Hallo Campuspedia Friends! Nama perusahaan ‘Google’ rasanya sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Mulai dari mencari informasi, penyimpanan, hingga surat elektronik yang banyak dimanfaatkan oleh berbagai macam kalangan. Salah satu fitur dari google adalah Google Docs. Tempat dimana kita dapat membuat, mengedit, dan membagikan dokumen dalam satu link dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan. Penasaran dengan apa saja kemudahan dan kelebihan saat menggunakan Google Docs? Simak artikel ini selengkapnya.

 

Baca juga :  

Apa Itu Google Docs?

Google Docs atau Google Dokumen adalah layanan yang dikembangkan oleh Google sejak tahun 2006 yang berfungsi sebagai pengolah dokumen. Jika kalian terbiasa menggunakan layanan yang dikembangkan Microsoft, yakni Microsoft Word. Maka sistem kerja Google Docs hampir sama seperti itu. Membuat dokumen, mengedit dokumen, hingga menjadi dokumen jadi. Namun tentunya ada perbedaan di antara keduanya. 

Layanan Pengolahan Data Google Selain Google Docs

  1. Google Sheet : Fungsinya mirip dengan microsoft excel, yakni layanan pengeditan spreadsheet. Biasanya digunakan untuk mengedit data atau angka, dapat juga digunakan dalam membuat laporan keuangan.
  2. Google slide : Layanan pengeditan power point/presentasi secara online. Aplikasi ini serupa dengan Microsoft Power Point.
  3. Google Draw : Layanan yang di dalamnya terdapat fitur untuk membuat flowchart, diagram, dan lain sebagainya.

Google Form : Layanan yang di dalamnya terdapat fitur untuk membuat formulir secara online. Kalian dapat mengedit dan membuat pertanyaan beserta model jawaban yang diinginkan.

Kelebihan Google Docs

  • Kolaborasi Real-Time Pengeditan Dokumen
    Jika kalian berada dalam suatu kelompok kerja yang mengharuskan mengedit sesuatu dalam satu laporan kerja, Google Docs akan sangat membantu. Dengan membuka dokumen tersebut dan mengedit di dalamnya, file yang terlihat oleh rekan kerja kalian adalah file terbaru hasil pengeditan. Tanpa perlu update ulang atau bahkan refresh halaman.
  • Dapat Digunakan di Lebih Satu Perangkat
    Selain dapat diakses melalui website , kalian juga dapat mengakses dokumen melalui aplikasi smartphone. Aplikasi ini bisa diunduh melalui PlayStore atau App Store
  • Tidak Perlu Lagi Banyak Aplikasi

    Tidak seperti dokumen Microsoft yang memerlukan pengunduhan aplikasi untuk membuka dokumen, dalam satu link Google Docs kalian dapat langsung membuka berbagai jenis file tanpa ribet mendownload banyak aplikasi lagi. Sedikit efisiensi penyimpanan bukan?

 

Baca juga :

 

  • Langsung Tersimpan Di Drive
    Salah satu layanan google yang lain adalah Google Drive. Layanan yang memungkinkan kita menyimpan berbagai jenis file dalam satu akun google. Jangan khawatir jika kalian lupa menyimpan file setelah mengedit dokumen. Mengapa demikian? Karena file akan langsung tersimpan di google drive, sehingga file tidak akan hilang.
  • Komentar dan Catatan
    Dalam suatu kolaborasi tim, kalian dapat memberikan komentar atau catatan dalam dokumen tersebut. Hal ini sangat bermanfaat contohnya saat kalian membutuhkan suatu revisi tanpa perlu langsung mengubah dokumen yang salah.
  • Riwayat Revisi
    Saat sudah terlanjur mengedit dokumen tanpa melalui fitur komentar ataupun catatan, kalian masih bisa untuk membuka riwayat pengeditan. Selain itu, kalian juga akan tahu siapa yang mengedit dan kapan dokumen itu diedit.
  • Pengubah Jenis File
    Saat perlu untuk mengubah jenis file, mungkin banyak dari kalian akan membuka aplikasi atau situs tertentu. Namun dalam Google Docs kalian dapat langsung mengubah jenis dokumen yang kalian edit sesuai keinginan kalian.

    kelebihan google docs
  • Pemeriksa Ejaan
    Sering typo dan kata dalam dokumen tak sesuai kaidah PUEBI? Google Docs dapat membantu kamu! Ada fitur pemeriksa ejaan di dalamnya yang dapat menampilkan ejaan yang dirasa salah dan menampilkan saran perbaikannya.
    kelebihan google docs
  • Gratis
    Baik dibuka melalui web browser atau aplikasi smartphone, layanan Google Docs tersedia secara gratis. Segala bentuk layanan dari berbagai jenis aplikasi dan semua fitur di dalamnya dapat kalian nikmati hingga kapasitas yang cukup besar, yakni 15 GB. Barulah saat ingin menambah kapasitas layanan, kalian harus  membayarkan sejumlah biaya.

 

Sekarang sudah tau kan kelebihan Google Docs? Kalau kamu akan banyak mendapatkan keuntungan saat menggunakan Google Docs. Mulai dari fitur-fiturnya yang lengkap dan cara penggunaan yang mudah akan didapatkan. Yuk coba menggunakan !

Sekian dulu dari minca ya, Campuspedia Friends! Jangan lupa follow akun minca yang lain mulai dari , , , , , dan biar kamu gak ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *