Apa Itu SERP atau Search Engine Result Pages

Apa Itu SERP atau Search Engine Result Pages

 34,884 total views,  3 views today

Halo Sobat Teknokrat – Tahukan kalian Apa itu SERP ? SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Pages. Layaknya namanya, halaman ini berisi informasi yang dicari seseorang lewat mesin pencari sebagai respons Google terhadap permintaan pencarian pengguna. APA ITU SERP cenderung menyertakan hasil penelusuran organik, hasil Google Ads berbayar, Cuplikan Unggulan, Grafik Pengetahuan, dan hasil video. Dengan kata lain ketika Anda mengetik (atau mengatakan) sesuatu ke Google. Dan SERP adalah apa yang Anda dapatkan kembali.

Apa itu SERP dan Bagaimana Cara Kerja SERP

Meskipun Google kini memiliki puluhan fitur SERP yang muncul di halaman pertama, dua kategori terpenting adalah hasil berbayar dan hasil organik.

Baca Juga : Best Backlink Footprints to Search for High Quality Backlinks

  • Hasil berbayar berasal dari pengiklan yang menawar kata kunci melalui Google Ads. Meskipun Google Ads mempertimbangkan relevansi iklan, penempatannya pada dasarnya ditujukan kepada penawar tertinggi.
  • Hasil organik adalah penempatan yang “diperoleh” yang ditentukan oleh algoritme Google sebagai hasil terbaik dan paling relevan secara keseluruhan untuk penelusuran tertentu.

Mengapa SERP Penting untuk Search Engine Optimization ( SEO )?

apa itu serp

SERP menentukan bagaimana situs Anda muncul di halaman pertama Google. Misalnya, katakanlah Anda memberi peringkat situs Anda di halaman pertama Google untuk kata kunci “jasa seo“. Maka Anda akan melihat bahwa fitur SERP mendorong hasil pencarian kata kunci tersebut #1 ke paruh bawah. Artinya, meskipun Anda memecahkan halaman 1, Anda mungkin tidak akan mendapatkan banyak klik. Di sisi lain, SERP untuk “membangun tautan” jauh lebih tidak sibuk.

Hasil Pencarian Organik

Hasil organik ditentukan oleh algoritme kompleks Google ( yang memiliki 200+ sinyal peringkat ). Meskipun algoritma Google sangat rahasia, mereka telah secara terbuka mengkonfirmasi beberapa faktor peringkat utama, termasuk:

  • Sinyal SEO di luar halaman ( jumlah situs web yang tertaut ke halaman tertentu. Juga dikenal sebagai “tautan balik” )
  • Sinyal SEO di halaman ( kata kunci yang Anda gunakan di halaman Anda )
  • Kecepatan memuat situs
  • Kehadiran merek dan sinyal kepercayaan
  • Cuplikan hasil penelusuran organik standar mencakup:
  • Judul halaman (tag judul)
  • Halaman URL
  • Deskripsi meta
  • Contoh cuplikan hasil penelusuran organik

SERP Dengan Tautan Situs / Backlink

Tautan Situs Backlink menautkan ke bagian halaman. Atau ke halaman terkait di situs web yang sama. Dan, ketika Skema digunakan pada halaman, Google terkadang menambahkan bintang ulasan, gambar, dan info acara yang mengubah hasil normal menjadi “Rich Snippet”.

Prinsip – Prinsip Rich Snippet sebagai berikut :

  • Data Cuplikan Kaya Diambil Dari HTML Laman
  • Hasil Pencarian Berbayar
  • Hasil pencarian berbayar ditandai dengan ikon “Iklan” kecil di sudut kiri atas cuplikannya.
  • Hasil penelusuran berbayar iklan

Muncul Nya Pencarian Antara Serp & Iklan

  • Iklan di bagian bawah halaman SERP. Karena iklan muncul di bagian atas dan bawah halaman, mereka dapat mengesampingkan hasil organik.
  • Iklan di bagian atas dan bawah halaman SERP
  • Saya tidak menyarankan menghindari kata kunci yang memiliki banyak iklan. Meskipun iklan kemungkinan akan mengurangi RKPT Anda, fakta bahwa orang-orang menawar istilah ini menunjukkan bahwa lalu lintas itu berharga.
  • Saya biasanya secara khusus menargetkan istilah dengan banyak iklan dan “niat komersial” yang tinggi. Tentu, saya mungkin tidak mendapatkan banyak klik. Tapi klik yang saya dapatkan jauh lebih berharga.

Rich Snippet

Saat Anda mengoptimalkan situs web Anda untuk membantu bisnis Anda muncul di hasil pencarian, kemungkinan tujuan akhir Anda adalah mencapai tempat nomor satu di Halaman Hasil Mesin Pencari ( SERPs ). Posisi teratas ini memperoleh 34% klik di desktop dan 31% di seluler.

Namun tahukah Anda bahwa RKT untuk posisi teratas tersebut turun sebesar 8% ketika hasilnya memiliki Rich Snippet ?

Penurunan ini terjadi karena lebih banyak orang mengklik cuplikan unggulan daripada hasil organik. * Mengubah tujuan menjadi peringkat untuk Rich Snippet *

Ada Beberapa Jenis Rich Snippet yaitu :

  • Review

Jenis konten yang dapat ditampilkan dengan rich snippet tentunya adalah review. Review yang ditampilkan mesin pencari bisa bersifat individu maupun agregat seperti yang banyak di lakukan oleh website – website bisnis.

  • Orang ternama

Orang yang telah memiliki informasi cukup banyak dan jelas di internet bisa ditampilkan dengan rich snippet. Biasanya, profilnya yang akan ditampilkan dengan beberapa properti umum seperti nama, jabatan, perusahaan tempat kerja maupun organisasi yang terkait dengan orang tersebut, dan informasi kontak.

  • Produk

Ini adalah salah satu konten yang sangat bisa merasakan manfaat rich snippet. Properti yang ditampilkan rich snippet mengenai suatu produk biasanya meliputi nama, foto, brand, deskripsi, dan juga review-nya. Tak hanya itu, sekarang kamu pun bisa melihat rentang harga produk dengan hanya melakukan pencarian nama produk tertentu.

  • Organisasi bisnis

Informasi yang ditampilkan rich snippet untuk hal ini adalah nama bisnis, alamat fisik dan situs, nomor telepon, serta lokasi.

  • Resep

Banyak orang yang merasakan keuntungan rich snippet ketika sedang mencari resep masakan. Ada berbagai informasi yang bisa ditampilkan rich snippet, seperti review, waktu memasak, informasi kandungan gizi, dan masih banyak lagi.

12 thoughts on “Apa Itu SERP atau Search Engine Result Pages

  1. Pingback:Tutorial SEO Terlengkap Untuk Pemula - Blog Teknokrat
  2. Oh my goodness! Incredible article dude! Thanks, However I am having difficulties with your RSS. I don’t understand the reason why I am unable to join it. Is there anybody getting identical RSS issues? Anybody who knows the answer can you kindly respond? Thanx!!

  3. I’m gone to inform my little brother, that he should also go to see this webpage on regular basis to obtain updated from newest gossip.

  4. For hottest information you have to pay a quick visit world-wide-web and on world-wide-web I found this site as a finest site for most up-to-date updates.

  5. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point. You clearly know what youre talking about, why waste your intelligence on just posting videos to your site when you could be giving us something informative to read?

  6. At this time it appears like WordPress is the preferred blogging platform out there right now.
    (from what I’ve read) Is that what you’re using on your blog?

  7. Pingback:Apa itu SEO atau Search Engine Optimization - Blog Teknokrat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux