APA ITU SHOPIFY & BAGAIMANA CARA KERJANYA

APA ITU SHOPIFY & BAGAIMANA CARA KERJANYA

 284,318 total views,  6 views today

Halo Sobat Teknokrat – Kalian mungkin pernah mendengar tentang Shopify saat menjelajah web tetapi tidak yakin tentang cara kerjanya atau mengapa Anda harus mencatatnya. Nah, kami di sini untuk menawarkan beberapa wawasan.

Di bawah, kami akan membagikan apa itu Shopify, pro dan kontra menggunakan Shopify , apa yang ditawarkan Shopify, dan masih banyak lagi.

Apa itu Shopify?

Shopify adalah platform e-niaga yang dapat Anda gunakan untuk membangun toko online. Ini memungkinkan Anda untuk menjual secara online dengan situs web Anda sendiri dan/atau secara langsung menggunakan aplikasi tempat penjualan. Shopify mudah digunakan untuk semua orang, mulai dari dropshippers pemula hingga merek D2C yang berkembang pesat.

Anda dapat mendaftar uji coba gratis Shopify untuk mengujinya sendiri. Selama uji coba, Anda dapat membangun toko Anda sendiri , menguji aplikasi Shopify gratis , dan, jika Anda berpromosi cukup keras, lakukan penjualan online.

Biaya Shopify $5 per bulan jika Anda menggunakan paket Pemula. Namun, sebagian besar pemilik toko pertama kali memulai dengan paket dasar Shopify, dengan harga $29 per bulan. Jika Anda telah menjalankan bisnis e-niaga selama beberapa waktu, Anda mungkin lebih memilih paket Shopify lanjutan. Halaman harga Shopify memiliki lebih banyak informasi tentang berbagai paket dan fitur yang tersedia.

Apa yang ditawarkan Shopify?

Shopify memberi Anda dasar untuk menjalankan bisnis e-niaga. Ini memungkinkan Anda membuka etalase, memamerkan produk, terlibat dengan pelanggan, menerima pembayaran, dan banyak lagi. Shopify menawarkan semua alat yang Anda butuhkan untuk mengelola setiap aktivitas tersebut.

Pikirkan Shopify sebagai fasilitator yang bekerja untuk memudahkan proses penjualan produk melalui web dan offline. Dengan penggunaan yang tepat dari platform ini, Anda dapat membangun bisnis yang sukses dengan biaya rendah.

Apa itu Shopify Plus?

Shopify Plus adalah platform ecommerce perusahaan Shopify untuk bisnis yang lebih besar atau bisnis yang ingin berkembang. Ini menawarkan fitur pelaporan lanjutan, dukungan pelanggan dengan prioritas lebih tinggi, kapasitas untuk menangani volume pesanan yang lebih tinggi, dan banyak lagi.

Apa itu Pemula Shopify?

Shopify Starter (sebelumnya Shopify Lite) adalah paket terjangkau yang memungkinkan Anda menjual produk di seluruh platform media sosial. Yang Anda butuhkan hanyalah gambar dan deskripsi yang bagus tentang produk Anda. Hanya dengan $5 per bulan, Shopify Starter memungkinkan Anda berbagi produk di WhatsApp, Instagram, dan platform lainnya. 

Apa itu Shopify POS?

Shopify POS (Point of Sale) adalah aplikasi yang memungkinkan Anda menjual produk secara offline. Anda dapat menjual produk di toko fisik, pameran dagang, toko pop-up, atau acara lainnya secara langsung menggunakan Shopify POS.

Mengapa Shopify? Pro dan kontra e-niaga Shopify

Mengapa menggunakan Shopify untuk bisnis ecommerce Anda? Nah, Shopify menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan platform ecommerce lainnya. Berikut adalah beberapa:

Pro Shopify

1. Admin Shopify terperinci

Di bagian belakang toko Shopify Anda, Anda akan menemukan berbagai macam laporan dan fitur yang membantu Anda memahami bagaimana kinerja toko online Anda.

Anda dapat menemukan halaman produk dengan performa terbaik. Anda dapat melihat jumlah pesanan secara sekilas. Dan Anda bahkan dapat melihat tampilan real-time dari pengunjung situs web Anda untuk melihat di tahap mana mereka berada di corong penjualan.

Shopify adalah alat komprehensif untuk pengecer online, memungkinkan Anda memahami pengaturan toko Anda secara mendalam.

2. Fitur gratis

Jika Anda membuat situs web baru, Anda mungkin perlu membayar untuk sebuah tema (desain/tampilan situs web Anda). Tetapi di Shopify, tema gratis yang dapat Anda sesuaikan dengan cara apa pun yang Anda inginkan dimuat ke toko Anda secara otomatis.

Anda dapat memodifikasi tema Shopify agar sesuai dengan gaya branding Anda. Anda dapat mengubah font, mengubah skema warna, menambahkan foto, dan lainnya. Inilah mengapa Shopify sangat ideal untuk pemula yang ingin terjun atau bermain-main untuk melihat kemungkinannya.

3. Shopify ada di cloud

Ketika saya beralih dari WooCommerce ke Shopify, pro favorit saya adalah situs web saya berada di jaringan cloud, bukan di server. Siapa pun yang pernah membayar untuk sebuah server tahu bahwa mereka crash pada waktu yang salah, membuat Anda kehilangan banyak uang karena downtime.

Misalnya, server sering mati pada Black Friday atau saat acara besar. Jika Anda berbagi server (yang mampu dibeli oleh sebagian besar pengusaha baru), Anda harus berharap bahwa situs web lain tidak sepopuler itu.

Tetapi cloud hosting mengurangi kemungkinan situs web Anda down, memungkinkan Anda menjalankan bisnis dengan mudah. Dan biaya hosting digabungkan ke dalam langganan Anda, menjadikannya satu hal yang tidak perlu dikhawatirkan. 

4. Ada rencana untuk semua orang

Jujur saja: meluncurkan toko e-niaga membutuhkan biaya. Anda harus membayar produk, biaya pemasaran, domain baru , dan perangkat lunak e-niaga.

Tapi Shopify memiliki paket harga untuk semua orang. Jika anggaran Anda sangat terbatas, Anda dapat membayar Shopify Starter hanya dengan $5 per bulan. Jika Anda mencari layanan sarung tangan putih, Anda dapat menggunakan Shopify Plus. Anda dapat menelusuri rencana saat bisnis Anda tumbuh juga. 

5. Banyak aplikasi

Ada aplikasi di Shopify App Store untuk hampir semua hal. Anda akan menemukan penghitung waktu mundur, penghapus latar belakang gambar, aplikasi sumber produk, dan banyak lagi. Meskipun Anda perlu membayar untuk beberapa aplikasi, banyak yang gratis untuk diakses.

Menambahkan aplikasi ke situs web Anda tidak perlu. Tetapi jika Anda ingin menambahkan produk ke toko Anda, pertimbangkan untuk memeriksa aplikasi DSers (paket Dasar gratis dan mencakup hingga 3.000 produk di toko Anda).

6. Hambatan masuk yang rendah

Memulai bisnis online memang tidak mudah. Tapi itu jauh lebih mudah daripada 20 tahun yang lalu.

Tahukah Anda bahwa orang-orang harus mengirimkan cek ke Amazon saat pertama kali diluncurkan? Ya, hari-hari itu sudah berakhir. Dan sebenarnya, membangun bisnis online akan semakin mudah seiring berjalannya waktu.

Shopify memimpin inisiatif untuk menurunkan penghalang bagi pengusaha untuk membuat toko online. Bandingkan Shopify dengan solusi lain dan Anda akan tahu mengapa ribuan orang mendaftar ke platform ini setiap tahun.

Shopify kontra

1. Butuh waktu untuk melihat hasilnya 

Saat membangun toko Shopify, yang sebenarnya Anda bangun adalah bisnis, bukan aliran pendapatan pasif.

Dan memulai bisnis bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Mencari tahu cara menggunakan Shopify dan membangun toko yang menguntungkan membutuhkan eksperimen berbulan-bulan. Butuh beberapa saat untuk mengetahui di mana setiap bagian toko Anda berada di dasbor Shopify.

Tetapi sebagian besar, Shopify intuitif. Ini hanya membutuhkan beberapa latihan.

2. Shopify saja tidak akan menjamin kesuksesan Anda

Shopify memiliki banyak fitur dan aplikasi hebat yang membuat menjalankan toko online lebih mudah daripada membangun sesuatu yang disesuaikan dari awal.

Tangkapannya adalah terserah Anda untuk membuat toko Anda sukses. Anda harus memiliki pola pikir yang benar mendorong Anda untuk belajar. Anda membutuhkan daging pemasaran untuk mempromosikan bisnis Anda lebih baik daripada pesaing.

Secara keseluruhan, kesuksesan Anda ada di tangan Anda, bukan Shopify.

Bagaimana cara kerja Shopify?

Pertama, Anda perlu mendesain atau memodifikasi toko Shopify Anda, menambahkan produk ke dalamnya, dan menguji situs web Anda untuk memastikan bahwa desktop dan seluler siap untuk dilihat publik.

Kemudian, Anda mempromosikan produk Anda. Shopify menawarkan berbagai alat pemasaran dan penjualan untuk membantu hal ini, termasuk SEO, pemasaran email, dan alat blogging.

Saat pelanggan membeli dari toko Anda, Shopify akan memproses pembayaran untuk Anda, dan Anda akan dibayar. Anda dapat menghindari biaya transaksi tambahan dengan menggunakan gateway pembayaran Shopify sendiri (disebut Pembayaran Shopify ).

Apa yang bisa Anda jual di Shopify?

Di Shopify, selalu ada produk trending baru yang bisa Anda jual di platform. Anda bisa menjual apa saja—termasuk mode, kecantikan, serta rumah dan taman. Berikut adalah beberapa produk populer yang dapat Anda pertimbangkan untuk dijual:

  • Pakaian
  • Perhiasan
  • Aksesori rumah
  • Produk perjalanan
  • Produk bayi atau bersalin
  • Tas dan koper
  • Aksesori kebugaran
  • Produk kecantikan
  • Peralatan dapur
  • Produk hewan peliharaan
  • Aksesori otomotif
  • Dan banyak lagi!

Namun, Shopify juga memiliki pedoman ketat tentang apa yang tidak bisa Anda jual. Jika Anda menjual produk terlarang seperti yang ada di daftar ini , Anda berisiko ditangguhkan dari platform. Daftar ini meliputi:

  • Senjata api tertentu dan bagian-bagiannya
  • Barang palsu atau tidak sah
  • Produk perjudian
  • Produk atau layanan yang diatur
  • Produk dewasa
  • Perlengkapan obat-obatan
  • Tiket acara

Bisnis berisiko tinggi seperti pengacara kebangkrutan, dukungan teknis komputer, peralatan telekomunikasi, dll. Pada dasarnya, jika ilegal atau diatur, kemungkinan besar tidak diizinkan untuk dijual di Shopify. Bagi mereka yang baru mengenal penjualan online, ada baiknya mengetahui cara menghindari barang palsu saat mencari produk untuk inventaris toko mereka.

Cara mengembangkan toko Shopify Anda

Anda dapat mengembangkan toko Shopify Anda dengan beberapa cara. Berikut adalah beberapa ide untuk Anda mulai:

Buat iklan

Anda dapat menjalankan iklan di berbagai platform seperti Facebook, Google, dan hampir semua jejaring sosial lainnya. Idealnya, Anda ingin memilih platform tempat audiens Anda menghabiskan waktu paling banyak.

Penting juga untuk memilih platform dengan opsi penargetan yang luas, memungkinkan Anda menentukan dengan tepat pelanggan ideal Anda. Hingga saat ini, Facebook dan Google adalah platform iklan paling populer. Namun pada akhirnya, Anda ingin memilih salah satu yang terbaik untuk ceruk pasar Anda.

Manfaatkan SEO

SEO adalah pembangkit tenaga listrik untuk membawa lalu lintas yang relevan ke situs web Anda. Hampir semua pemilik toko baru mengabaikan SEO ecommerce sebagai taktik pertumbuhan . 

Seringkali, pengusaha baru ingin menghasilkan uang dengan cepat, jadi mereka fokus pada iklan. Namun, setelah berbulan-bulan berinvestasi di iklan, mereka menyadari bahwa biaya akuisisi mereka terlalu tinggi.

Dengan SEO dan pemasaran konten, Anda dapat mengarahkan lalu lintas organik ke situs web e-niaga Anda. Strategi yang tepat juga dapat menurunkan biaya akuisisi dan meningkatkan tingkat konversi.

Promosikan di media sosial

Sebelum membuat toko Anda menjadi publik, Anda harus sudah membangun audiens. Misalnya, memulai akun Instagram beberapa minggu sebelum meluncurkan toko memungkinkan Anda untuk mempromosikan ke audiens saat peluncuran.

Dengan adanya pemirsa, Anda berpotensi dapat menghasilkan beberapa penjualan dengan tautan di bio atau iklan Anda .

Ulasan pelanggan Shopify

Ada banyak ulasan pelanggan Shopify di web, jadi Anda bisa mencari validasi pihak ketiga tentang kredibilitasnya kapan saja. Anda akan menemukan orang-orang berbagi pengalaman mereka dengan Shopify di G2 , Merchant Maverick , dan banyak situs web lainnya. 

Apa itu FAQ Shopify

Apakah Shopify sah?

Ya, Shopify 100% aman dan sah. Sejak awal yang sederhana pada tahun 2006, Shopify telah merilis banyak fitur untuk membantu orang awam membuat toko online mereka sendiri. Anda dapat menggunakan platform ini untuk menyiapkan, merancang, dan mengelola toko e-niaga Anda di berbagai saluran penjualan, termasuk seluler, web, media sosial, dan pasar.

Peringkat Shopify menunjukkan bahwa orang sangat puas dengan teknologi dan ekosistem Shopify. Jadi, Anda dapat yakin bahwa Anda berinvestasi dalam solusi yang sah saat berlangganan Shopify. 

Apakah Shopify bagus untuk pemula?

Sangat! Shopify adalah pilihan tepat bagi pemula untuk mulai berjualan. Platform memiliki struktur toko yang sudah dibangun, jadi Anda hanya perlu meletakkan objek yang tersisa (tema, produk, dll.) di atas untuk menjalankan toko Anda. Semua orang mulai dari mahasiswa hingga pensiunan dapat menggunakan Shopify untuk memulai bisnis ecommerce.

Apakah Shopify bagus untuk usaha kecil?

Singkatnya: ya. Harga dan keramahan pengguna Shopify menjadikannya salah satu opsi terbaik untuk bisnis kecil. Mendaftar ke Shopify memberi Anda akses ke pembuat toko, tema gratis, gateway pembayaran, produk tak terbatas, dan banyak lagi.

Hanya dengan $29 per bulan, Anda mendapatkan semua itu plus banyak sumber belajar untuk membantu Anda meluncurkan dengan sukses. Shopify juga mudah digunakan—Anda tidak memerlukan keterampilan teknologi atau pengkodean apa pun untuk mendapatkan hasil maksimal dari fitur-fiturnya. Jika Anda ingin menjual secara online, Shopify adalah platform terbaik untuk memulai.

Putusan akhir

Shopify adalah solusi perdagangan all-in-one yang dibangun untuk memberdayakan pengusaha di seluruh dunia. Dengan platform ini, Anda dapat membangun toko online sendiri dan mulai berjualan dalam waktu singkat. Baik Anda ingin memulai bisnis baru atau membuka toko bata-dan-mortir Anda secara online, Shopify memiliki fitur untuk mendukung peluncuran/transisi Anda.

Plus, Shopify memungkinkan Anda mengakses tarif operator diskon melalui Pengiriman Shopify. Ini adalah alat terintegrasi yang memungkinkan Anda membeli dan mencetak label pengiriman untuk pesanan Anda. Anda hanya memerlukan akun Shopify untuk mengakses fitur tersebut.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Shopify, sebaiknya buat toko online Anda sendiri menggunakan platform ecommerce ini dan buktikan sendiri. Manfaatkan uji coba gratis untuk mengujinya sendiri untuk melihat apa semua hype itu. Shopify menjadikan perdagangan lebih baik untuk semua orang, jadi ini mungkin platform yang tepat untuk Anda.

22 thoughts on “APA ITU SHOPIFY & BAGAIMANA CARA KERJANYA

  1. Pingback:1stuffed
  2. Pingback:10 kisah IT NHS teratas tahun 2022 - Blog Teknokrat
  3. I think this is among the most significant information for me. And i am glad reading your article. But want to observation on some common things, The site taste is wonderful, the articles is in point of fact nice : D. Excellent process, cheers

  4. What’s Going down i’m new to this, I stumbled upon this I’ve found It positively helpful and it has aided me out loads. I hope to give a contribution & assist different users like its aided me. Good job.

  5. I am really delighted to read this webpage posts which consists of plenty of useful information, thanks for providing these data.

  6. Good way of describing, and nice piece of writing to obtain data about my presentation subject, which i am going to deliver in academy.

  7. It’s really a great and helpful piece of information. I’m glad that you just shared this useful info with us. Please stay us informed like this. Thank you for sharing.

  8. Everything is very open with a very clear clarification of the
    issues. It was really informative. Your site is very useful.
    Thanks for sharing!

  9. Hi would you mind letting me know which web host you’re utilizing? I’ve loaded your blog in 3 different web browsers and I must say this blog loads a lot quicker then most. Can you recommend a good web hosting provider at a honest price? Thank you, I appreciate it!

  10. Thanks , I have just been looking for info approximately this subject for ages and yours is the greatest I have discovered till now. However, what in regards to the bottom line? Are you certain in regards to the supply?

  11. Hey! Do you know if they make any plugins to help with SEO? I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains. If you know of any please share. Thanks!

  12. Good post. I learn something totally new and challenging on sites I stumbleupon everyday. It will always be helpful to read through articles from other authors and practice something from other websites.

  13. Good post. I learn something totally new and challenging on sites I stumbleupon everyday. It will always be helpful to read through articles from other authors and practice something from other websites.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Solverwp- WordPress Theme and Plugin

WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux