Apa Itu Monday Blues? Kenali Penyebab, Ciri ciri & Tips Mengatasinya – Blog Teknokrat
Apa Itu Monday Blues? Kenali Penyebab, Ciri ciri & Tips Mengatasinya

Apa Itu Monday Blues? Kenali Penyebab, Ciri ciri & Tips Mengatasinya

 2,513 total views,  1 views today

Apakah seringkali kamu merasa cemas, sedih, atau enggan menjelang hari Senin, bahkan setelah libur panjang? Jika iya, maka kamu mungkin sedang mengalami Monday Blues Syndrome. Hal ini terjadi ketika kita merasa negatif dalam menghadapi hari Senin setelah akhir pekan.

Monday Blues dapat dirasakan oleh semua orang, termasuk anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Memang wajar jika kamu mengalami Monday Blues sesekali, tetapi jika hal ini terjadi setiap minggu, ada baiknya mencari tahu penyebabnya dan mencoba mengatasi masalah tersebut. Untuk mengetahui tanda-tanda Monday Blues dan cara mengatasinya, simak penjelasan berikut.

Pengertian dan Ciri-ciri Monday Blues

Beta Kurnia, seorang psikolog klinis, mengatakan bahwa Monday Blues mencerminkan emosi yang tidak menyenangkan seperti kesedihan, kecemasan, kelelahan, dan stres yang berhubungan dengan hari Senin. Menurutnya, kondisi ini dapat menjadi petunjuk bahwa ada pemicu stres tertentu di hari Senin, seperti aktivitas atau lingkungan yang dihadapi pada hari itu. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hari Senin bukanlah penyebab stres, melainkan apa yang terjadi pada hari Senin yang dapat menjadi pemicu stres. Hal ini dilaporkan oleh limone.id.

Baca Juga : 10 Kegiatan Selama Libur Semester

Jika Monday Blues tidak ditangani dengan baik, orang yang mengalaminya dapat mengalami rasa takut yang berlebihan pada hari Senin, bahkan sampai tidak ingin keluar rumah. Hal ini tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, untuk mendapatkan diagnosis yang akurat, disarankan untuk melakukan pemeriksaan atau konsultasi dengan psikolog atau psikiater yang terlatih. Jangan mencoba untuk mendiagnosis sendiri tanpa bantuan profesional.

Penyebab Monday Blues

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan Monday Blues antara lain:

  • Gangguan siklus tidur yang tidak teratur
  • Perubahan emosi dari hari kerja ke akhir pekan
  • Tidak menyukai pekerjaan atau kegiatan yang harus dilakukan
  • Tidak seimbangnya antara waktu bekerja dan waktu bersantai
  • Mengalami kecemasan emosional
  • Kurangnya waktu istirahat dan relaksasi pada akhir pekan
  • Ada tekanan pekerjaan atau tugas yang menunggu di hari Senin

Tips Mengatasi Monday Blues

  • Cari tahu akar masalahnya
    Jika kamu sering merasa malas atau enggan untuk belajar atau bekerja di hari Senin, maka kemungkinan kamu mengalami Monday Blues. Namun, hanya merasa cemas tentang hari Senin tidak akan membantu mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, cobalah untuk mengidentifikasi masalah utama dengan mencatat beberapa pertanyaan berikut:
  • Apa perasaan yang kamu rasakan? Apakah kamu merasa marah, sedih, takut, atau cemas?
  • Apa yang membuat kamu merasa stres? Apakah itu karena orang lain atau tugas yang harus diselesaikan?
  • Apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut?
    Dengan mengetahui dengan jelas masalah utama, kamu akan lebih mudah menemukan solusi dan mencegah masalah yang sama terjadi kembali.
  • Lakukan kegiatan menyenangkan/me time
    Coba pertimbangkan hal-hal apa yang bisa membuatmu merasa senang dan termotivasi sebelum menghadapi hari Senin. Kenali kebutuhanmu sebelum memasuki minggu kerja. Apakah itu butuh waktu istirahat, berkumpul dengan keluarga dan teman, menikmati waktu sendiri, menyalurkan hobi, berolahraga, melakukan relaksasi, atau kegiatan lainnya? Lakukan hal-hal yang mampu membuatmu merasa bersemangat dan menimbulkan perasaan positif.
  • Jauhkan diri dari berbagai tugas saat weekend
    Disarankan agar kamu memanfaatkan waktu di hari Sabtu dan Minggu sebagai waktu istirahat yang sebaik-baiknya. Jangan membicarakan tugas sekolah, target belajar, atau pekerjaan di akhir pekan. Sebaliknya, fokuslah pada dirimu sendiri dan lakukan hal-hal yang kamu sukai selama akhir pekan.
  • Persiapkan hari Senin dari hari Jumat
    Untuk mengatasi stres yang ditimbulkan oleh penumpukan tugas di hari Senin, sebaiknya kamu menyelesaikan tugas pada hari Jumat dan membuat daftar kegiatan untuk satu minggu ke depan. Dengan demikian, kamu dapat memulai minggu baru dengan lebih tenang dan santai.
  • Bangun lebih awal di hari Senin
    Jika kamu memiliki kebiasaan keluar rumah atau berdagang di akhir pekan, cobalah untuk menguranginya dan istirahat lebih awal di malam Minggu. Mengatur waktu istirahat yang cukup dapat membantu kamu untuk bangun lebih pagi di hari Senin dan merasa lebih segar. Waktu tambahan di pagi hari Senin bisa digunakan untuk kegiatan pribadi seperti me time, meditasi, menyiapkan sarapan, sehingga kamu lebih siap untuk menghadapi hari Senin.
  • Memilih pakaian favorit
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memilih pakaian yang favorit untuk dipakai di hari berikutnya bisa meningkatkan mood dan semangat. Kamu bisa mencoba mengenakan pakaian kesukaanmu di hari Senin atau mencoba baju baru atau gaya berpakaian baru untuk merasa lebih segar dan bersemangat. Dilaporkan oleh halodoc.com.

Baca Juga : Universitas Teknokrat Indonesia Beri Pelatihan TOEIC di SMKN 1 Braja Selebah Lampung Timur

Apakah Anda sudah siap menghadapi hari Senin kali ini? Gunakan beberapa tips yang telah disebutkan sebelumnya untuk membantu Anda mengatasi Monday Blues. Jika Anda khawatir tentang ujian atau tugas yang menanti pada hari Senin, jangan khawatir karena ada video animasi dan ringkasan belajar yang dapat membantu Anda mengatasi berbagai tugas dan ujian di ruang belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Solverwp- WordPress Theme and Plugin