Hallo Campuspedia Friends! Mendapat kesempatan dipanggil interview kerja adalah impian bagi para jobseeker. Rasa mendebarkan itu juga kadang menimbulkan kehausan informasi kepada pihak perekrut. Kamu segera  ingin tahu pengumuman apakah kamu berhasil atau harus menunggu kesempatan lain. Apalagi banyak perusahaan yang memutuskan untuk tidak memberikan informasi resmi, dan hanya memberi pengumuman secara pribadi pada peserta yang lolos seleksi. Tentu saja hal ini banyak membuat para jobseeker merasa overthinking akan pengumuman lolos interviewnya.Tapi tau ngga sih, bahwa kamu bisa melakukan follow up interview kerja.

Caranya dengan menanyakan kepada pihak perekrut tentang pengumuman selanjutnya tentang proses seleksimu. Walau begitu, kamu tidak bisa bertanya secara sembarangan. Simak tips dari minca untuk followup interview kerja. simak tips dari minca berikut, yuk! 

 

Baca juga :  

Gunakan Kesempatan Bertanya Saat Interview

Di akhir interview, biasanya recruiter memberikan kesempatan pada calon kandidat untuk bertanya sesuatu. Nah pada saat inilah kamu bisa menanyakan kelanjutan dari proses seleksi kerja. Pastikan kamu tau info mengenai tahap selanjutnya beserta waktu pelaksanaan, serta kapan kamu akan dihubungi kembali untuk kelanjutan seleksi.

Jangan Menghubungi Lagi Jika Belum Sampai Pada Tanggal yang Disebutkan Perekrut

Sebelum berjalan ke hal teknis dalam penyampaian follow up interview kerja, ada baiknya pastikan dulu kamu telah menunggu hingga tanggal yang telah disebutkan saat interview. Sebagai contoh saat sesi tanya jawab interview kamu sudah dijawab bahwa akan kembali dihubungi tanggal 13. Maka usahakan sebelum  tanggal 13, jangan melakukan follow up interview kerja secara langsung kepada mereka. Yang dapat kalian lakukan saat itu adalah memantau informasi umum yang disampaikan melalui platform perusahaan

Lakukan di Waktu Yang Tepat

Setelah memastikan langkah nomer 2 di atas, maka kalian tau kapan waktu yang tepat untuk melakukan follow up interview kerja. Yakni setelah melewati tanggal yang sudah diberitahukan. Selain itu, pastikan juga kamu menghubungi recruiter pada saat jam kerja dan bukan hari libur.

Sempatkan Berterima Kasih

Kamu dapat mengirim email singkat pada perekrut yang berisi ucapan terima kasih telah diberi kesempatan melaksanakan interview. Hal ini juga dapat menjadi reminder bagi para perekrut ataupun menyampaikan hasil usaha follow up interview kerja lewat balasan emailmu. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi poin plus lagi, apalagi jika kamu menyampaikan dengan bahasa yang baik juga sopa.

Contoh : 

Kepada [Bapak/Ibu]

Perkenalkan saya [namamu] dari calon kandidat [posisi yang kamu lamar] yang pada [tanggal interviewmu] melakukan interview kerja di perusahaan ini.

Sebelumnya saya berterima kasih atas kesempatan dan waktu yang diberikan untuk wawancara kemarin. Saya belajar banyak dari perusahaan [nama perusahaan yang kamu lamar] karenanya. Saya ingin menyampaikan bahwa saya sangat berantusias menantikan kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan.

Sekian ucapan terimakasih dari saya. Atas perhatian [Bapak/Ibu] saya ucapkan terimakasih.

[nama]

[titel]

[kontak yang dapat dihubungi]

 

Baca juga :  

Email Singkat Setelah Lewat Tanggal Yang Diberitahukan

Setelah melakukan reminder melalui email dengan tujuan berterima kasih, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengirim email yang berterus terang bertanya tentang kejelasan seleksi kerja. Eitss.. jangan lupa beri jarak waktu dari emailmu sebelumnya ya! Minimal 3 hari kerja.

Contoh :

Kepada [Bapak/Ibu recruiter,]

Perkenalkan saya [namamu] dari calon kandidat [posisi yang kamu lamar] yang pada [tanggal interviewmu] melakukan interview kerja di perusahaan ini.

Sebelumnya saya berterima kasih atas kesempatan yang diberikan dalam mengikuti seleksi kerja ini hingga tahap wawancara.Saya merasa berantusias untuk bergabung sebagai [kandidat yang kamu lamar].

Email ini saya kirimkan dikarenakan ingin menanyakan tentang kelanjutan dari proses interview yang dilaksanakan [tanggal kamu interview]. Apakah ada informasi lanjutan yang bisa diberikan tentang proses seleksi?

Saya ingin menyampaikan bahwa saya sangat menantikan kabar selanjutnya mengenai proses seleksi ini.

Demikian pesan dari saya. Atas perhatian [Bapak/Ibu recruiter] saya ucapkan terima kasih.

 

[nama]

[titel]

[kontak yang dapat dihubungi]

 

Nah itu tadi mengenai cara follow up interview kerja beserta contohnya. Jangan lupa untuk selalu mengecek kembali apa yang sudah kamu tulis ya!

 

Sekian dulu dari minca ya, Campuspedia Friends! Jangan lupa follow akun minca yang lain mulai dari , , , , , dan biar kamu gak ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *