Halo Campuspedia Friends! Hayoo…siapa disini yang sudah memasuki tahap mahasiswa tingkat akhir? Biasanya kesibukan kalian kalau gak diisi sama skripsi, berarti KKN ya. Nah, program KKN mahasiswa ini memang sudah menjadi program wajib yang harus mahasiswa ikuti sebagai salah satu syarat kelulusan. Tapi, ada lho beberapa penyebab program KKN gagal total!

Baca Juga:

Duh…biar kalian gak gagal dalam melaksanakan program KKN nanti, udah deh! Mending simak aja 4 penyebab program KKN gagal total berikut ya!

penyebab program KKN gagal karena tidak paham budaya setempat‘Melawan’ Budaya Setempat

Nah, ini nih salah satu penyebab program KKN gagal total yang paling sering terjadi! Terkadang ada beberapa mahasiswa yang kurang memahami budaya setempat. Akhirnya, mereka malah memaksa masuk budaya asing ke daerah tempat KKN tersebut.

Budaya tuh sudah bagaikan kepribadian dari masyarakat setempat. Jadi, kalau kalian tidak memahami dan malah memaksa masuk budaya asing ke daerah tempat KKN mu, udah deh, kacau entar!

Baca Juga:

selain fokus dengan inovasi, tapi fokus pada kebutuhan masyarakat setempat jugaJangan Fokus Sama Inovasi Aja!

Walaupun program KKN mahasiswa merupakan bagian dari program kampus yang harus kamu ambil, bukan berarti kamu harus melulu membawa teori saat KKN ya. Kamu harus pandai memosisikan diri saat membawakan program inovasimu dalam masyarakat.

Daripada membawa-bawa teori yang menjadi landasan programmu, lebih baik kamu memahami dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Kalau kamu sudah paham kebutuhan masyarakat setempat, KKN mu auto lancar deh!

penyebab program KKN gagal karena ansos dengan tokoh masyarakat setempatAnsos Dengan Tokoh Masyarakat Setempat

Wah, kalau yang ini sih hukumnya wajib kudu bin mesti ya! Namanya aja kamu mengunjungi suatu daerah baru, tentu saja kamu harus sungkem dulu dengan tokoh masyarakat setempat. Tapi jangan sungkem doang ya! Usahakan kamu menjalin relasi yang baik dan terus berkomunikasi dengan mereka.

Percaya gak percaya, kalau kamu kurang merangkul tokoh masyarakat setempat, kelangsungan programmu akan terancam. Karena masyarakat cenderung mendengar perkataan orang yang dihormati.

Baca Juga:

beda orang, beda cara berkomunikasinyaBeda Orang, Beda Cara Berkomunikasinya Ya

Hmm…ini juga termasuk penyebab program KKN gagal total nih. Terkadang kita suka lupa kalau beda orang, beda juga cara berkomunikasinya. Sama aja seperti beda kondisi, beda lagi penanganannya.

Nah, disini perbedaan status sosial dan tingkat pendidikan yang kita miliki tentunya berpengaruh terhadap cara pandang. Kamu harus paham dengan apa yang sebenarnya dibutuhkan masyarakat dan pola pikir mereka.

Karena, bagi masyarakat menengah ke bawah, orientasi mereka adalah mencukupi kebutuhan. Jangan sampai kamu malah menyebabkan miskonsepsi atau miskomunikasi yang akan memperkeruh suasana.

Itu dia, 4 penyebab program KKN gagal total, Campuspedia Friends! Intinya, bagi kalian yang akan menjalani program KKN mahasiswa, ingat saja pepatah di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Artinya, kita harus tetap menghormati atau mengikuti adat istiadat atau budaya setempat tempat kita berkunjung.

Jangan lupa untuk follow akun , , , , , dan  dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *