Halo Sobat Campuspedia! 14 Januari 2021 kemarin telah diadakan online career class edisi “SEO Marketing 101: Getting Started with SEO” pukul 19.15 WIB lohh! Kelas online kemarin berjalan lancar diawali dengan pembukaan oleh moderator, dilanjutkan dengan pembacaan peraturan, sesi materi oleh kak Mufid Fadhilah secara interaktif, dan sesi tanya jawab & diskusi. 

Kenalan dengan Mentor Kita, Yuk!

Mentor di kelas ini adalah kak Mufid Fadhilah yang biasa dipanggil Dila. Kak Dila merupakan Sr. Copywriter di Kitabisa.com loh! Kak Dila adalah lulusan Universitas Indonesia. Sejak semester 5, kak Dila sudah mulai menulis di Indonesia Fashion Week dan Jakarta Fashion Week sebagai social media specialist. Setelah lulus, kak Dila menjadi seorang blogger di bidang fashion and beauty. Setelah itu, kak Dila juga sempat bergabung dengan Gojek Entertainment Group sebagai content strategist untuk Gotix dan Loket.com sampai akhirnya pindah ke Kitabisa.com sampai sekarang.

Apa Itu SEO Writing?

apa itu seo

Di kelas ini, peserta diajak untuk lebih memahami apa itu SEO dan penerapannya pada . Sebelum memahami apa itu SEO copywriting, kamu perlu tahu dulu nih dasar SEO itu apa sih kira-kira? Yap, SEO adalah sebuah proses sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan traffic sehingga website kamu dapat muncul di urutan teratas mesin pencari dengan menggunakan keyword tertentu.

Sedangkan, copywriting sendiri merupakan sebuah tulisan yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca melakukan aksi tertentu. Nah, SEO copywriting berarti merupakan gabungan antara SEO dengan copywriting yang merupakan proses untuk membuat tulisan yang bertujuan mendapatkan ranking terbaik di mesin pencarian dan mendapatkan banyak pengunjung untuk melakukan suatu konversi. 

Kenapa Penting Mempelajari Ini dan Apa Manfaatnya? 

SEO writing dianggap penting karena hampir setiap orang pasti menggunakan mesin pencarian untuk mengakses informasi. Dengan begitu, SEO writing bermanfaat untuk memberikan potensial traffic, memberikan brand awareness secara gratis, dan mengenali ketertarikan user/konsumen.

Penulisan SEO Writing Itu Gratis! Kamu Hanya Perlu Terus Berusaha

Seperti yang dikatakan kak Dila sebelumnya, SEO writing adalah sesuatu yang gratis sehingga lumayan banget nih kalau kamu berhasil memaksimalkan penggunaan SEO untuk marketing kamu. Kamu hanya perlu memberikan usaha ekstra untuk terus memperbaiki kualitas tulisan kamu sehingga lebih banyak lagi konsumen yang melakukan konversi melalui tulisan yang kamu sajikan. Dalam SEO writing terdapat beberapa hal yang perlu menjadi perhatian, seperti algoritma google, konten & struktur (on page), dan social share (off page). 

Baca Juga:

Sharing Session

Pemaparan materi dari kak Dila membahas tentang apa itu SEO, apa itu SEO writing, dan strategi dalam optimalisasi SEO. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang dipandu oleh moderator. Di sesi ini, kamu sebagai peserta dapat bertanya tentang hal-hal yang masih kamu bingungkan. Kamu juga bisa berkonsultasi langsung juga loh dengan mentor apabila kamu sedang mengalami kendala dalam menerapkan SEO.

Dengan diskusi secara langsung dan interaktif, diharapkan peserta dapat lebih memahami materi dan mendapatkan manfaat untuk pekerjaan mereka kedepannya. Terdapat beberapa pertanyaan yang masuk nih pada sesi tanya jawab kemarin, minca akan merangkumnya menjadi beberapa pertanyaan sebagai berikut.

Halo kak izin bertanya. Apa ya yang membedakan backlink yang bisa membuat rank web naik dengan yang membuat rank jadi turun? 

Setau aku, backlink ini gak bisa bikin rank kita jadi turun, tetapi hanya bisa bikin naik atau tidak berpengaruh sama sekali. Oleh karena iu, penting banget nih untuk kamu memberikan backlink yang relevan dengan topik tersebut. Dengan begitu, backlink itu dapat membantu mendorong rank web menjadi lebih tinggi. 

Kira-kira kalau kita mau hapus blog itu akan ngaruh ke SEO gak ya? Kalau iya, apakah ada cara terbaik untuk menghapusnya?

Artikel yang dihapus tersebut akan mempengaruhi SEO bila artikel yang kamu hapus ternyata memiliki SEO yang bagus dan sudah berada di rank teratas. Dengan begitu, ketika kamu akan menulis artikel dengan konten sejenis, maka akan sulit untuk kembali berada di rank teratas. Namun, jika artikel yang kamu hapus tidak terlalu memiliki SEO yang bagus, maka tidak akan terlalu bermasalah untuk keadaan SEO website keseluruhan

Yuk, Ikutan Belajar di Online Career Class!apa itu seo - online classNah, kira-kira begitu friends keseruan online career class edisi 14 Januari 2021 kemarin. Kalau kamu tertarik untuk meningkatkan kualifikasi dirimu dalam mempersiapkan karier kedepannya, kamu bisa lho upgrade skill dan kompetensi kamu di online career class Campuspedia Academy dan ikuti kelas-kelas yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Akan ada Genius Package juga lho khusus untukmu! Dapatkan potongan sebesar 751rb untuk kelas di edisi Januari. Lebih hemat, lebih praktis! Jangan sampai ketinggalan, ya! Yuk, daftarkan dirimu .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *