Tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 sudah di depan mata. Bagi Campuspedia Friends yang berkeinginan menjadi abdi negara di tahun ini, sebaiknya sudah mulai mempersiapkan diri dengan intensif. 

Adapun persiapan dasar yang perlu dilakukan adalah mengenal medan perang, dengan mencari tahu apa saja tahapan seleksi yang diberlakukan pada tes CPNS.

Salah satu tahapan seleksi pada tes CPNS adalah Seleksi Kemampuan Dasar (SKD). Seleksi ini dilaksanakan setelah peserta dinyatakan lolos dari tahap Seleksi Administrasi. 

Terdapat tiga jenis tes yang diujikan dalam SKD, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Ketiga jenis tes ini dilaksanakan secara Computer Assisted Test (CAT). 

Baca juga:

Lantas, apa itu TWK, TIU, dan TKP? Untuk mengetahui penjelasannya, pastikan kamu membaca artikel ini sampai akhir, ya!

Apa itu TWK?

Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK adalah tes yang bertujuan untuk menguji pengetahuan peserta tes seputar kebangsaan Indonesia. Adapun materi dasar yang diujikan dalam TWK meliputi implementasi dari nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika. 

Merujuk kepada tes CPNS tahun 2019, jumlah butir soal pada TWK adalah sebanyak 30 soal. Adapun sistem penilaian yang digunakan adalah jawaban benar diberi skor 5 (lima). Sementara jawaban salah atau tidak menjawab, tidak mendapatkan skor apapun alias 0 (nol).

Baca juga:

Apa itu TIU?

Tes Intelegensia Umum atau TIU adalah tes yang fokus menilai kemampuan peserta tes dalam tiga aspek, yakni kemampuan numerik (logika berhitung), kemampuan figural (penalaran melalui gambar), dan kemampuan verbal (logika berbahasa).

Jika menilik dari tes CPNS tahun 2019, terdapat sebanyak 35 butir soal TIU. Terkait sistem penilaiannya, jawaban pada sesi TIU dinilai dengan metode yang sama dengan TWK. Yakni jawaban benar mendapatkan skor 5 (lima) dan jawaban salah atau tidak menjawab mendapatkan skor 0 (nol).

Apa itu TKP?

Tes Karakteristik Pribadi atau TKP adalah jenis tes yang menilai perilaku atau kepribadian peserta tes. Pada tes ini, peserta diminta untuk memilih suatu tindakan atas kondisi tertentu. Pilihan jawaban akan menunjukkan bagaimana sikap peserta jika dihadapkan dengan kondisi tersebut.

Pada tes CPNS tahun sebelumnya, soal TKP berjumlah sebanyak 35 butir. Berbeda dengan TWK dan TIU, dalam TKP tidak ada jawaban salah ataupun benar. Jadi, setiap jawaban akan diberi skor 1-5 tergantung dengan ketepatannya. Sementara jika tidak menjawab akan diberi skor 0 (nol).

Baca juga:

Perlu diketahui, naskah soal yang akan diujikan pada tahap SKD tes CPNS tahun 2021 sudah diterima oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Hal ini menunjukkan bahwa persiapan dari pihak panitia sudah menuju rampung. Giliran kamu untuk merampungkan persiapan tes CPNS tahun ini. Semangat dan semoga berhasil, Campuspedia Friends! 

Simak informasi lainnya dengan cara ikuti Campuspedia di , , , , , dan .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *