Kamu termasuk peserta UTBK kemarin tapi mau tetap jaga-jaga masuk PTN lewat jalur lain? Bisa banget kok! Kamu bisa ikut jalur mandiri PTN 2021 yang biasanya diselenggarakan secara mandiri oleh beberapa perguruan tinggi. Di kesempatan ini, kita akan bahas jalur mandiri dengan kuota peserta yang diterimanya terbanyak. Let’s go!

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Di tahun 2020, UGM membuka jalur mandiri dengan peserta yang diterima sebanyak 30%. Lebih banyak dari tahun kemarin, di tahun 2021 ini, UGM akan menerima peserta melalui jalur mandiri sebanyak 40 %. Ini artinya, kuota jalur mandiri menjadi kuota terbesar jika dibandingkan dengan dua jalur masuk lainnya, yaitu SNMPTN dan SBMPTN.

Baca juga:

Universitas Padjadjaran (Unpad)

Jalur mandiri Unpad atau yang lebih dikenal dengan Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) akan dibuka pada tanggal 23 Juni 2020 melalui laman resmi SMUP di

Kuota atau daya tampung peserta melalui jalur SMUP terbilang banyak, yaitu sekitar 5.500 kursi. Jumlah ini bukan hanya untuk sarjana, namun mencakup Magister dan Doktoral. 

Universitas Diponegoro (UNDIP)

UNDIP termasuk perguruan tinggi yang menyelenggarakan seleksi mandiri. Jika tahun sebelumnya dilakukan dengan ujian tertulis, tahun ini diganti dengan portofolio. UNDIP terbilang banyak menyediakan kuota peserta melalui jalur mandiri, jumlahnya kurang lebih 5000 kursi

Baca juga:

Universitas Brawijaya (UB)

Seleksi mandiri UB dikenal dengan sebutan SELMA UB, yaitu Seleksi Masuk Universitas Brawijaya. UB menyediakan kuota penerimaan sebanyak 30% atau jika diakumulasikan sebanyak kurang lebih 4200 kursi. 

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Seleksi Mandiri (SM) UNY menyediakan kuota penerimaan sebanyak kurang lebih 3600 kursi. Jumlah ini terdiri dari jenjang Sarjana Terapan, Sarjana., Magister, dan Doktoral. SM UNY membagi jenis seleksi menjadi 4 jenis, yaitu SM Prestasi Akademik, SM skor UTBK, SM CBT, serta SM Prestasi Unggul. 

Baca juga:

Universitas Indonesia (UI)

Seleksi mandiri atau lebih populer disebut dengan SIMAK UI menyediakan jalur mandiri untuk program S1 reguler. Daya tampung SIMAK UI ini terbilang sangat banyak, yaitu sebanyak 50%. Jumlah ini lebih besar jika dibandingkan dengan kuota SNMPTN dan SBMPTN.

Nah itu dia 6 perguruan tinggi negeri yang menyediakan seleksi jalur mandiri dengan kuota yang banyak. Kamu tertarik untuk mengikuti seleksi mandiri tersebut? Segera cari tau persyaratan dan kelengkapannya di masing-masing perguruan tinggi tersebut. 

Untuk informasi menarik lainnya, yuk follow sosmed Campuspedia di , , , , , dan  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *