Begini Cara Aktivasi Windows 10

Begini Cara Aktivasi Windows 10

 55,462 total views,  1,245 views today

Hai Sobat Teknokrat, mimin mau kasih tau nih cara aktivasi windows 10 terbaru, di simak ya. Beberapa bulan lalu, Microsoft mengejutkan sebagian besar pengguna komputer/laptop dengan meluncurkan versi terbaru sistem operasi Windows-nya, Windows 11. Microsoft hampir merombak total tampilan versi terbaru ini, terutama menggantikan taskbar aslinya. Di kiri, sekarang di tengah. Meskipun Windows 11 menawarkan segala macam fitur menarik, mungkin masih banyak orang yang lebih suka menggunakan Windows 10 karena alasan tertentu. Ini mungkin karena orang tidak siap untuk perubahan besar, jadi mereka lebih suka menggunakan Win 10.

Tentu saja, Anda juga menyadari bahwa untuk sepenuhnya menikmati fungsionalitas sistem operasi Windows, pengguna harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Dalam hal ini, banyak pemula komputer/laptop yang bingung saat mengaktifkan Windows 10 sendiri.

Baca Juga : Cara Aktivasi Windows 7 Terbaru

Cara Aktivasi Windows 10

Windows 10 dapat diaktifkan dengan dua cara, yaitu dengan memasukkan kode lisensi pada saat proses instalasi Windows atau setelah proses instalasi selesai. Namun untuk review kali ini, saya menggunakan metode post-installation agar lebih mudah dalam pengoperasian dan pemahamannya. Sebelum Anda mulai mengaktifkan Windows 10, ada baiknya Anda mengetahui jenis lisensi apa yang Anda gunakan.

Sementara banyak pengguna Windows belum pernah mendengar informasi ini, menurut saya pribadi perlu diketahui sebelum membeli. Berikut adalah beberapa informasi tentang beberapa jenis kunci lisensi yang sering ditemui pengguna Windows.

  • Lisensi OEM – Jenis lisensi ini dilampirkan ke perangkat keras perangkat. Artinya, Anda bisa mendapatkan lisensi ini saat membeli komputer atau laptop bermerek. Lisensi ini tidak dapat digunakan pada perangkat lain karena lisensi OEM adalah lisensi yang tertanam dalam perangkat keras.
  • Lisensi Ritel – Jenis lisensi yang bisa Anda dapatkan di Microsoft Store atau toko mana pun yang menjual lisensi resmi Windows. Namun, lisensi ini hanya dapat digunakan untuk satu perangkat komputer/laptop, meskipun Anda dapat mentransfernya ke perangkat lain.
  • Lisensi Volume – Jenis lisensi yang dapat Anda gunakan di beberapa perangkat komputer/laptop secara bersamaan. Biasanya, lisensi ini lebih ditujukan untuk perusahaan atau bisnis yang menggunakan banyak perangkat.

Seperti yang Anda lihat dari penjelasan di atas, setiap jenis lisensi memiliki arti dan fungsi yang berbeda. Inilah cara Anda dapat mengaktifkan PC Windows 10 setelah Anda mengetahui jenis lisensi yang Anda gunakan.

Aktifkan dengan lisensi resmi

cara aktivasi windows 10

Cara pertama untuk mengaktifkan Windows 10 adalah melalui pengaturan sistem. Cara ini sangat mudah dan cepat karena Anda hanya perlu mengunjungi pengaturan sistem dan memasukkan kode lisensi dari Windows 10. Berikut adalah langkah-langkah untuk memasukkan kode lisensi Anda!

  • Pertama, nyalakan komputer/laptop Anda.
  • Kemudian kunjungi Start Menu » Settings » Pilih Update & Security.
  • Jika sudah, pilih tab Activation » Klik Change Product Key.
  • Setelah itu, masukkan lisensi yang Anda miliki » klik Next » lalu klik Activate untuk konfirmasi.
  • Selesai.

Catatan: Metode di atas hanya tersedia untuk pengguna dengan kode resmi berlisensi Microsoft. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Cara Aktivasi Windows 10 dengan aplikasi pihak ketiga

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengaktifkan Windows 10. Sebenarnya, metode ini seharusnya tidak melakukannya, karena aplikasi tidak perlu memasukkan lisensi resmi untuk benar-benar mengaktifkan Windows 10. Hal ini tidak dapat kita pungkiri, karena penawaran lisensi Windows 10 cukup mahal, sehingga tidak sedikit pengguna Windows yang melampauinya dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan software KMSPico.

Langkah 1: Sebelum menggunakan aktivator, pastikan Anda telah mematikan software antivirus di laptop/komputer Anda. Jika Anda menggunakan Keamanan Windows, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

cara aktivasi windows
  1. Pertama, kunjungi menu Settings » Update & Security » Pilih tab Windows Security.
  2. selanjutnya, klik Buka Keamanan Windows » dan pilih Perlindungan virus & ancaman.
  3. Di bagian Pengaturan perlindungan virus dan ancaman, klik Kelola pengaturan.
  4. Selanjutnya geser mode On menjadi Off untuk mematikan setiap fitur Protection.
  5. Selesai.

Langkah 2: Selanjutnya anda bisa mendownload software KMSPico (bisa anda dapatkan melalui Google), kemudian silahkan unzip file » dan install aplikasinya seperti biasa.

kmspico windows activator

Langkah 3: Jika terinstal, jalankan program KMSPico » Klik Yes untuk mengizinkan aplikasi berjalan. Setelah dialog KMS terbuka, klik tombol merah » dan tunggu sebentar. Jika berhasil, Anda akan mendengar suara notifikasi “Program selesai”.

kmspico windows activator

Langkah 4: Periksa apakah Windows 10 Anda diaktifkan. Jika sudah aktif, nyalakan kembali Windows Security untuk melindungi PC/Laptop Anda dari serangan virus.

Alternatif lain

Selain menggunakan Windows Activator, Anda juga dapat mengaktifkan Windows 10 tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga dengan memasukkan kunci produk secara manual, yang dapat Anda temukan di pencarian Google. Jika Anda masih tidak yakin tentang menggunakan perangkat lunak Windows Activator, inilah alternatifnya. Sedangkan beberapa perangkat lunak dapat diidentifikasi sebagai virus atau malware. Oleh karena itu, opsi ini lebih aman digunakan. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Langkah pertama adalah memeriksa status Windows 10. Baik Anda menggunakan Windows 10 Pro, Windows 10 Home, atau edisi lainnya. Berikut cara memastikannya.

aktivasi windows 10
  1. Pertama, klik ikon menu Start di taskbar.
  2. Kemudian kunjungi Menu Pengaturan » Pilih Perbarui & Keamanan.
  3. Jika sudah, pilih tab Aktivasi » dan perhatikan bagian “Edisi” dan “Aktivasi” untuk melihat versi Windows 10 Anda.
  4. Setelah dipahami, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  5. Selesai.

Jika Windows 10 Anda belum diaktifkan, bagian “Aktivasi” di atas akan menampilkan keterangan “Windows tidak diaktifkan”.

Langkah 2: Kemudian buka command prompt dalam mode administrator.

aktivasi windows 10 terbaru

Catatan: Jika perintah di atas berhasil dijalankan, akan muncul popup dengan keterangan “berhasil” » dan klik OK.

Langkah 3: Kemudian kunjungi Menu Pengaturan » Perbarui & Keamanan » Pilih Aktivasi » Klik Ubah Kunci Produk. Kemudian masukkan kunci produk untuk versi Windows 10 Anda di bawah ini.

cara aktivasi windows 10 terbaru
Edisi Windows 10Lisensi Volume
Windows 10 ProW269N-WFGWX-YVC9B-4J6C9-T83GX
Windows 10 HomeTX9XD-98N7V-6WMQ6-BX7FG-H8Q99
Windows 10 EducationNW6C2-QMPVW-D7KKK-3GKT6-VCFB2
Windows 10 EnterpriseNPPR9-FWDCX-D2C8J-H872K-2YT43
Windows 10 Core33QT6-RCNYF-DXB4F-DGP7B-7MHX9

Langkah 4: Setelah memasukkan salah satu kunci lisensi di atas, klik Berikutnya » lalu klik Aktifkan untuk mengaktifkan Windows 10 Anda.

Penutup

Ketika Anda telah mencoba salah satu metode di atas, Anda dapat yakin bahwa Windows Anda akan diaktifkan. Anda dapat memeriksa ulang dengan mengaktifkan fungsi untuk memastikan. Jika Windows Anda belum diaktifkan, beberapa fitur tidak tersedia, salah satunya adalah ketidakmampuan untuk menyesuaikan tampilan Windows. Jika ada pertanyaan atau komentar yang ingin disampaikan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih dan semoga berhasil!

Pertanyaan yang sering muncul mengenai Cara Aktivasi Windows 10

Bisakah lisensi OEM digunakan di perangkat lain?

OEM adalah lisensi yang melekat pada perangkat keras perangkat. Jadi Anda tidak dapat menggunakan lisensi OEM di perangkat lain.

Apa yang terjadi ketika Windows tidak diaktifkan?

Anda tidak dapat menyesuaikan tampilan Windows sesuka hati, dan tanda air “Aktifkan Windows” muncul di sudut kiri bawah desktop.

Apakah program aktivasi aman digunakan?

Program aktivasi tidak dapat dijamin aman untuk digunakan.

Apakah program aktivasi ilegal?

Ya, program aktivasi termasuk dalam program ilegal yang tidak disarankan. Tetapi untuk beberapa alasan, beberapa pengguna terpaksa menggunakan program untuk mengaktifkan.

3,127 thoughts on “Begini Cara Aktivasi Windows 10