya Anies berhasil menghimpun fans atau pendukung yang relatif besar. Dengan modal itu, Anies tentu bisa melakukan negosiasi personal dengan Prabowo.
  2. Harus diakui bahwa mayoritas pendukung Anies pada Pilpres 2024 adalah pendukung Prabowo pada Pilpres 2014 dan 2019. Ini artinya, di tingkat akar rumput (rakyat), relatif takkan ada resistensi berarti jika Anies jadi menteri di kabinet Prabowo.
  3. Tak bisa dipungkiri, pendukung Anies itu cenderung hanya tak suka dengan Jokowi dan Gibran. Namun mereka tidak menolak Prabowo.
  4. Dengan bergabung ke Prabowo, nama Anies tetap berkibar dan terjaga di orbit politik nasional. Dengannya, sangat mungkin Anies berpeluang besar untuk ikut kontestasi lagi di Pilpres 2029. Bukankah Prabowo juga menempuh rute serupa dengan bergabung ke pemerintahan Presiden Jokowi lebih dulu sebelum akhirnya terpilih sebagai presiden?
  5. Dengan latar belakang pendidikan doktor lulusan perguruan tinggi di Amerika Serikat plus keterampilannya berbicara/berdiplomasi, Anies tampaknya berpeluang untuk menempati pos menteri luar negeri.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *