Campuspedia – Saat ini beberapa daerah di Indonesia sudah mulai melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 untuk jalur afirmasi.

Sebagai salah satu jalur yang dibuka paling pertama, jalur afirmasi menjadi banyak incaran Calon Peserta Didik Baru (CPDB), terutama mereka yang termasuk dalam golongan tidak mampu.

Hal tersebut pun membuat persaingan di jalur satu ini cukup ketat, padahal rata-rata kuota yang tersedia untuk jalur ini adalah sekitar 15% dari keseluruhan kuota yang dibuka oleh sekolah.

Lalu, bagaimana jika CPDB tidak lolos PPDB 2024 jalur afirmasi?

Beberapa Daerah Mewajibkan CPDB Harus Diterima

PPDB 2024 untuk jalur afirmasi sudah mulai dibuka pendaftarannya di beberapa daerah. Meski ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi CPDB, jalur satu ini sering kali dipenuhi oleh pendaftar.

Menurut sumber, seperti namanya, jalur satu ini dikhususkan bagi mereka yang kurang mampu secara ekonomi.

Beberapa daerah menerapkan kriteria khusus “tidak mampu” yang dimaksud, seperti misalnya penghasilan perbulan dengan jumlah tertentu hingga CPDB yang orangtua/walinya meninggalkan karena pandemi.

Nantinya, CPDB dengan kriteria menurut daerahnya masing-masing tersebut akan mendapatkan prioritas untuk lulus di PPDB 2024 jalur afirmasi.

Namun selain hal tersebut, beberapa pemerintah daerah mewajibkan agar CPDB yang berasal dari Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM) ekstrim dan normatif wajib diterima.

Salah satu daerah yang menerapkannya adalah Bali. CPDB dari kategori ini nantinya bisa langsung lolos PPDB 2024 jalur afirmasi tanpa verifikasi dengan catatan sekolah harus mampu memastikan jika memang benar CPDB tidak mampu.

Bagaimana Jika Tidak Lolos PPDB 2024 Jalur Afirmasi?

Beberapa daerah melakukan prioritas agar CPDB yang mendaftar ke jalur khusus tidak mampu ini agar bisa masuk sekolah negeri, tapi jarak rumah juga diperhitungkan agar nantinya mereka tidak perlu keluar uang banyak untuk transportasi.

Itu artinya, tidak semua CPDB yang mendaftar ke PPDB 2024 jalur satu ini sudah pasti akan diterima, meski memang benar mereka termasuk golongan kurang mampu. Apalagi, kuota untuk jalur satu ini juga terbatas.

Lalu bagaimana jika CPDB tidak lolos lolos PPDB 2024 jalur afirmasi? Apakah CPDB masih memiliki kesempatan untuk masuk sekolah negeri?

Jika tidak lolos di jalur penerimaan satu ini, CPDB bisa mencari informasi di sekolah sekitar atau pada dinas pendidikan. Hal ini karena beberapa daerah memperbolehkan CPDB untuk mendaftar ke jalur lain.

Salah satu jalur yang bisa CPDB daftar jika tidak lolos jalur khusus CPDB tidak mampu ini adalah jalur zonasi karena kuota yang disediakan paling banyak. Jika tidak bisa, maka terpaksa CPDB harus mencari sekolah lain yang bukan sekolah negeri.

Namun sekali lagi ditegaskan jika ketentuan CPDB yang bisa mendaftar ke jalur lain setelah tidak lolos PPDB 2024 jalur afirmasi didasarkan pada pemerintah daerah masing-masing. Jadi, coba tanyakan dulu pada pihak terkait agar tidak terjadi salah informasi. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *