TEMPO.CO, Padang – Pada hari Selasa, 4 Juni 2024, sejumlah wilayah di Pulau Sumatera mengalami pemadaman listrik. Pemadaman ini disebabkan oleh gangguan pada sistem transmisi SUTT 275 KV yang menghubungkan Lahat dan Lubuk Linggau.

Ade Yuandha, seorang warga Kota Padang, melaporkan bahwa sebagian wilayah kota mengalami pemadaman sejak pukul 21.00 WIB. “Rumah saya tidak terkena, tetapi di seberang jalan padam,” ujarnya.

Di Kelurahan Alai Parak Kopi, Kota Padang, pemadaman listrik terjadi pada pukul 18.30 WIB, namun hanya berlangsung selama 30 menit. Selain itu, daerah Baso dan Canduang di Kabupaten Agam juga dilaporkan mengalami mati lampu.

Warga Padang Sidempuan, Sumatera Utara, juga merasakan pemadaman listrik. Oza Pasaribu, seorang warga setempat, menyatakan bahwa listrik padam sejak pukul 10.00 WIB dan baru menyala kembali pukul 18.00 WIB, meskipun beberapa daerah masih belum mendapatkan pasokan listrik.

Manajer Komunikasi PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat, Yenti Elfina, menjelaskan bahwa pemadaman di beberapa daerah di Sumatera Barat disebabkan oleh gangguan sistem transmisi SUTT 275 KV yang menghubungkan Lahat dan Lubuk Linggau.

“Kami bergerak cepat melakukan upaya penormalan kelistrikan di sejumlah daerah terdampak pada jaringan transmisi termasuk di Sumatera Barat,” kata Yenti Elfina kepada Tempo.

Dia menjelaskan, wilayah terdampak mencakup seluruh Pulau Sumatera. Pemadaman sudah terjadi sejak siang hari dengan pola bergilir. “Sekitar 21% dari daerah yang terdampak sudah kembali normal,” tambahnya.

Yenti mengatakan, ratusan personel PLN telah diterjunkan untuk menelusuri penyebab gangguan dan segera memulihkan sistem kelistrikan yang terdampak. “Kami mohon doa dan pengertian dari semua pelanggan untuk bersabar agar proses pemulihan berjalan lancar,” ujarnya.

penulis:Akbar katon saputa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *